6 Rekomendasi Buku Jalaludin Rumi Populer, Wajib Masuk Daftar Bacaan

Editor KapanLagi Rabu, 23 November 2022 12:55

Siapa yang tak tahu Jalaludin Rumi? Sosok Jalaludin Rumi telah dikenal luas sebagai seorang penyair penganut sufi yang melegenda. Sebagai penganut sufi, Rumi yang hidup di kisaran abad ke-13, banyak menghasilkan karya yang sarat akan nilai-nilai ketuhanan dan kehidupan masih terus dikagumi. Sekian tahun berselang, karya-karya Rumi itupun tetap abadi. Terbukti sampai sekarang berbagai puisi dan quotes Rumi masih sangat dikagumi.

Berikut beberapa rekomendasi buku Jalaludin Rumi yang populer dan masih banyak dicari hingga saat ini.

Foto 1 dari 6
(credit: goodreads)

Buku Jalaludin Rumi Karifan Cinta merupakan penjabaran dari Fihi Ma Fihi Rumi. Dalam buku ini, apa yang ditulis di Fihi Ma Fihi disampaikan secara dalam sebagai renungan sufistik yang berkaitan dengan kejadian sehari-hari. Sehingga, membaca buku ini bisa jadi sebuah refleksi sekaligus suntikan energi pada saat jiwa kalian terasa hampa.

Foto 2 dari 6
(credit: goodreads)

Kalimat-kalimat dan syair-syair bijak dari Jalaludin Rumi telah banyak menginspirasi. Tak heran, jika kemudian beberapa di antaranya dikutip menjadi quotes dan dikemas dalam satu buku. 365 Rumi's Quotes adalah satunya. Buku ini berisi banyak kutipan-kutipan penuh makna dari Jalaludin Rumi tentang kehidupan dan cinta.

Foto 3 dari 6
(credit: goodreads)

Matsnawi Maknawi Maulana Rumi juga jadi salah satu buku Jalaludin Rumi yang wajib dimasukkan daftar bacaan. Buku ini semula ditulis dalam bahasa Persia, tetapi telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Kualitas terjemahan buku ini sangatlah baik, tanpa mengurangi keindahan makna di sesungguhnya. Benar-benar tetap puitis dan bermakna, khas bahasa karya-karya Rumi lainnya.

Foto 4 dari 6
(credit: goodreads)

Rekomendasi buku Jalaludin Rumi yang selanjutnya yaitu Pesan-Pesan Cinta Jalaludin Rumi. Buku ini berisi puisi-puisi Rumi tentang cinta yang disampaikan secara indah tapi juga mendalam meliputi berbagai aspek, mulai dari misteri, keilahian, erotisme, hingga persahabatan. Jika kalian adalah penikmat puisi, maka buku ini wajib masuk daftar bacaan.

Foto 5 dari 6
(credit: goodreads)

Samudera Rubaiyat menjadi salah satu karya Rumi yang juga cukup populer. Buku ini juga berisi puisi-puisi karya Jalaludin Rumi. Setidaknya, ada 50 puisi dalam buku ini. Tak hanya puisi, di beberapa halaman juga terdapat ilustrasi-ilustrasi indah yang berguna untuk membantu pembaca melakukan interpretasi setiap puisi yang dibacanya.

Foto 6 dari 6
(credit: goodreads)

Fihi Ma Fihi merupakan salah satu karya Jalaludin Rumi paling fenomenal. Buku dengan 538 halaman ini menampilkan buah pikiran Rumi atas berbagai permasalahan dan pertanyaan yang dia temui semasa hidup. Fihi Ma Fihi juga menampilkan berbagai kisah Nabi juga kisah-kisah dari tokoh menarik lainnya yang telah melegenda.

Topik Terkait

Read More

Load More