Bacaan Doa Sebelum Belajar dan Artinya, Punya Banyak Keutamaan - Lebih Mudah Paham Pelajaran


Berita | Senin, 25 Maret 2024 14:33

Kapanlagi.com - Dalam Islam, setiap aktivitas yang dilakukan dijalankan atas seizin Allah SWT. Karenanya, sebelum memulai beraktivitas dianjurkan untuk memulai dengan membaca doa. Termasuk dalam aktivitas belajar, ada doa khusus yang diajarkan dalam agama Islam. Sebelum memulai proses belajar, umat Islam diminta untuk membaca doa, mengakui ketergantungan pada Allah SWT dalam mencari ilmu dan memohon petunjuk-Nya dalam menuntut pengetahuan.


Doa belajar tidak hanya sebagai bentuk permohonan kepada Allah SWT untuk memudahkan dalam memahami dan menyerap ilmu, tetapi juga sebagai wujud pengakuan bahwa ilmu yang diperoleh merupakan karunia dari-Nya. Dengan membaca doa, umat Islam diingatkan untuk senantiasa menjaga niat dan tujuan yang tulus dalam menuntut ilmu, yaitu untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dan manfaat bagi diri sendiri serta masyarakat.

Berikut beberapa bacaan doa belajar menurut Islam dan artinya, beserta keutamaannya:

1 dari 6 halaman

1. Bacaan Doa Sebelum Mulai Belajar Agar Mudah Paham

n Doa Sebelum Mulai Belajar Agar Mudah Paham (credit: unsplash)

"Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin."

Artinya:

"Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya. Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang sholeh."

2 dari 7 halaman

2. Bacaan Doa Sebelum Belajar Agar Dapat Ilmu Bermanfaat

"Rodlitu billahi robba, wabi islaamidina, wabimuhammadin nabiyya warasulla Robbi zidni ilman nafi'a warzuqni fahma."

Artinya:

"Aku ridha Allah SWT sebagai Tuhanku, dan Islam sebagai agamaku, dan Muhammad saw sebagai Nabi dan Rasulku. Ya Allah tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pemahaman yang baik."

3 dari 7 halaman

3. Doa Belajar Agar Jeli dan Teliti

Doa Belajar Agar Jeli dan Teliti (credit: unsplash)

"Allahumma j'alil 'ilma nuuran fi qalbii, wa nuuran fi lisaanii, wa nuuran fi sam'ii, wa nuuran fi basharii, wa nuuran min jami'i jawaarihii, warzuqnii 'ilman yanfa'uunii."

Artinya:

"Ya Allah, jadikanlah ilmu sebagai cahaya dalam hatiku, cahaya dalam lisanku, cahaya dalam pendengaranku, cahaya dalam penglihatanku, cahaya dari seluruh anggota tubuhku, dan berikanlah aku ilmu yang bermanfaat bagiku."

4 dari 7 halaman

4. Bacaan Doa Agar Berhasil dalam Belajar

"Allahumma yaa mufallihal alqaabi, wa yaa mufiiqal usbaabi, ij'alil mawfuuka fi hadzihis sa'ah min 'indika wahdaka."

Artinya:

"Ya Allah, wahai Penentu segala keberhasilan, wahai Pemberi kesempatan dan jalan, jadikanlah aku termasuk orang yang mendapatkan keberuntungan di saat ini dari-Mu yang Maha Esa."

5 dari 7 halaman

5. Doa Belajar dan Mengajari Orang Lain

Doa Belajar dan Mengajari Orang Lain (credit: unsplash)

"Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul 'uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii."

Artinya:

"Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku."

6 dari 7 halaman

6. Keutamaan Membaca Doa Belajar

Keutamaan membaca doa sebelum belajar menurut Islam sangatlah penting. Berikut adalah beberapa keutamaannya:

1. Mendapatkan Keberkahan

Dalam Islam, membaca doa sebelum belajar dianggap sebagai bentuk taqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah SWT. Dengan membaca doa ini, kita memohon berkah dari-Nya dalam proses belajar kita.

2. Meningkatkan Pemahaman

Salah satu bacaan doa sebelum belajar di dalam Islam berisi permohonan untuk diberikan pemahaman yang baik. Dengan membaca doa ini, kita memohon kepada Allah SWT agar diberikan pemahaman yang lebih baik dalam mempelajari ilmu pengetahuan.

3. Mendorong Kesungguhan

Membaca doa sebelum belajar juga dapat memberikan motivasi dan kesungguhan dalam belajar. Kita memohon kepada Allah SWT agar memberikan tambahan ilmu dan membuat kita termasuk dalam golongan orang-orang yang saleh. Hal ini dapat mendorong kita untuk lebih fokus dan tekun dalam belajar.

4. Menjaga Niat yang Tulus

Doa sebelum belajar membantu kita menjaga niat yang tulus dalam menuntut ilmu. Membaca doa ini mengingatkan kita bahwa tujuan utama kita belajar adalah untuk meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dan memberikan manfaat bagi diri sendiri serta masyarakat.

5. Menghadirkan Allah dalam Proses Belajar

Dengan membaca doa sebelum belajar, kita mengakui adanya kehadiran Allah SWT dalam setiap aspek hidup kita, termasuk dalam proses belajar. Membaca doa ini menjadikan pembelajaran kita menjadi ibadah yang dilakukan dengan kesadaran terhadap keberadaan-Nya.

Itulah di antaranya beberapa doa belajar dan keutamaannya dalam agama Islam. Semoga bermanfaat, bisa menambah wawasan, serta meningkatkan keimanan sebagai seorang muslim. Amiin.

(kpl/psp)