Cara Share Link Google Drive Secara Publik dan Pribadi, Mudah Lewat Perangkat Apa Saja


Berita | Senin, 21 Februari 2022 13:55

Kapanlagi.com - Salah satu fungsi Google Drive adalah dapat dipakai untuk membagikan link. Link yang dimaksudkan tentunya berisi file yang dapat pengguna lain akses. Apalagi, cara share link Google Drive ternyata sangatlah praktis.


Kemudahan menggunakan Google Drive membuat pengguna semakin cepat melakukan beragam aktivitas secara digital. Seperti berbagi link Google Drive yang bisa dilakukan melalui perangkat apa saja baik laptop atau ponsel.

Sedangkan untuk cara share link Google Drive juga dapat dilakukan secara publik dan pribadi. Selain itu sebagai pemilik akun Google Drive yang akan membagikan link dengan pengguna lain, maka kalian juga dapat mengontrol aktivitas dari penerima link.

Jika masih bingung dengan langkah cara share link Google Drive, berikut ini ulasannya yang perlu kalian ketahui. Adapun cara share link Google Drive secara publik dan pribadi dapat kalian simak sebagai berikut telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

1. Ketahui Fungsi Fitur di Menu Share Link Google Drive

(credit: pexels.com)

Google Drive menjadi produk dari Google yang memiliki banyak fungsi. Di mana Google Drive ini juga terintegrasi dengan akun Gmail ataupun akun Google. Sehingga jika kalian ingin menggunakannya, maka perlu login dengan akun Google untuk dapat akses Google Drive.

Membahas mengenai Google Drive, layanan ini memiliki sejumlah kelebihan seperti ruang penyimpanan yang besar. Artinya lewat Google Drive pengguna dapat menyimpan file dengan kapasitas hingga 15GB. Tidak heran mengapa banyak pengguna cenderung memilih Google Drive sebagai media penyimpanan file mereka. Adapun beberapa fungsi Google Drive dapat kalian simak sebagai berikut dilansir dari liputan6.com.

- Google Drive dapat digunakan untuk menyimpan file seperti dokumen, gambar, ataupun video.

- Fungsi Google Drive dapat memudahkan pengguna berbagi file.

- Berfungsi untuk mengedit file berbagai jenis file secara praktis baik format Word, Excel, Power Point.

- Berfungsi untuk mencadangkan file di aplikasi Whatsapp.

- Dapat digunakan untuk back up berbagai file dan dokumen di perangkat.

- Berfungsi untuk membuat dan menyimpan catatan di Google Drive.

Di antara banyaknya fungsi dan fitur di Google Drive tersebut, kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan menu berbagi file atau share link, Ya, melalui menu ini kalian dapat membagikan link apa saja kepada siapapun secara publik ataupun pribadi. Namun ketahui dulu beberapa fungsi fitur yang ada di menu share link Google Drive sebagai berikut.

- Share link private artinya kalian hanya membagikan pada orang tertentu saja melalui email ataupun media lainnya yang mana pengguna juga perlu menggunakan Gmail.

- Share link public artinya kalian membagikan pada siapapun serta dapat diakses oleh siapa saja ketika mereka mengetahui link Google Drive yang kalian bagikan.

- Pada menu Bagikan dengan Orang Lain kalian dapat menambahkan alamat email orang yang ingin dibagikan jika secara private.

- Fungsi fitur Editor di menu Bagikan dengan Orang Lain artinya pengguna tersebut bisa melakukan editing.

- Fungsi fitur Hanya Dapat Melihat, artinya pengguna hanya bisa melihat dan membuka link yang sudah dibagikan tanpa perlu edit.

- Pada fitur Siapa saja yang memiliki link atau Anyone with the link maka siapa saja bisa melihat file tersebut baik untuk public, private, atau orang tertentu.

Itulah beberapa fitur yang mungkin membantu kalian untuk dapat memahami fungsi dari menu share link Google Drive.

 

2 dari 5 halaman

2. Cara Mendapatkan Link Google Drive

(credit: pexels.com)

Untuk dapat membagikan link Google Drive, pengguna perlu mendapatkan link terlebih dahulu. Karena itulah sebelum tahu cara share link Google Drive pahami dulu langkah-langkah cara mendapatkan link Google Drive. Berikut ini cara mendapatkan link Google Drive yang perlu kalian ketahui.

- Setelah kalian berhasil mengunggah file di Google Drive, klik kanan pada file lalu Get Link atau Dapatkan Link.

- Lalu klik Salin Link.

- Link yang sudah disalin inilah nanti bisa kalian gunakan untuk berbagi link dengan orang lain.

- Selesai.

 

3 dari 5 halaman

3. Cara Share Link Google Drive untuk Publik

(credit: pexels.com)

Langkah selanjutnya setelah kalian berhasil mendapatkan link Google Drive adalah membagikannya. Untuk cara share link Google Drive terbilang sangat mudah dan praktis banget. Kalian bisa menggunakan perangkat apa saja untuk cara share link Google Drive. Namun kali ini kita akan mengulas mengenai cara share link Google Drive secara publik.

Artinya kalian dapat membagikan link kepada siapa saja secara publik dengan mengaktifkan fitur Publik. Nah berikut ini cara share link Google Drive secara publik.

- Pertama buka Google Drive kalian.

- Cari file yang akan dibagikan lalu klik kanan pilih Dapatkan Link yang Bisa Dibagikan.

- Untuk mengubah siapa saja yang dapat mengakses link Google Drive kalian bisa klik menu Setelan Berbagi.

- Kemudian kalian dapat klik Ubah pada opsi Orang Tertentu Dapat Mengakses.

- Klik Aktif Publik di Web, artinya siapa saja di internet dapat menemukan dan mengakses link Google Drive kalian.

- Jika sudah mengaturnya klik Simpan.

- Lalu Salin Link Google Drive yang kalian bagikan.

- Untuk versi terbaru, kalian dapat mengatur opsi secara publik pada menu Siapa Saja yang Memiliki Link kemudian atur sesuai yang kalian inginkan dan klik Selesai.

- Kalian juga dapat mengubah pengaturan orang yang memiliki link tersebut untuk dapat mengakses saja, mengedit, atau memberikan komentar.

- Selesai kalian dapat membagikannya melalui Gmail ataupun media lainnya.

 

4 dari 5 halaman

4. Cara Share Link Google Drive untuk Pribadi

(credit: unsplash.com)

Selanjutnya ada cara share link Google Drive untuk pribadi. Berbeda dari cara share link Google Drive secara publik, maka cara share link Google Drive secara pribadi hanya dibagikan kepada orang tertentu saja yang kalian kirimkan link Google Drive. Nah, berikut ini langkah cara share link Google Drive untuk pribadi saja.

- Pertama kalian dapat masuk ke akun Google Drive menggunakan akun Google.

- Kemudian kalian dapat mengunggah atau pilih file yang akan dibagikan di Google Drive.

- Untuk membagikan link klik kanan pada file kemudian pilih Share atau Bagikan.

- Selanjutnya masukkan email pengguna yang akan kalian bagikan link Google Drive.

- Kalian dapat mengontrol pengakses link Google Drive sebagai editor, viewer atau commenter.

- Jika sudah klik Send.

- Selesai, maka link Google Drive berhasil kalian kirimkan ke pengguna.

Itulah penjelasan mengenai cara share link Google Drive secara publik dan pribadi. Sehingga dapat memudahkan kalian membagikan file melalui Google Drive.

 

(kpl/gen/nlw)

Topik Terkait