Arti Surah Al Fatihah yang Wajib Diketahui Umat Islam, Pahami Juga Keutamaan dan Keistimewaannya


Berita | Rabu, 13 April 2022 18:33

Kapanlagi.com - Arti surah Al Fatihah harus diketahui dan dipahami setiap umat muslim. Pasalnya, Al Fatihah menjadi salah satu surat yang paling penting. Bagaimana tidak, membaca surah Al Fatihah menjadi salah satu rukun dalam mengerjakan ibadah sholat. Maka dari itu, setiap muslim harus paham arti dan makna Al Fatihah agar bisa menghayati ketika membacanya saat sholat.


Sebagai surah yang selalu dibaca ketika sholat, Al Fatihah juga mempunyai keistimewaan dan keutamaan tersendiri. Surah Al Fatihah diyakini akan menuntun umat muslim ke jalan yang diridhoi Allah. Selain arti surah Al Fatihah tersebut, setiap muslim juga wajib memahami keistimewaan dan keutamaannya. Sebab, sama seperti surah lain di Alquran, Al Fatihah juga mempunyai keistimewaan dan keutamaan tersendiri.

BACA JUGA : Ketahui Surat Al-Fatihah Dengan Prinsip Dan Keutamaannya

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan tentang arti surah Al Fatihah yang wajib diketahui dan dipahami oleh setiap muslim.

 
1 dari 4 halaman

1. Bacaan dan Arti Surah Al Fatihah

Ilustrasi (credit: unsplash)

Secara harfiah, arti surah Al Fatihah adalah pembuka. Hal ini sesuai dengan posisi surah Al Fatihah yang menjadi surat pertama sekaligus pembuka dalam Alquran. Surah Al Fatihah diturunkan di kota Mekah, sehingga tergolong surah Makkiah.

Surah mempunyai 7 ayat. Berikut bunyi bacaan dan arti setiap ayat surah Al Fatihah.

1. Bismillaahir Rahmaanir Rahiim

(Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang)

2. Alhamdu lillaahi Rabbil 'aalamiin

(Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam,)

3. Ar-Rahmaanir-Rahiim

(Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang,)

4. Maaliki Yawmid-Diin

(Pemilik hari pembalasan.)

5. Iyyaaka na'budu wa lyyaaka nasta'iin

(Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.)

6. Ihdinas-Siraatal-Mustaqiim

(Tunjukilah kami jalan yang lurus)

7. Siraatal-laziina an'amta 'alaihim ghayril-maghduubi 'alaihim wa lad-daaalliin

((yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.)

 

 

2 dari 5 halaman

2. Kandungan Ayat Surah Al Fatihah

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Al Fatihah menjadi salah satu surat penting bagi umat muslim. Sehingga, wajib hukumnya bagi setiap muslim untuk memahami makna yang terkandung dalam arti surah Al Fatihah.

Namun, untuk memahami makna tersebut ternyata tak bisa dengan sebatas membaca arti dari setiap ayat surah Al Fatihah. Sebaliknya, kita perlu memahami makna atau kandungan dari arti surah Al Fatihah tersebut secara utuh. 

Dilansir dari situs NU Online, Syekh M Nawai Banten menyebut ada beberapa kandungan makna dari surah Al Fatihah. Menurutnya, dalam surah Al fatihah terdapat beberapa unsur ilmu yang disampaikan. Unsur-unsur ilmu tersebut antara lain ushul (Ketuhanan, Kenabian, Kebangkitan), Ilmu Furu terdiri dari (ibadah), ilmu akhlaq, dan ilmu sejarah (tentang kisah umat terdahulu baik itu Nabi ataupun orang yang diberi sebuah anugerah).

Selain itu, dalam kandungan surat Al Fatihah juga terdapat prinsip mendasar dalam ajaran agama Islam, meliputi aqidah, ibadah, syariah. Serta, ada pula unsur keimanan atas sifat-sifat terpuji bagi Allah, yaitu terhadap hari akhir, keesaan Allah, dan petunjuk bagi umat muslim agar mendapatkan bimbingan di jalan yang benar.

 

 

3 dari 5 halaman

3. Keutamaan Surah Al Fatihah

Ilustrasi (credit: unsplash)

Surah Al fatihah menjadi salah satu surat yang paling sering dibaca oleh umat muslim. Sebab seperti yang telah dijelaskan di awal, membaca surah Al fatihah menjadi bagian dari rukun sholat. Amalan membaca surah Al fatihah mungkin sudah sering diamalkan. Tetapi faktanya masih banyak umat muslim yang tidak paham keutamaan dari amalan tersebut.

Padahal, ada banyak keistimewaan yang akan didapat oleh mereka yang membaca surah Al fatihah. Dengan mengetahui keistimewaan tersebut, sebagai umat muslim, kita akan lebih semangat dalam membaca dan mengamalkan apa yang terkandung dalam arti surah Al fatihah. Berikut beberapa keutamaan dari surah Al fatihah.

- Menjadi bacaan wajib dan syarat sah sholat.

- Mendapat pahala setara membaca satu pertiga bagian Alquran.

- Terhindar dari godaan setan.

- Terhindar dari api neraka.

- Diampuni atas segala dosa yang telah lalu.

- Membuka pintu rezeki semakin besar.

- Dimudahkan dalam urusan jodoh. 

 

 

 

 

4 dari 5 halaman

4. Nama Lain Surah Al Fatihah

Ilustrasi (credit: unsplash)

Di samping dari penjelasan dan daftar manfaat di atas, keistimewaan surah Al fatihah juga bisa dilihat dari beberapa nama lain atau julukannya. Nama lain atau julukan tersebut juga mengukuhkan kandungan arti surah Al fatihah yang mempunyai banyak keistimewaan. Berikut beberapa nama lain dari surah Al fatihah, dilansir dari dream.co.id.

1. As-Sab'ul Matsani

Julukan surah Al fatihah tersebut disebutkan surah Al Baqarah ayat 87, yang bunyi artinya:

"Sungguh, Kami telah memberikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang dan Alquran yang agung."

2. Ar-Ruqyah atau Ruqyatul-haqq

Surah Al fatihah selalu dibaca ketika dilakukan ruqyah. Sehingga, surah tersebut mendapatkan julukan Ar-Ruqyah atau Ruqyatul-haqq.

3. Asy-Syifa

Salah satu keutamaan surah Al fatihah adalah bisa menyembuhkan penyakit. Sehingga, disebut Asy-Syifa (obat).

4. Ummul Kitab

Al fatihah ternyata tak saja jadi pembuka Alquran. Surah ini juga disebut sebagai Ummul Kitab yaitu induk dari Alquran. Hal ini dijelaskan dalam hadis:

Rasulullah SAW. Bahwa Siti 'Aisyah berkata, "Aku telah mendengar Rasulullah saw. bersabda, 'Setiap sholat yang di dalamnya tidak dibacakan Ummul-kitab (surah Al Fatihah), maka sholat tersebut terbilang kurang'." (HR. Imam Ahmad dan Imam Ibnu Majah)

5. Surah al-Hamdu

Nama lain ini lantaran pada penggalan awal ayat surah Al fatihah yang berbunyi alhamdulillahi rabbil-'aalamiin.

6. Al Qur'anul 'azhim

Penyebutan Al Fatihah sebagai Al Qur'anul 'azhim dijelaskan dalam hadis:

"Sesungguhnya dia adalah tujuh (ayat) yang diulang-ulang dan Alquran nan agung, yang diberikan padaku." (HR. Imam Tirmidzi).

7. Al Wafiah

Al Wafiah artinya mencakup. Maksud dari nama lain ini adalah bahwa kandungan surah Al Fatihah mencakup seluruh isi Alquran.

Itulah di antaranya ulasan tentang arti surah Al Fatihah. Semoga bermanfaat dan bisa menambah keimanan kita sebagai seorang muslim. Amiin.

 

 

(kpl/gen/psp)

Topik Terkait