5 Cara Mengaktifkan Kartu Axis yang Sudah Mati, Bisa Dilakukan Secara Online Tanpa Ribet


Berita | Selasa, 26 September 2023 19:33
Editor : Puput Saputro

Kapanlagi.com - Cukup banyak orang yang mengabaikan pentingnya mengecek masa aktif nomor hp. Padahal hal ini penting dilakukan agar nomor hp tidak hangus atau mati. Sebab jika hal itu terjadi, nomor hp kalian tidak akan bisa digunakan lagi. Tapi khusus pengguna kartu Axis, kalian tak perlu khawatir. Sebab, ada cara mengaktifkan kartu axis yang sudah mati.


Namun tampaknya, sampai saat ini masih banyak pengguna yang tidak tahu cara mengaktifkan kartu axis yang sudah mati. Buktinya, cukup banyak orang yang langsung membeli sim card axis baru alih-alih mengaktifkan kembali sim card yang sudah mati. Mengaktifkan nomor axis yang sudah mati bisa dilakukan dengan cara khusus yang mudah dan praktis.

Untuk tahu cara mengaktifkan kartu axis yang sudah mati, langsung saja simak ulasan berikut ini.

1 dari 8 halaman

1. Cara Mengaktifkan Kartu Axis yang Sudah Mati ke XL Center

Cara aktifkan kartu Axis ke XL Center (credit: unsplash)

Dilansir dari situs resmi axis yaitu axis.co.id, ternyata ada dua cara mengaktifkan kartu axis yang sudah mati. Kedua cara tersebut relatif mudah untuk dilakukan. Pertama, pengguna kartu axis bisa mengurusnya secara langsung mendatangi XL center terdekat. Namun, pengguna kartu axis tentu harus membawa persyaratan dan mengikuti setiap arahan dari petugas.

Untuk lebih jelasnya, berikut cara mengaktifkan kartu axis yang sudah mati dengan mendatangi XL center.

- Sebelum datang ke XL Center, kalian wajib menyiapkan beberapa berkas seperti KTP asli. Selain itu, kalian juga harus membawa kartu SIM AXIS yang telah dinyatakan hangus kemudian akan diaktifkan kembali.

- Sesampainya di XL Center, kalian bisa mengambil nomor antrean customer service (CS).

- Setelah tiba giliran dipanggil CS, kalian bisa sampaikan maksud kedatangan kalian untuk mengaktifkan kembali kartu axis yang sudah mati.

- Petugas CS kemudian akan meminta kalian mengisi formulir pengajuan reaktivasi. Isi setiap data yang dibutuhkan.

- Selanjutnya, petugas akan membantu proses mengaktifkan kembali kartu axis kalian yang telah mati.

- Perlu juga diketahui, proses aktivasi ulang kartu axis yang sudah mati di XL Center ini mungkin akan memakan biaya administrasi sebesar Rp 10.000.

 

 

 

 

2 dari 9 halaman

2. Cara Mengaktifkan Kartu Axis yang Sudah Mati ke XL Center (Diwakilkan)

Jika kalian tidak punya waktu luang lebih untuk mendatangi XL Center, tak perlu khawatir. Pasalnya, proses reaktivasi kartu axis yang sudah mati ini bisa diwakilkan. Cara mengaktifkan kartu axis yang sudah mati dengan diwakilkan ke XL Center tak jauh beda dengan jika datang sendiri. Namun ada berkas tambahan yang harus dipersiapkan.

Orang yang ditunjuk sebagai perwakilan harus membawa surat pernyataan bermaterai 6000 dan KTP asli milik orang yang diwakilkan. Selain itu, dalam prosesnya nanti petugas CS XL Center mungkin juga akan meminta untuk melakukan video call dengan orang yang bersangkutan. Jadi persiapkan semuanya sebelum mengirim seseorang sebagai perwakilan kalian untuk mengurus cara mengaktifkan kartu axis yang sudah mati.

 

 

 

 

3 dari 9 halaman

3. Melakukan Proses Reaktivasi Online

Cara aktifkan kartu Axis online (credit: unsplash)

Sebab kalian juga bisa melakukan proses aktivasi kartu axis yang sudah mati secara online. Caranya tak kalah mudah dan praktis. Berikut adalah langkah-langkah dalam cara mengaktifkan kartu axis yang sudah mati secara online.

- Siapkan beberapa dokumen buat mengaktivasi kartumu, yaitu KTP asli atau kartu mahasiswa/kartu pelajar dan Kartu Keluarga. Siapkan juga kartu SIM Card AXIS yang ingin kamu aktifkan ulang. Serta, siapkan juga hp yang terpasang nomor hp aktif untuk video call dengan petugas CS.

- Buka browser di hp atau laptop kalian, kemudian silakan akses situs https://bit.ly/AktifkanKartuAXISHangus

- Setelah berhasil masuk ke situs tersebut, kalian bisa pilih menu Reaktivasi Kartu.

- Selanjutnya, masukkan nomor axis kalian yang ingin reaktivasi pada kolom yang tersedia.

- Berikan tanda centang pada kotak yang tersedia.

- Berikutnya, kalian tinggal ikuti setiap instruksi yang tertera, termasuk ketika diminta untuk melakukan video call dengan petugas CS.

 

 

 

 

4 dari 9 halaman

4. Cara Mengaktifkan Kartu Axis Baru

Cara aktifkan kartu Axis baru (credit: unsplash)

Di samping cara mengaktifkan kartu axis yang sudah mati, bahkan masih banyak yang belum tahu cara aktivasi atau registrasi untuk kartu baru. Padahal, aktivasi atau registrasi jadi satu hal yang wajib dilakukan. Tanpa proses registrasi, kartu axis tidak bisa digunakan. Berikut beberapa cara mengaktifkan kartu axis yang baru.

1. Cara Mengaktifkan Kartu Axis Baru via Kode USSD

- Saat menyalakan hp pertama kali setelah memasang kartu axis, akan muncul jendela pop up yang meminta kalian untuk melakukan registrasi kartu.

- Tekan opsi "OK" untuk menutup jendela tersebut.

- Isi kolom yang tersedia dengan nomor NIK dan nomor KK. Lalu, tekan OK.

- Setelah dinyatakan berhasil, restart hp kalian untuk menikmati berbagai layanan yang disediakan axis.

2. Cara Mengaktifkan Kartu Axis Baru via SMS

- Buka aplikasi pesan atau SMS di hp kalian.

- Setelah itu, ketik SMS dengan format DAFTAR#NIK#NOMOR KARTU KELUARGA

- Kirim SMS tersebut ke nomor 4444.

- Tunggu SMS balasan berisi instruksi yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan proses registrasi.

- Setelah proses registrasi selesai dan dinyatakan berhasil, kalian bisa melakukan restart pada hp untuk mulai menikmati layanan kartu axis.

 

 

 

5 dari 9 halaman

5. Cara Mengaktifkan Kartu Axis yang Hangus

Cara aktifkan kartu Axis hangus (credit: pexels.com)

Setelah tahu cara mengaktifkan kartu Axis yang mati, ada panduan mengaktifkan kembali kartu yang hangus. Kartu Axis hangus terjadi karena beberapa faktor di antaranya habis masa tenggang. Apabila situasi ini terjadi, maka pengguna kartu Axis tidak dapat melakukan panggilan, mengirim SMS dan mengakses internet.

Namun tenang, cara mudah mengaktifkan kartu Axis yang hangus atau terblokir ternyata tidak sesulit saat kartu milikmu mati. Karena, pelanggan kartu Axis dapat mengaktifkan lagi kartu yang hangus dengan melakukan pengisian ulang pulsa apabila masih berada pada masa tenggang.

Namun jika masa tenggang telah lewat, maka dapat menghubungi customer service dengan mendatangi Axis Center. Sebelum mendatangi gerai Axis Center pastikan mengecek dulu masa aktif kartumu. Perlu diketahui pengaktifan dapat dilakukan dengan mudah jika kartu SIM Axis tidak melewati masa tenggang lebih dari 60 hari.

Selain itu, ada beberapa dokumen yang siapkan yakni SIM kartu Axis dan E-KTP untuk aktivasi ulang. Apabila sudah mendatangi gerai Axis Center, KLovers dapat mengajukan permintaan untuk mengaktifkan kembali kartu yang telah terblokir. Ikuti prosesnya hingga selesai sampai kartu Axis kembali aktif.

 

 

 

6 dari 9 halaman

6. Ciri-Ciri Kartu Axis Sudah Mati

Ciri kartu Axis sudah mati (credit: pexels.com)

Terkadang pengguna dapat mengalami masalah dengan kartu mereka, termasuk kartu Axis. Dalam kasus di mana kartu Axis menjadi tidak berfungsi atau mati, ada beberapa ciri-ciri yang dapat membantu mengidentifikasi masalah tersebut. Berikut ini ciri-ciri kartu Axis yang sudah mati atau hangus.

- Kehilangan sinyal jaringan untuk jangka waktu yang signifikan.

- Tidak dapat melakukan panggilan telepon atau mengirim pesan teks menggunakan nomor Axis.

- Tidak dapat mengakses internet menggunakan kartu Axis.

- Tidak dapat mengaktifkan data seluler pada perangkat karena kartu SIM yang mati.

- Tidak dapat melakukan panggilan ke nomor UMB dengan kartu AXIS.

- Jika nomor Axis tidak terdaftar pada perangkat, ini bisa menjadi indikasi bahwa kartu SIM tidak berfungsi dengan benar atau membutuhkan reaktivasi.

Dalam kasus di mana klovers mengalami beberapa atau semua dari ciri-ciri di atas, segera lakukan tindakan untuk mengatasi masalah. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengikuti petunjuk reaktivasi kartu AXIS secara online sesuai dengan panduan yang diberikan oleh operator. Jika setelah langkah-langkah tersebut masalah masih terjadi, KLovers dapat menghubungi layanan pelanggan AXIS untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

 

 

 

7 dari 9 halaman

7. Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Axis

Cara memperpanjang kartu Axis (credit: pexels.com)

Ada berbagai cara memperpanjang masa aktif kartu Axis selain mengisi ulang saldo pulsa utama. Nah, panduan ini dapat membantumu mengetahui cara memperpanjang masa aktif kartu Axis.

- Melakukan pembelian paket internet untuk kartu Axis dapat membantu memperpanjang masa aktif.

- Melakukan kirim pulsa ke sesama pengguna kartu Axis dapat memperpanjang masa aktif.

- Mengubah paket tarif untuk memperpanjang masa aktif kartu Axis. Ubah paket yang bisa dipilih dapat menggunakan paket Awet Irit. Paket tarif ini akan memperpanjang masa aktif kartu Axis hingga 6 bulan.

 

 

 

8 dari 9 halaman

8. Tips Agar Kartu Axis Tidak Mati dan Hangus

Tips agar kartu Axis tetap aktif (credit: pexels.com)

Kartu AXIS mati atau terblokir adalah masalah umum yang dapat dialami pengguna kartu seluler. Namun, dengan langkah-langkah yang tepat, KLovers dapat mengaktifkan kembali kartu Axis yang mati atau memulihkan kartu yang terblokir. Seperti beberapa tips mudah mengaktifkan kartu Axis agar tidak mati dan hangus.

Salah satunya dengan memperhatikan masa tenggang dan masa aktif kartu seluler. Oleh karena itu, mengisi ulang pulsa bisa memperpanjang penggunaan masa aktif kartu Axis. Tidak hanya mengisi ulang pulsa, pelanggan kartu Axis dapat megecek secara berkala saldo pulsa yang dimiliki. Dengan begitu dapat membantu mempertahankan masa aktif kartu Axis.

Itulah di antaranya ulasan tentang cara mengaktifkan kartu Axis yang sudah mati. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

 

 

(kpl/gen/psp)

Topik Terkait