Cara Cek HP Samsung Normal dengan Tepat, Baik untuk Layar - Getaran

Rabu, 05 Januari 2022 10:11 Penulis: Dhia Amira
Cara Cek HP Samsung Normal dengan Tepat, Baik untuk Layar - Getaran
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Samsung menjadi salah satu merek HP android yang populer. Bila kita memiliki HP baru, maka penting untuk mengetahui apakah HP dalam keadaan normal atau tidak. Bila dalam keadaan normal, tentu akan baik-baik saja. Cara cek HP Samsung normal mudah kok untuk kita lakukan KLovers. Kalian bisa cek HP Samsung dengan menggunakan kode hingga melakukan secara manual.

Beberapa orang memang melakukan tes hardware dengan menghubungkan ke komputer atau instalasi aplikasi tertentu. Pada smartphone Samsung, kalian hanya perlu memasukkan kode tertentu dan melakukan panggilan. Tes hardware ini cukup penting dilakukan jika kalian hendak membeli HP second atau baru. Sehingga kalian akan mengetahui fungsi hardware pada HP apakah masih berjalan baik atau tidak.

Untuk KLovers yang ingin mengetahui cara cek HP Samsung normal dengan tepat. Maka berikut ini cara cek HP Samsung normal yang bisa kalian lakukan. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Cara Cek Layar Samsung Manual

Cara cek HP Samsung yang pertama yaitu, cara cek HP Samsung normal secara manual untuk layar. Cara ini bisa kalian lakukan dengan mudah dan praktis kok KLovers. Berikut ini cara cek HP Samsung normal secara manual untuk layar yang bisa kalian lakukan:

1. Pertama, coba sentuh semua bagian layarnya. Lihat apakah layarnya merespon saat kalian ketuk, geser, dan tahan.

2. Pastikan juga tidak ada ghost touch di mana layar bergerak sendiri dan touchscreen tidak lepas sendiri saat ditekan.

3. Cara ini sangat efektif saat kalian ingin membeli HP Samsung second atau bekas, namun tidak punya banyak waktu untuk mengecek keseluruhan kondisi HP secara detail.

2. Cara Cek Layar Samsung dengan Kode

Tidak hanya menggunakannya secara manual saja, kalian juga bisa kok cara cek HP Samsung normal untuk layar dengan menggunakan kode. Ya, beberapa kode bisa kalian gunakan untuk mengecek HP Samsung kalian secara normal atau tidak. Berikut ini cara cek HP Samsung normal dengan menggunakan kode:

1. Pertama kalian bisa buka Phone atau Dial Pad, lalu masukkan kode *#0*#

2. Bila sudah, maka akan muncul menu pengecekan Samsung

3. Lalu ketuk tombol Red, layar ponsel akan berubah menjadi merah dan ketuk layar lagi.

4. Ketuk tombol Green, layar ponsel akan berubah menjadi hijau
dan ketuk layar lagi.

5. Lalu ketuk tombol Blue, layar ponsel akan berubah menjadi biru.

6. Jika layarnya normal, maka warna yang keluar akan sama dengan tombol yang ditekan.

7. Jika ada warna lain yang muncul, kemungkinan LCD mengalami masalah seperti misalnya shadow atau burn-in.

3. Cara Cek HP Samsung Normal untuk Telepon

Tidak hanya mengetahui cara cek HP Samsung normal secara general saja, kalian juga bisa melakukan cek HP Samsung untuk mengetahui apakah telepon berfungsi dengan baik dan normal. Berikut ini beberapa cara cek HP Samsung normal untuk telepon tersebut:

1. Setelah kalian melakukan pengecekan layar dengan menggunakan kode, maka kalian akan dilanjutkan dengan Receiver.

2. Kalian akan melihat tombol dengan tulisan 'Receiver' yang berfungsi untuk memeriksa apakah telepon masih berfungsi untuk menerima panggilan dengan baik.

3. Ketika kalian klik 'Receiver', maka layar akan berubah menjadi putih seluruhnya disertai dengan nada panggilan yang sangat jelas.

4. Kalian bisa kembali ke menu utama dengan cara klik tombol 'Back' dua kali.

4. Cara Cek HP Samsung Normal untuk Getaran

Tidak hanya untuk telepon saja, kalian juga bisa melakukan cek untuk getaran pada telepon. Cara ini mudah banget untuk dilakukan loh KLovers. Dan berikut ini cara cek HP Samsung normal untuk getaran pada HP Samsung:

1. Setelah kalian melakukan Receiver, maka kalian akan dilanjutkan dengan pengecekan getaran.

2. Vibration berfungsi untuk memeriksa getaran ponsel apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Kalian harus klik tombol tersebut.

3. Setelah klik tombol Vibration, layar akan berubah menjadi hitam dan HP bergetar secara konstan.

4. Bila berhasil dan merasakan ada getaran, maka HP kalian dalam keadaan normal ya KLovers.

5. Cara Cek HP Samsung Normal untuk Sentuhan

Kemudian cara cek HP Samsung normal selanjutnya yaitu untuk sebuah sentuhan. Ya, bila kalian ingin melakukan cek HP Samsung pada bagian touch atau sentuhan, maka kalian bisa melakukan cara ini loh KLovers. Berikut ini cara cek HP Samsung normal untuk bagian touch atau sentuhan tersebut:

1. Touch adalah komponen penting yang diperlukan setiap smartphone, karena jika layar sentuh tidak berfungsi dengan baik. Kalian akan menemukan tombol Touch dalam pengecekan ini.

2. Setelah klik tombol 'Touch', layar akan menunjukkan kotak dengan tanda X.

3. Kalian hanya perlu menelusurinya dengan mengusap jari kalian dan nantinya akan berubah menjadi hijau jika layar sentuh berfungsi dengan baik.

4. Bila berjalan dengan baik, maka HP Samsung kalian masih baik dan dalam keadaan normal.

Itulah beberapa cara cek HP Samsung normal yang bisa kalian lakukan dengan baik dan tepat. Bukan hanya cara cek HP Samsung normal dengan manual saja, namun juga ada pula cara cek HP Samsung normal dengan menggunakan kode. Selamat mencoba KLovers.

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI