Cara Simpel Bikin Kerajinan dari Tutup Botol, Cobain Deh!


Plus | Sabtu, 12 November 2022 10:00

Kapanlagi.com - Setelah membeli minuman dalam kemasan botol, biasanya kita akan langsung membuangnya ke tempat sampah karena sudah nggak dibutuhkan lagi. Padahal, botol bekas minuman sendiri memiliki ragam manfaat yang bisa digunakan untuk membuat berbagai kreasi. lho. Semua bagian dari botol bekas, terutama tutup botol, dapat diolah kembali jadi benda menarik yang bisa dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain akan menjadi barang yang berguna dan indah, kreasi dari tutup botol bekas ini juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Bila kamu bisa melihat dan menggunakan kesempatan dengan baik, maka kerajinan tutup botol ini bisa membawakan omzet yang fantastis. Terlebih, kreasi ini juga mampu membuka lapangan pekerjaan yang baru jika peminatnya banyak dan target pasarnya jelas.


Nggak hanya sampai di situ saja, karena membuat kerajinan dari tutup botol bekas ternyata mempunyai berbagai manfaat yang bagus sekali bagi lingkungan dan baik untuk perkembangan diri sendiri. Kira-kira apa saja ya manfaatnya?

Manfaat Menggunakan Kembali Tutup Botol Bekas

Credit: Shutterstock

Meski nggak banyak orang yang tahu, memakai kembali tutup botol yang nggak digunakan nyatanya bisa memberikan dampak yang baik bagi perkembangan kognitif manusia dan lingkungan sekitar. Untuk itu, berikut manfaat yang bisa diberikan apabila kamu memanfaatkan tutup botol bekas jadi kreasi yang sangat berguna.

1. Mengurangi Pencemaran pada Lingkungan

Tahukah kamu kalau sebuah mesin di suatu pabrik minuman mampu memasang tutup botol hingga ribuan banyaknya? Yup, bayangkan saja berapa jumlah limbah yang akan dihasilkan bila hal tersebut terjadi di hampir semua pabrik. Pastinya sudah nggak akan terhitung lagi besaran sampahnya.

Penumpukan sampah tutup botol plastik seakan menjadi hal yang normal bagi beberapa negara, termasuk Indonesia. Alhasil, pencemaran lingkungan jadi isu yang nggak terhindarkan lagi dan bisa memicu permasalahan yang lebih besar. Bahkan pemerintah hingga kini masih belum menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi persoalan tersebut.

Namun, dengan menjadikan tutup botol bekas jadi aneka macam kerajinan, kamu secara langsung berpartisipasi untuk mengurangi kerusakan terhadap lingkungan akibat sampah plastik. Lebih bagus lagi, apabila kamu membagikan ilmu yang bermanfaat tersebut kepada orang lain. Sehingga, mereka juga bisa ikut serta untuk mengurangi pencemaran terhadap alam.

2. Bisa Menjadi Mata Pencaharian Sampingan

Selain bisa memangkas jumlah pencemaran lingkungan, ide kerajinan dari tutup botol bekas ini juga bisa berguna sebagai mata pencaharian sampingan. Dengan ketekunan dan kreativitas, barang-barang tersebut bisa dijual kembali dengan harga-harga yang pantas. Terlebih, bila banyak yang membelinya, maka penghasilan pun bisa jadi makin bertambah.

Apabila memiliki pekerjaan tetap yang dilakukan di hari Senin - Jumat, maka kamu bisa memanfaatkan hari Sabtu dan Minggu yang kosong untuk membuat kreasi dari tutup botol. Selain itu, bisa pula untuk mengajari orang-orang di sekitar, seperti keluarga dan tetangga untuk berpartisipasi dalam memanfaatkan limbah yang satu ini. Sehingga, mereka bisa menambah keuangan untuk keperluan hidup sehari-hari.

3. Meningkatkan Kreativitas

Sekarang ini sudah mulai banyak yang sadar dan peduli akan pentingnya kebersihan lingkungan yang ada di sekitar. Berbagai jenis kerajinan dari tutup botol bekas pun kini sangat beragam dan bisa ditemui dengan mudah. Misalnya saja kerajinan tutup botol plastik dengan proses pembuatan yang mudah, hingga tutup botol kaca yang kadang memiliki tingkat kerumitan yang tinggi untuk mengolahnya.

Bermodalkan jenis karya yang sudah ada, kamu bisa membuat barang-barang yang baru sesuai dengan daya cipta dan imaginasi yang dimiliki. Misalnya, mencari cara membuat gasing dari tutup botol atau menciptakan bunga dari tutup botol. Dengan demikian, pemikiran kreativitas bisa semakin bertumbuh dan jadi lebih baik lagi. Apabila kreativitas kamu berkembang, maka bisa saja memunculkan beragam ide yang berbeda dan lebih inovatif dibandingkan sebelumnya.

Berbagai Kreasi Menarik dari Tutup Botol Bekas

Credit: Shutterstock

Kreasi tutup botol yang beragam kini semakin marak ditemui. Seperti contoh kerajinan dari tutup botol plastik, kaca, hingga kayu. Ada pula peralatan rumah tangga lainnya yang sengaja dibuat dari limbah satu ini. Kira-kira barang apa saja, ya?

1. Kreasi Tatakan Gelas dan Piring

Tatakan peralatan makan normalnya terbuat dari bahan yang nggak mudah pecah seperti bambu atau kain. Namun, kamu bisa berkreasi menggunakan tutup botol sebagai bahan utama pembuatan alas gelas dan piring ini. Meski dinilai sangat simpel, tatakan piring dan gelas yang dibuat dari barang-barang ini, bisa jadi sesuatu yang unik dan nggak biasa.

Untuk mendapatkan tampilan yang lebih menarik, kamu bisa juga mewarnainya sesuai dengan keinginan. Bentuknya pun bisa dibuat lebih kreatif lagi menyesuaikan imajinasi yang dipunya. Meski cara pembuatannya nggak begitu sulit, tetapi tetap saja butuh kesabaran dan ketelitian yang ekstra, ya.

2. Lampu Hias yang Berbeda

Memanfaatkan limbah tutup botol menjadi lampu hias yang berbeda bisa juga jadi ide yang bagus untuk dilakukan. Barang ini biasanya sangat diminati oleh beberapa orang karena memiliki bentuk dan desain yang teramat kreatif. Apalagi, warna tutup botol yang penuh akan warna, memberikan kesan yang memukau dan mempesona.

Apabila ingin melakukan ide kerajinan dari tutup botol ini, maka kamu bisa mengumpulkan beberapa barang tambahan yang dibutuhkan. Mulai dari lem, gunting, bohlam lampu, serta cat dan kuas. Mengerjakan kreasi yang satu ini, tentunya membutuhkan kesabaran dan ketelitian juga, ya. Sehingga, hasil akhirnya bisa jadi lebih bagus dan memuaskan.

3. Kerajinan Jam Dinding

Jam dinding yang beredar di pasaran umumnya memiliki model dan rupa yang hampir seragam. Namun, bila menginginkan yang berbeda, kamu bisa mengasah kreativitas dengan membuat jam dinding dari tutup botol yang nggak kepakai. Mencoba hal yang baru seperti ini, tentunya bisa membuatmu jadi lebih hemat biaya.

Nggak sampai di situ saja, karena dengan barang bekas ini, jam dinding yang dihasilkan bisa lebih eksklusif lantaran masih belum diperjualkan di toko manapun. Selain itu, kamu juga bisa memakai bahan lainnya sebagai bahan pelengkap, seperti besi yang nggak terpakai, lem, dan nggak ketinggalan pula mesin jamnya. Supaya lebih apik lagi, boleh banget untuk diberikan warna atau desain sesuai selera masing-masing.

4. Gantungan Kunci yang kreatif

Untuk yang suka mengoleksi berbagai jenis gantungan kunci, maka bisa banget untuk mencoba ide kreatif ini. Menyulap tutup botol bekas menjadi gantungan kunci yang penuh akan keestetikan, sesungguhnya sangat mudah untuk dilakukan. Hampir nggak memerlukan peralatan yang ribet, kerajinan ini cocok sekali untuk menghiasi kunci rumah atau tas pribadimu.

Daripada membeli gantungan yang harus merogoh isi dompet lagi, mending terapkan saja kreasi unik dan menarik ini. Siapa tahu juga hal ini bisa jadi ide bisnis yang bisa berkembang kedepannya. Sehingga, penghasilan bisa makin bertambah, hati pun jadi lebih senang.

5. Hiasan Cermin yang Estetik

Mulai bosan dengan tampilan cermin yang itu-itu saja? Nah, kamu bisa mulai berkreasi dengan tutup botol bekas yang ada di rumah sebagai hiasan untuk memperindah cermin yang dimiliki. Selain bisa bikin lebih bergaya, barang bekas yang satu ini juga akan buat kamu lebih betah berlama-lama di depan kaca.

Cukup sediakan saja beberapa tutup botol yang sudah nggak terpakai lagi. Kemudian tempelkan dengan menggunakan lem mengikuti pola yang ada pada cermin. Bila berbentuk bulat, maka buatlah hiasan tersebut menjadi pola bulat. Hal tersebut berlaku pula pada cermin yang memiliki pola persegi atau jajar genjang.

6. Wadah Lilin yang Sederhana

Apabila kamu memiliki tutup botol yang terbuat dari aluminium, seperti yang terdapat pada botol minuman bersoda, maka bisa banget dimanfaatkan menjadi wadah lilin yang kreatif. Meskipun terlihat sederhana, tetapi bila ditempatkan di posisi yang tepat seperti meja makan, tentunya akan memberikan kesan yang estetik dan lebih spesial. Namun, tetap harus dijaga ya agar lelehan lilinnya nggak mencair ke mana-mana.

Selain dipakai untuk menghiasi ruangan, lilin yang terbuat dari tutup botol bekas ini juga bisa digunakan sebagai solusi darurat saat terjadi pemadaman arus listrik. Sehingga, kamu nggak perlu mengeluarkan uang satu persen pun, karena sudah memiliki lilin hasil buatan tangan sendiri.

7. Hiasan Gantung yang Keren

Membuat hiasan gantung yang keren sebagai ide kerajinan dari tutup botol juga bukan hal yang buruk. Kebanyakan hiasan gantung terbuat dari kayu atau pot yang berisikan tanaman hias. Namun, dengan tutup botol bekas ini, kamu bisa mengkreasikan produk serupa yang berbeda dan pastinya bisa lebih unik lagi.

Membuat kerajinan ini, bisa dilakukan secara mudah dengan menggunakan tutup botol bekas minuman bersoda atau mineral. Jika ingin lebih indah lagi, maka bisa ditambahkan ornamen lainnya atau sekedar dicat dengan beberapa warna yang selaras. Sehingga, penampilan yang dihasilkan bisa lebih menarik dan enak untuk dipandang.

Hiasan gantungan yang terbuat dari tutup botol soda juga bisa menghasilkan suara yang khas bila beradu satu sama lain dengan bantuan dari angin. Hal tersebut, tentunya bisa memberikan nuansa yang berbeda ketika kamu sedang menikmati waktu luang di dalam rumah. Selain itu, kreasi kreatif ini bisa pula dijual kembali sebagai tambahan dana keperluanmu. Berguna banget, bukan?

Memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar lingkungan kita sudah menjadi hal yang perlu untuk dilakukan. Hal itu berlaku pula pada limbah tutup botol yang pada saat ini terus bertambah setiap harinya. Bila nggak ada kesadaran untuk melakukan aksi pengurangan sampah tersebut, bisa-bisa bumi tercinta ini lambat laun akan semakin rusak. Akibatnya, perubahan yang nggak diinginkan pun dapat terjadi, misalnya saja seperti pemanasan global.

Tentunya melakukan proses recycle barang-barang bekas ini harus bisa dimulai dari diri sendiri, ya. Cara mempraktekannya juga nggak begitu sulit. Hanya butuh bahan-bahan nggak terpakai yang biasa ditemui di dalam rumah saja, dan semuanya itu bisa diolah jadi sebuah karya yang indah. Nggak ketinggalan pula, kamu harus melakukan ajakan bagi orang-orang yang dikenal.

Kalau orang yang menerapkan hal ini semakin bertambah, maka bisa menjadi sesuatu yang baik pula untuk kebersihan dan keasrian area di sekitar tempat tinggal. Oleh karena itu, mari ciptakan bumi yang lebih indah, bersih, dan bersahaja dengan melakukan pengelolaan limbah plastik seperti tutup botol bekas. Semoga bermanfaat.

(kpl/glo)

Topik Terkait