Contoh Drama Singkat 5 Orang, Beserta Pengertian Naskah dan Cara Menulisnya


Berita | Selasa, 21 Februari 2023 15:11

Kapanlagi.com - Drama merupakan sebuah karya seni dan hiburan yang banyak disukai. Nah, bagi KLovers yang ingin membuat sebuah drama untuk 5 orang, maka berikut ini contoh drama singkat 5 orang. Ya, contoh drama singkat 5 orang ini untuk membantu KLovers agar lebih memahami drama.


Selain mengetahui contoh drama singkat 5 orang, KLovers bisa mengetahui pengertian dari naskah drama. Ya, naskah drama memang menjadi sebuah aspek penting dalam sebuah drama. Karena, drama tanpa dialog menjadi sebuah drama yang kurang lengkap. Selain itu, ada pula cara menulis sebuah naskah drama atau dialog.

Untuk itu, berikut ini contoh drama singkat 5 orang yang bisa KLovers ketahui dan pahami. Beserta pengertian Naskah drama dan cara menulisnya. Yuk, langsung saja dicek KLovers.

1 dari 3 halaman

1. Naskah Drama Adalah

Ilustrasi (credit: pexels.com)

Sebelum KLovers mengetahui contoh drama singkat 5 orang, KLovers bisa mengetahui apa itu arti naskah drama. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), naskah drama adalah sebuah karangan yang masih ditulis dengan tangan dan belum diterbitkan. Secara etimologis, pengertian naskah drama diambil dari bahasa Arab yaitu kata nushkhatum yang memiliki arti 'potongan kertas'.

Hal ini karena umumnya naskah drama berbentuk beberapa lembaran yang perlu dikoreksi sebelum dipakai. Pengertian naskah drama akan menjelaskan mengenai tema dan isi yang dapat diterima oleh penonton. Secara umum, naskah drama adalah tulisan yang biasa atau umum dikenal semua orang yang berkecimpung di dunia penulisan.

Selain itu, naskah drama sendiri merupakan cerita yang diuraikan dengan urutan adegan demi adegan yang dilengkapi dengan tempat atau latar, keadaan, dialog, dan juga seringkali ada penokohan di dalamnya. Dan bisa disebut sebagai dasar sebuah cerita baik dalam film maupun dalam pementasan pada teater.

 

2 dari 4 halaman

2. Cara Menulis Naskah Drama Singkat

Ilustrasi (credit: pexels.com)

Tentu saja dalam menulis sebuah karya drama, KLovers harus mengetahui bagaimana cara menulisnya. Terutama untuk contoh drama singkat 5 orang. Memang tidak ada aturan baku dalam penulisan naskah atau skenario, tapi sebagai pemula kalian bisa mengikuti langkah-langkah atau cara menulis drama singkat seperti berikut:

1. Menggali Ide Cerita

Ide cerita perlu ditentukan sejak awal. Ide ini juga bisa berasal dari mana saja, misalnya, dari pengalaman pribadi, mengamati karya lain, kasus dalam sebuah berita, dan lain sebagainya. Dan bisa jadi awal untuk menulis contoh drama singkat 5 orang.

2. Premis

Jika kalian sudah menemukan ide cerita, kini saatnya menentukan premis dasar. Premis dasar cerita berupa kalimat singkat yang menggambarkan cerita secara umum dalam pembuatan contoh drama singkat 5 orang.

3. Sinopsis Pendek

Seperti yang sudah kalian baca, naskah drama singkat juga memiliki sinopsis. Berawal dari premis, kalian bisa mengembangkan jadi tiga sampai empat kalimat. Perlu diingat, kalian harus fokus pada premis yang sudah ditentukan sebelumnya.

4. Sinopsis Panjang

Langkah selanjutnya adalah menulis sinopsis panjang. Kalian sudah memiliki beberapa kalimat dalam sinopsis pendek, kini saatnya memecah dalam tiga atau empat paragraf untuk memasukkan detail cerita dalam contoh drama singkat 5 orang.

5. Treatment

Sekarang, kalian sudah punya sinopsis yang berisi tiga sampai empat paragraf. Sinopsis panjang tersebut memuat karakter, masalah, dan tindakan tokoh. Nah, kalian masih perlu menjabarkan lagi cerita tersebut pada masing-masing paragraf. Nantinya, kalian akan memiliki cerpen dari sinopsis tadi.

6. Naskah

Jika kalian sudah berhasil mengikuti tata cara menulis naskah drama singkat, kini saatnya masuk ke penulisan naskah. Karena sudah punya cerpen dengan 9-10 paragraf, kalian mulai bisa menuangkannya dalam format naskah.

Agar lebih mudah, kalian bisa menjabarkan cerpen tersebut ke dalam urutan adegan (scene). Adegan ini dibagi sesuai dengan latar tempat dan waktu. Jika ada satu situasi dalam satu tempat dan waktu, maka ia dihitung sebagai satu adegan.

 

3 dari 4 halaman

3. Contoh Drama Singkat 5 Orang

Ilustrasi (credit: pexels.com)

Nah, bila sudah mengerti pengertian dan bagaimana cara menulis sebuah naskah drama. Maka berikut ini contoh drama singkat 5 orang yang bisa KLovers ketahui agar dapat lebih memahami sebuah drama.

(Keresahan Anak Muda)

Di suatu siang, Ayu, Nadia, dan Sukma sedang makan bersama di salah satu warung makan. Mereka berbincang karena semua harga mahal.

Ayu: Hari ini makan nasi telur aja, deh.

Nadia: Aku juga, sudah akhir bulan jadi kantong uang mulai mengecil.

Sukma: Nonton berita nggak sih? Barang-barang bakal naik. Apalagi sebentar lagi mau lebaran.

Ayu: Udah nggak kaget lagi sih. BBM juga naik sekarang.

Selagi mereka mengobrol, ibu Tuni datang memberikan pesanan makanan mereka, sembari nimrung mengobrol.

Ibu Tuni: Iya neng, semua barang udah naik. Apalagi untuk kita yang dagang kaya gini. Susah banget mau ngaturnya. Mau naikin harga, ya gimana? Tapi mau ngurangin porsi, ya gimana? Jadi serba salah.

Nadia: Gak papa bu Tuni, Sukma bakal tetap makan di sini. Makanan bu Tini mah nggak ada yang ngalahin enaknya.

Ayu: Iya bu, kalo soal rating, makanan bu Tini ada di posisi kedua.

Ibu Tini: Terus, yang diposisi pertama siapa neng?

Ayu: Ibu-nya Ayu dong! (sambil tertawa)

Kemudian, Sukma, Nadia dan Ayu mulai memakan makanan mereka sembari berbincang-bincang kecil.

Nadia: Yah, kalau kaya gini sih alamat susah nikah deh. Apa-apa mahal.

Ayu: Lah, ngapa susah? Tinggal nikahan di KUA.

Sukma: Sok polos deh, nikah sih nggak mahal. Kan yang mahal tuh gengsi.

Nadia: Ya, kalau mau hajatan kan butuh sediain makanan Yu. Masa kita yang punya acara hajatan cuma kasih hidangan nasi telur!

Ayu: Ya gak papa, habis itu jangan lupa kasih tulisan di meja prasmanan-nya "Maaf cuma bisa kasih nasi telur, semua barang mahal".

Nadia: Iih, ngarang deh kamu Yu!

Sukma, Ayu: (tertawa)

Saat Ayu, Sukma, dan Nadia lagi tertawa bercanda, Bayu masuk dan ikut makan dengan mereka.

Bayu: Lagi ngomongin apa sih?

Sukma: Ayu mau nikah, tapi cuma mau nyediain nasi telur aja di acara hajatannya.

Bayu: Serius Yu?? Kalau gitu, nikah ama aku aja.

Ayu: Yee! Terus abis nikahan tinggal di mana? Di kos kamu yang nggak ada jendelanya itu?

Bayu: Nanti aku benerin deh.

Nadia: Udah deh, pesan makan sana. Asal jangan pesan nasi telur aja.

Bayu: Kenapa memang?

Nadia: Nanti kita makan nasi telur di acara hajatan Ayu aja.

Ayu: Sialan, kamu Nad.

Nadia, Sukma, Bayu, dan Ayu: (Tertawa)

Itulah contoh drama singkat 5 orang yang bisa KLovers ketahui agar lebih memahami naskah drama. Selain contoh drama singkat 5 orang, KLovers juga bisa mengetahui arti naskah drama dan cara menulisnya.

 

(kpl/gen/dhm)

Topik Terkait