Arti Al Huda dan Nama Lain Alquran Beserta Penjelasannya

Rabu, 26 Januari 2022 12:55
Arti Al Huda dan Nama Lain Alquran Beserta Penjelasannya
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Arti Al Huda dapat dipahami sebagai nama lain dari Alquran. Seperti diketahui, Alquran merupakan kitab suci umat Islam.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Alquran adalah kitab suci umat Islam yang berisi firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. dengan perantaraan malaikat Jibril untuk dibaca, dipahami, dan diamalkan sebagai petunjuk atau pedoman hidup bagi umat manusia. Alquran punya banyak nama lain, salah satunya Al Huda. Oleh karena itu, arti Al Huda menjadi suatu hal yang perlu dipahami.

Terutama sebagai umat muslim, kalian perlu mempelajarinya dengan sengaja. Oleh karena itu, berikut ini ada penjelasan mengenai arti Al Huda dana Nama Lain Alquran yang bisa kalian simak.

1. Arti Al Huda

Arti Al Huda adalah petunjuk. Keterangan mengenai nama lain Alquran tersebut terdapat dalam surat Al Baqarah ayat 185 berikut ini:

syahru ramadanallazi unzila fihil-qur'anu hudal lin-nasi wa bayyinatim minal-huda wal-furqan, fa man syahida mingkumusy-syahra falyasum-h, wa mang kana maridan au 'ala safarin fa 'iddatum min ayyamin ukhar, yuridullahu bikumul-yusra wa la yuridu bikumul-'usra wa litukmilul-'iddata wa litukabbirullaha 'ala ma hadakum wa la'allakum tasykurun

Artinya: Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.

Selanjutnya, arti Al Huda juga bisa dipahami sebagai petunjuk Allah, yakni hidayah Takwiniyah dan Tasyri'iyah. Hidayah Takwiniyah merupakan petunjuk yang berkaitan dengan penciptaan. Misalnya, petunjuk dari Allah SWT untuk seluruh makhluk-Nya sebagai bentuk kesempurnaan. Selanjutnya, Hidayah Tasyri'iyah merupakan petunjuk yang berkaitan dengan syariat. Misalnya, akidah manusia untuk menjalankan amal saleh.

2. Nama Lain Al Quran

Seperti yang sudah dibahas di atas, tak hanya arti Al Huda yang perlu kalian ketahui karena masih banyak nama Al Quran lainnya. Berikut ini terdapat beberapa penjelasan berikut ini.

1. Al Kitab

Al Kitab merupakan nama lain Al Quran yang dijelaskan dalam surat Al Baqarah ayat 2 berikut ini:

zalikal-kitabu la raiba fih, hudal lil-muttaqin

Artinya: "Kitab (Al-Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa"

2. Al Furqan

Arti Al Furqan adalah pembeda. Penjelasan mengenai nama lain ini terdapat dalam surat Al Furqan ayat 1 berikut ini:

tabarakallazi nazzalal-furqana 'ala 'abdihi liyak?na lil-'alamina nazira

Artinya: Mahasuci Allah yang telah menurunkan Furqan (Al-Qur'an) kepada hamba-Nya (Muhammad), agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam (jin dan manusia).

3. Ar Rahmah

Ar Rahmah merupakan nama lain Al Quran yang berarti rahmat seperti yang dijelaskan dalam surat Al Isra ayat 82:

wa nunazzilu minal-qur'ani ma huwa syifa'uw wa ra?matul lil-mu'minina wa la yaziduz-zalimina illa khasara

Artinya: Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur'an itu) hanya akan menambah kerugian.

3. Nama Lain Al Quran Beserta Penjelasannya

Selanjutnya, terdapat penjelasan lain dari nama Al Quran yang bisa kalian pahami.

4. Ar Ruh

Ar Ruh memiliki arti Roh atau menghidupkan sesuatu. Pengertian dalam hal ini, roh disebut sebagai menghidupkan hati yang telah mati agar lebih dekat dengan Sang Pencipta. Berikut ini terdapat penjelasannya dalam surat Asy Syu'araa ayat 52.

Wa kazalika auhaina ilaika ruham min amrina, ma kunta tadri mal-kitabu wa lal-imanu wa lakin ja'alnahu nuran nahdi bihi man nasya'u min 'ibadina, wa innaka latahdi ila siratim mustaqim

Artinya: "Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu (Muhammad) ruh (Al-Qur'an) dengan perintah Kami. Sebelumnya engkau tidaklah mengetahui apakah Kitab (Al-Qur'an) dan apakah iman itu, tetapi Kami jadikan Al-Qur'an itu cahaya, dengan itu Kami memberi petunjuk siapa yang Kami kehendaki di antara hamba-hamba Kami. Dan sungguh, engkau benar-benar membimbing (manusia) kepada jalan yang lurus." (QS. Asy-Syu'araa: 52)

5. Asy Syifa

Arti Asy Syifa adalah obat. Maksudnya, Al Quran diturunkan sebagai penyembuh dan penawar bagi umat manusia. Penyakit yang disembuhkan antara lain, seperti sombong, syirik, dan ragu. Berikut ini terdapat penjelasannya dalam surat Yunus ayat 57:

ya ayyuhan-nasu qad ja'atkum mau'i?atum mir rabbikum wa syifa'ul lima fis-suduri wa hudaw wa ra?matul lil-mu'minin

Artinya: "Wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Al-Qur'an) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman." (QS. Yunus: 57)

KLovers, itulah penjelasan mengenai arti Al Huda dan nama-na Al Quran yang perlu kalian ketahui.

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI