Arti Idealis: Pengertian Secara Umum Hingga Menurut Ahli, Beserta Sejarah dan Ciri-cirinya

Minggu, 08 Mei 2022 20:33 Penulis: Dhia Amira
Arti Idealis: Pengertian Secara Umum Hingga Menurut Ahli, Beserta Sejarah dan Ciri-cirinya
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Mungkin kata idealis bukan sebuah kata yang asing bagi kita. Namun, tidak semua orang mengetahui apa arti idealis itu. Ya, arti idealis yaitu suatu pemikiran atau keyakinan atas suatu hal yang dianggap benar berdasarkan pengalaman empiris yang unik, pikiran, serta cita-cita tinggi untuk mencapai hasil yang maksimal.

Mungkin, ada yang belum memahami lebih pasti arti dari idealis tersebut. Namun, selain KLovers mengetahui arti idealis, KLovers juga akan mengetahui sejarah dari pemikiran idealis beserta ciri-ciri orang yang memiliki pemikiran idealis tersebut. KLovers juga bisa mengetahui pengertian dari arti idealis secara umum maupun menurut para ahli.

Nah, untuk itu dilansir dari berbagai sumber, berikut ini penjelasan tentang arti idealis secara umum maupun menurut para ahli. Beserta dengan sejarah dan juga ciri-cirinya. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Sejarah Idealisme

Sejarah penggunaan kata Idealisme sudah dimulai pada Abad 17 sampai awal awal 20. Dengan tokoh yang memperkenalkannya adalah Plato yang pada saat itu ia memberi perlawanan dengan hasil kajian materialisme Epikuros yang menyebutkan bahwa mental menjadi landasan dalam kehidupan dianggap lebih realistis.

Sehingga secara singkat tindakan ini mencerminkan pada sikap positif yang berupaya untuk menghindari segala kecurangan serta kekeliruan yang terjadi. Filsafat idealisme secara umum disebut sebagai filsafat abad 19. namun sebenarnya konsep-konsep idealisme sudah ada sejak abad 4 masehi, yaitu dalam ajaran Plato.

Plato memercayai bahwa, segala sesuatu yang dapat diinderai adalah penampakan semata. Realitas yang sesungguhnya adalah ide-ide, atau bentuk-bentuk asal dari penampakan itu sendiri dan ide-ide itu merupakan dunia universal abadi yang tidak berubah. Apa yang nampak hanyalah refleksi atau bayangan dari konsep-konsep yang ada dalam dunia universal abadi, maka selalu berubah.

Pandangan ini dimulai dari perenungan akan nilai-nilai dari penampakan yang ada di dunia ini. Plato menyimpulkan bahwa, ada nilai di balik penampakan itu, maka tentu yang memberi nilai jauh lebih penting dari pada penampakan itu sendiri. Dan ternyata yang memberi nilai atas penampakan itu adalah sesuatu yang metafisik, yang tidak nampak, tetapi terus eksis, yaitu ide-ide.

 

2. Pengertian Idealis Secara Umum

Idealis adalah orang yang bertindak berdasarkan pengalaman empiris yang unik, pikiran, dan cita-cita tinggi untuk mencapai hasil maksimal. Ia juga bersikap seperti itu, karena memiliki keyakinan yang kokoh atas persoalan yang sedang ditangani.

Seorang idealis juga memiliki suatu pengaruh positif, karena ia dapat memperlihatkan antusiasme dan keyakinan penuh melalui keterlibatan secara emosional atas visi yang sedang dituju dan sering kali mendorong orang lain untuk mencapai visi itu bersama.

Sedangkan, menurut KBBI arti idealis sendiri ada 3 jenis yaitu, pertama aliran ilmu filsafat yang menganggap pikiran atau cita-cita sebagai satu-satunya hal yang benar yang dapat dicamkan dan dipahami. Kedua, hidup atau berusaha hidup menurut cita-cita, menurut patokan yang dianggap sempurna.

Dan arti idealis menurut KBBI yang ketiga yaitu, aliran yang mementingkan khayal atau fantasi untuk menunjukkan keindahan dan kesempurnaan meskipun tidak sesuai dengan kenyataan. Itulah arti idealis menurut KBBI.

 

3. Pengertian Idealis Menurut Ahli

Setelah mengetahui arti idealis secara umum dan bagaimana sejarah dari pemikiran idealis itu. Ada pula arti idealis menurut para ahli yang bisa menjadi acuan. Berikut ini beberapa pengertian dari arti idealis menurut para ahli tersebut:

1. Henry Ford

Menurut Henry Ford arti idealis adalah sebuah pengaruh positif lain dari seorang idealis adalah orang yang membantu orang lain untuk menjadi makmur.

2. Forsyth (1992)

Menurut Forsyth, arti idealisme adalah pandangan ditunjukkan kepada seseorang yang dianggap memiliki pendirian teguh pada nilai kebenaran yang diyakininya, sehingga atas nilai kebenaran tersebut segala tindakan-tindakannya akan tercermin pada perilaku positif dan terhindar dari perilaku berkonsekuensi negatif.

3. Fichte

Dan menurut Fichte, arti idealisme adalah sikap yang ada dalam diri seseorang atas dasar keyakinan kebenaran, jujur, dan teguh pada segala bentuk prinsip-prinsip yang telah menjadi perjanjian umum dalam melakukan tindakan sosialnya di kehidupan masyarakat.

 

4. Ciri-Ciri Idealis

Tidak hanya itu saja, ada pula ciri-ciri dari idealis yang mungkin bisa menjadi sebuah gambaran bagi KLovers, seperti apa orang-orang idealis itu. Dan berikut ini ciri-ciri idealis tersebut:

1. Bangga dengan diri sendiri. Ini merupakan salah satu ciri dari seorang idealis. Apabila seorang merasa bangga yang berlebihan pada diri sendiri, maka sebaiknya segera diubah. Terlalu bangga pada diri sendiri dapat menjadikan seseorang menjadi sombong. Oleh sebab itu, usahakan jangan terlalu bangga dengan diri sendiri.

2. Penuh Inspirasi

Ciri-ciri seorang idealis salah satunya penuh inspirasi. Seorang idealis biasanya akan berusaha untuk mencapai tujuannya. Selain itu, seorang idealis biasanya juga dapat menjadi inspirasi bagi orang di sekitarnya.

3. Memiliki Hati yang Tulus

Seorang idealis biasanya mempunyai hati yang tulus. Ketulusan hatinya tersebut biasanya muncul karena adanya pandangan yang mengarah kepada keadilan.

4. Teguh pada Pendirian

Seorang idealis biasanya akan selalu teguh pada pendiriannya. Sesuatu yang diyakini dalam pemikirannya akan terus dipertahankan. Oleh karena itu, peluang akan keberhasilan lebih besar.

Itulah arti idealis yang bisa KLovers ketahui dan pahami. Bukan hanya mengetahui arti idealis secara umum saja, namun juga sejarah dari pemikiran idealis serta ciri-cirinya.

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI