8 Rekomendasi Novel Terjemahan Terbaik dan Terpopuler, Karya Fenomenal dari Berbagai Negara

Editor KapanLagi Senin, 31 Oktober 2022 13:55

Ada banyak penulis dunia yang menghasilkan karya novel fenomenal. Beruntung, beberapa novel dunia fenomenal itu kini telah banyak diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Sehingga, kita bisa lebih mudah untuk membaca dan menikmati kisah fenomenal yang tertuang di novel tersebut.

Beda dengan novel Indonesia, membaca novel-novel terjemahan juga mempunyai sensasi keseruan yang berbeda. Bagaimana, tertarik baca novel terjemahan? Jika iya, langsung saja simak beberapa rekomendasi novel terjemahan berikut ini.

Foto 1 dari 8
(credit: goodreads)

Alchemist atau dalam versi bahasa Indonesia diterjemahkan jadi Sang Alkemis merupakan novel best seller karya penulis asal Brazil, Paulo Celho. Novel ini jadi salah satu karyanya yang paling fenomenal. Sang Alkemis mengisahkan tentang pencarian jati diri. Dikisahkan, seorang gembala bernama Santiago yang memulai perjalanan pencarian jati dirinya. Menariknya, Santiago mulai menjelajah dunia dengan mengikuti kata hati dan petunjuk-petunjuk yang muncul dalam mimpinya.

Foto 2 dari 8
(credit: goodreads)

Rekomendasi novel terjemahan selanjutnya berasal dari negara Korea Selatan. Sebuah Novel berjudul Kim Ji-yeong (Born in 1982). Novel ini menunjukkan beratnya kehidupan seorang wanita di Korea Selatan yang masih sangat memegang teguh prinsip patriarki. Dikisahkan, Kim Ji-yeong adalah seorang wanita pekerja keras. Namun, Kim Ji-yeong dulu tak pernah mendapatkan apresiasi yang pantas di keluarganya. Hingga akhirnya setelah akhirnya dia menikah dan menjadi ibu, apa yang selama ini dipendam Kim Ji-yeong seolah jadi bom waktu yang siap meledak.

Foto 3 dari 8
(credit: goodreads)

1984 karya penulis George Orwell juga telah banyak diterjemahkan ke berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia. Novel George Orwell yang berjudul 1984 jadi salah satu yang wajib masuk ke daftar bacaan kalian. Novel ini menceritakan tentang kehidupan masyarakat yang terkekang dan tidak bebas, lantaran berada di bawah kendali pihak yang tengah berkuasa. 

Foto 4 dari 8
(credit: goodreads)

Jika kalian mencari rekomendasi novel terjemahan genre romantis, The Fault in Our Stars karya John Green bisa jadi jawabannya. Pasalnya, novel ini mempunyai kisah yang romantis dan menyentuh hati. The Fault in Our Stars mengisahkan tentang kehidupan Hazel seorang wanita yang mengidap kanker parah. Kondisinya itu membuat Hazel tak bisa menjalani hidupnya dengan bebas. Kehidupan Hazel sangat bergantung pada tabung oksigen. Beruntung saat hidupnya terasa begitu suram, Hazel kemudian bertemu August seorang laki-laki aktivis peduli kanker yang kemudian membuat kehidupannya jadi lebih semangat dan penuh warna.

Foto 5 dari 8
(credit: goodreads)

Little Prince merupakan sebuah novel best seller dunia karya penulis terkenal Prancis, Antoine de Saint -Exupery. Novel yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia ini cocok dibaca segala usia, termasuk anak-anak. Cerita Little Prince adalah tentang seorang pangeran yang berasal dari suatu negeri di luar angkasa, tersesat di bumi. Lewat karakter pangeran itu, penulis menyampaikan kisah penuh makna tentang kesepian, kehilangan, dan cinta.

Foto 6 dari 8
(credit: goodreads)

The Perks of Being a Wallflower juga jadi salah satu novel terjemahan populer yang sangat direkomendasikan untuk kalian baca. Novel karya Stephen Chbosky ini menyajikan kisah cinta remaja yang cukup kompleks, yaitu tentang kisah cinta seorang laki-laki introvert bernama Charlie. Sebagaimana pria introvert lainnya, Charlie kesulitan untuk mengungkapkan perasaannya itu. Alhasil, kisah cinta Charlie berjalan dengan tak begitu manis. Charlie harus mengalami berbagai hal memilukan, berhubungan sebuah trauma yang dia miliki.

Foto 7 dari 8
(credit: goodreads)

The Old Man and the Sea jadi salah satu karya fenomenal dari penulis terkenal Ernest Hemingway. Novel ini punya cerita yang sederhana tapi sangat seru, yaitu tentang pertarungan seorang lelaki tua pelaut menaklukkan seekor ikan besar yang dia tangkap di laut lepas. Novel ini ditulis dengan ringkas, jauh dari kesan bertele-tele. Jumlah halamannya juga tidak terlalu banyak sehingga cocok untuk kalian baca di waktu senggang yang tak begitu panjang.

Foto 8 dari 8
(credit: goodreads)

Life of Pi karya penulis India, Yann Martel sudah jadi salah satu novel best seller dan paling populer. Kepopuleran novel ini kian bertambah, setelah kisahnya diangkat ke layar lebar. Life of Pi bercerita tentang seorang tokoh bernama Pi. Suatu kejadian besar yang menimpa keluarganya, mengharuskan dia berlayar dengan beberapa hewan buas yang dulu menetap di kebun binatang pribadi keluarga. Namun, sebuah kecelakaan kapal terjadi, hingga dia harus bertahan di tengah lautan bersama hewan buas yang berlayar bersamanya. 

Topik Terkait

Read More

Load More