10 Cara Melacak HP Samsung yang Hilang, Bisa Lewat Google Maps - Fitur Resmi


Berita | Selasa, 22 Agustus 2023 19:22
Editor : Dhia Amira

Kapanlagi.com - Kemajuan teknologi dapat memberikan kita kemudahan dalam berbagai hal, salah satunya melacak HP yang hilang. Bagi kalian pengguna HP Samsung, ada kok cara melacak HP Samsung yang hilang dengan mudah dan praktis.


Ya, saat ini HP yang hilang tidak membuat pemiliknya kesulitan untuk mencari, karena sudah banyak sekali fitur yang bisa kita gunakan untuk mencari HP yang hilang. Cara melacak HP Samsung yang hilang ini pun tidak sulit kok KLovers. Kalian hanya perlu menggunakan aplikasi resmi hingga aplikasi Google seperti, Google Maps hingga GPS.

Nah, penasaran bagaimana cara melacak HP Samsung yang hilang? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini cara melacak HP Samsung yang hilang mudah dan praktis. Yuk langsung saja kalian cek KLovers.

1 dari 10 halaman

1. Menggunakan Aplikasi Find My Mobil Samsung

Cara melacak HP Samsung hilang dengan aplikasi bawaan (credit: Pixabay)

Cara melacak HP Samsung yang hilang pertama yaitu bisa menggunakan aplikasi Find My Mobil Samsung. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi resmi yang dimiliki oleh Samsung. Dengan menggunakan fitur ini, kalian bisa mengetahui perkiraan posisi HP, bisa melakukan dering, kuncian otomatis, dan hapus data.

Namun perlu diingat, kalian bisa menggunakan aplikasi ini bila HP masih dalam posisi terkoneksikan dengan internet. Dan berikut ini cara melacak HP Samsung yang hilang dengan menggunakan Find My Mobil Samsung:

1. Masuk le Website resmi Samsung.

2. Langsung Login menggunakan akun Samsung yang ada di HP hilang.

3. Maka otomatis Website tersebut akan langsung melacak di mana posisi HP kalian berada.

4. Jika pencarian sudah ditemukan maka otomatis akan memberitahu di mana posisi HP kalian.

5. Tampilan yang disajikan nantinya berupa maps yang menunjukan di mana ponsel tersebut berada.

 

 

 

2 dari 11 halaman

2. Menggunakan IMEI

Cara melacak HP Samsung hilang dengan IMEI (credit: Pixabay)

Kemudian cara melacak HP Samsung yang hilang yang kedua yaitu dengan menggunakan IMEI. Ya, sama seperti sebelumnya, IMEI ini juga perlu dimiliki oleh kalian pengguna Samsung. Namun untuk menggunakan cara ini kalian harus mengetahui nomor IMEI HP Samsung kalian ya KLovers.

Nomor IMEI HP sendiri bisa di ketahui dengan beberapa cara, salah satunya dengan menekan dial *#06# pada ponsel samsung kalian. Cara ini terbilang cukup efektif, selain itu bisa juga menggunakan akun google yang terkoneksi hp perangkat yang hilang. Dan berikut cara melacak HP Samsung yang hilang dengan IMEI:

1. Cara pertama, kalian bisa unduh Aplikasi Google Find Me di Playstore secara gratis.

2. Jika sudah, langsung login menggunakan akun yang hilang.

3. Tunggu beberapa saat sampai aplikasi menemukan lokasi HP.

4. Aplikasi ini akan mencari posisi HP saat itu.

5. Syarat menggunakan aplikasi ini jelas HP yang hilang harus masih terkoneksi internet.

 

 

3 dari 11 halaman

3. Menggunakan Aplikasi Android Device Manager

Cara melacak HP Samsung hilang dengan aplikasi Android Device Manager (credit: Pixabay)

Nah, kalian juga bisa menggunakan aplikasi Android Device Manager sebagai salah satu cara melacak HP Samsung yang hilang. Cara ini bisa kalian gunakan dengan mudah dan juga praktis. Berikut beberapa cara melacak HP Samsung yang hilang tersebut:

1. Langkah pertama dengan mendatangi Situs Android Device Manager.

2. Jika sudah nantinya pada PC akan muncul perintah Login.

3. Kalian bisa login menggunakan email yang tertaut pada perangkat yang hilang.

4. Tunggu sampai web menemukan lokasi HP hilang, jika HP dalam posisi terkoneksi dengan internet maka dengan otomatis akan cepat mengetahui posisi HP berada.

 

 

 

4 dari 11 halaman

4. Menggunakan Nomor WhatsApp

Cara melacak HP Samsung hilang dengan Whatsapp (credit: Pixabay)

Kalian memiliki WhatsApp? Maka kalian bisa menggunakan nomor WhatsApp sebagai salah satu cara melacak HP Samsung yang hilang. Cara ini bisa kalian lakukan dengan mudah dan praktis kok KLovers. Dan berikut ini cara melacak HP Samsung yang hilang menggunakan nomor WhatsApp:

1. Pastikan kalian sudah mengaktifkan GPS di HP.

2. Buka WA dan cari kontak HP yang hilang.

3. Buka obrolan dengan kontak tersebut atau grup yang sama di WhatsApp.

4. Pilih ikon berbentuk penjepit kertas yang terletak di bagian bawah kolom pesan, lalu klik ikon 'Lokasi'.

5. Setelah itu, kalian akan melihat tampilan peta di layar, lalu kalian bisa membagikan lokasi terkini, klik 'Berbagi Lokasi Terkini' atau 'Share Live Location'.

6. Tentukan durasi kalian akan menggunakan layanan ini, terdapat pilihan 15 menit, 1 jam, atau 8 jam.

7. Selanjutnya, klik tombol 'Sent' untuk membagikan lokasi terkini.

8. Kalian bisa menghentikan live location sebelum durasi berakhir dengan mengklik 'Berhenti berbagi'.

9. Selanjutnya, kalian bisa melancarkan aksi untuk melacak HP yang hilang. Ketika HP berpindah maka lokasi di map pun akan terus berpindah mengikutinya selama durasi masih ada.

 

 

5 dari 11 halaman

5. Menggunakan Google Maps

Cara melacak HP Samsung hilang dengan Gmaps (credit: Pixabay)

Bukan hanya nomor WhatsApp saja, kalian juga bisa loh menggunakan Google Maps. Cara melacak HP Samsung yang hilang menggunakan Google Maps ini bisa kalian lakukan dengan mudah sama seperti WhatsApp. Dan berikut ini cara melacak HP Samsung yang hilang dengan menggunakan Google Maps:

1. Buka aplikasi Google Maps.

2. Pilih menu Option dan masuk ke layanan Friend List.

3. Lanjut, klik Add Friend lalu undang nomor hp yang ingin dicari.

4. Pastikan nomor hp tujuan telah menerima undangan.

5. Klik nomor hp target.

6. Google Maps akan melacak no hp lewat satelit secara otomatis.

 

 

6 dari 11 halaman

6. Cara Melacak HP Samsung yang Hilang dengan Email

Cara melacak HP Samsung hilang dengan email (credit: pexels.com)

Cara melacak HP Samsung yang hilang dapat juga dilakukan dengan menggunakan email. Adapun panduan untuk melacak HP Samsung yang hilang pakai email rupanya cukup praktis. Simak berikut ini langkah untuk cara melacak HP Samsung yang hilang.

- Buka akun Gmail kalian melalui perangkat lain untuk menemukan HP yang hilang.

- Pastikan menggunakan akun Gmail yang tersambung dengan HP Samsung kalian.

- Kemudian klik Temukan Ponsel Anda.

- Maka pilih Device yang ingin kalian cari dari akun Gmail.

- Berikutnya klik HP Samsung yang hilang ingin kalian cari dengan Gmail.

- Setelah itu, klik Google Maps.

- Kemudian, pilih Tutup, lalu klik Device HP kalian yang hilang dari Gmail.

- Lakukan Refresh untuk menemukan HP Samsung yang hilang.

- Jika berhasil, maka kalian bisa menemukan informasi terkini HP Samsung yang hilang.

- Selesai.

Saat kalian menggunakan cara melacak HP Samsung yang hilang dengan email maka akan terhubung pada fitur Google yakni Find My Device. Dari layanan ini ada beberapa keuntungan dapat digunakan untuk menemukan HP Samsung yang hilang.

 

7 dari 11 halaman

7. Cara Melacak HP Samsung yang Hilang dengan iSharing: Find Friends & Family

Cara melacak HP Samsung yang hilang berikutnya adalah dengan aplikasi iSharing: Find Friends & Family. Aplikasi ini bisa kalian pasang di HP dengan mengunduh melalui Playstore. adapun pengembang aplikasi iSharing: Find Friends & Family adala iSharingSoft, inc.

Dilihat melalui Playstore, aplikasi iSharing: Find Friends & Family telah diunduh sebanyak 10 juta download. Selain itu, terdapat beberapa fitur di aplikasi iSharing: Find Friends & Family tak hanya bisa menemukan HP yang hilang. Karena iSharing: Find Friends & Family bisa melacak seseorang baik itu anggota keluarga, teman, ataupun pacar.

 

8 dari 11 halaman

8. Cara Melacak HP Samsung yang Hilang dengan Aplikasi Life360

Cara melacak HP Samsung hilang dengan aplikasi Life360 (credit: pexels.com)

Aplikasi melacak HP hilang selanjutnya yang bisa dipertimbangkan adalah Life360. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat menikmati sejumlah fitur seperti menemukan anggota keluarga dan teman. Selain itu, kalian bisa mengunduh aplikasi Life360 melalui Google Playstore.

Dilihat dari unduhannya, Life360 telah didownload sebanyak 100 juta download. Adapun rating yang diperoleh yakni 4.6 dari 1 juta ulasan. Jika kalian telah terhubung dengan anggota keluarga atau teman, maka dengan mudah dapat menemukan HP yang hilang dari anggota keluarga dan teman.

 

9 dari 11 halaman

9. Cara Melacak HP Samsung yang Hilang dengan Aplikasi Family Locator

Aplikasi Family Locator juga dapat kalian gunakan untuk melacak HP Samsung yang hilang. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa mengetahui keberadaan HP hilang dari anggota keluarga yang telah terkoneksi dengan aplikasi tersebut di HP kalian.

Selain itu, aplikasi Family Locator rupanya sudah banyak diunduh di Google Playstore yakni sebanyak 10 juta download. Untuk ratingnya, aplikasi ini berhasil mendapat ulasan 405 ribu dengan rating 4.5. Setelah memasang aplikasi ini, pengguna dapat melacak keberadaan HP kalian yang hilang.

 

10 dari 11 halaman

10. Cara Melacak HP Samsung yang Hilang dengan Zenly-Your World

Cara melacak HP Samsung hilang dengan aplikasi (credit: pexels.com)

Aplikasi Zenly Your World juga dapat kalian gunakan untuk melacak HP Samsung yang hilang. Kalian dapat memasang aplikasi ini melalui Google Playstore. Adapun pengembang aplikasi Zenly - Your World yakni Zenly. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 100 juta download dengan rating 4.1 dari 574 ribu ulasan.

Ada sejumlah fitur di aplikasi ini yang bisa digunakan untuk melacak keberadaan HP Samsung yang hilang. Sehingga tidak ada salahnya mempertimbangkan penggunaan aplikasi ini untuk mencari HP yang hilang.

Itulah beberapa cara melacak HP Samsung yang hilang yang mudah dan praktis dengan berbagai fitur. Bukan hanya cara melacak HP Samsung yang hilang dengan aplikasi resmi Samsung, namun juga cara melacak HP Samsung yang hilang dengan menggunakan aplikasi Google. Selamat mencoba KLovers.

 

(kpl/gen/dhm)