Jodoh Sabtu Pon Menurut Primbon Jawa, Ketahui Tata Cara Menghitungnya


Berita | Senin, 4 Maret 2024 11:55

Kapanlagi.com - Primbon Jawa sudah jadi bagian dari budaya dan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Di kehidupan sehari-hari, primbon digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk meramalkan jodoh. Dalam konteks ini, primbon memandang bahwa jodoh dapat dilihat dari weton yang merupakan kombinasi dari hari dan pasaran kelahiran seseorang. Sebagai salah satu weton, bagaimana ramalan jodoh Sabtu Pon menurut primbon Jawa?


Dalam primbon Jawa, setiap weton diyakini memiliki sifat khusus yang memengaruhi kehidupan dan nasib seseorang. Hal tersebut membuat tidak semua weton cocok satu sama lain sebagai jodoh. Setiap weton diyakini hanya akan cocok dan berjodoh dengan weton tertentu. Begitu pula dengan Sabtu Pon yang dianggap memiliki potensi untuk berjodoh dengan beberapa weton tertentu.

Adapun untuk mengetahui jodoh berdasarkan weton dalam primbon Jawa, dilakukan melalui sebuah metode hitungan khusus menggunakan neptu. Jadi penasaran, weton apa saja yang berjodoh dengan Sabtu Pon dan bagaimana cara hitungnya? Untuk mengetahuinya, langsung saja simak ulasan terkait jodoh Sabtu Pon menurut primbon Jawa.

1 dari 3 halaman

1. Hitungan Neptu Sabtu Pon

Hitungan Neptu Sabtu Pon (credit: unsplash)

Sudah disinggung di awal, bahwa dalam primbon Jawa untuk meramalkan jodoh jodoh, neptu weton memegang peranan penting. Pasalnya, ramalan jodoh Primbon Jawa menggunakan perhitungan neptu weton. Maka dari itu, untuk mengetahui ramalan jodoh Sabtu Pon, terlebih dahulu perlu diketahui neptu wetonnya.

Bagi mungkin yang masih merasa asing, neptu merupakan angka spesifik yang berasal dari hasil penjumlahan nilai hari kelahiran (Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu) dengan nilai pasaran Jawa (Legi, Pahing, Pon, Wage, dan Kliwon). Menurut ajaran Primbon Jawa, setiap hari kelahiran dan pasaran Jawa tersebut memiliki nilai-nilai tertentu.

Nilai Hari Lahir Menurut Primbon Jawa::

- Hari Minggu memiliki nilai 5.

- Hari Senin memiliki nilai 4.

- Hari Selasa memiliki nilai 3.

- Hari Rabu memiliki nilai 7.

- Hari Kamis memiliki nilai 8.

- Hari Jumat memiliki nilai 6.

- Hari Sabtu memiliki nilai 9.

Nilai Pasaran Menurut Primbon Jawa:

- Pasaran Legi memiliki nilai 5.

- Pasaran Pahing memiliki nilai 9.

- Pasaran Pon memiliki nilai 7.

- Pasaran Wage memiliki nilai 4.

- Pasaran Kliwon memiliki nilai 8.

Berdasarkan uraian di atas, maka neptu weton Sabtu Pon adalah 16, hasil dari 9 (nilai dari Sabtu) + 7 (nilai dari Pon)

2 dari 4 halaman

2. Hitungan Ramalan Jodoh Sabtu Pon Primbon Jawa

Ramalan Jodoh Primbon Jawa (credit: unsplash)

Setelah mengetahui neptu weton, langkah berikutnya dalam ramalan jodoh primbon Jawa adalah melakukan metode hitungan. Dalam primbon Jawa, ramalan jodoh bisa dilakukan dengan menjumlahkan neptu weton pihak laki-laki dan perempuan. Nantinya, hasil hitungan tersebut diyakini bisa menunjukkan nasib atau ramalan rumah tangga sepasang kekasih ketika memutuskan menikah.

Artinya, ramalan jodoh primbon Jawa tidak dapat memberikan informasi pasti tentang siapa yang akan menjadi pasangan hidup seseorang. Ramalan ini lebih kepada prediksi mengenai bagaimana kehidupan pernikahan sepasang kekasih akan berkembang berdasarkan tingkat kesesuaian mereka.

Menurut primbon Jawa, hasil jumlah neptu sepasang kekasih ini akan digunakan untuk membaca ramalan atau prediksi di dalam Primbon Jawa, yang isi ramalannya adalah sebagai berikut:

1. PEGAT, jika total neptu pasangan mencapai angka 1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, atau 36. Pasangan PEGAT diperkirakan akan menghadapi berbagai kendala dalam kehidupan rumah tangga, termasuk masalah ekonomi, persaingan kekuasaan, dan bahkan potensi perselingkuhan yang dapat berujung pada perceraian.

2. RATU, jika total neptu pasangan adalah angka 2, 11, 20, atau 29. Pasangan Ratu menandakan bahwa hubungan mereka dianggap sebagai takdir yang harmonis. Keakraban mereka membuat mereka dihargai dan dihormati dalam lingkungan sekitar, bahkan banyak yang iri akan kebahagiaan yang mereka nikmati dalam pernikahan.

3. JODOH, ketika hasil penjumlahan neptu pasangan menghasilkan angka 3, 12, 21, atau 30. Pasangan JODOH diyakini mampu saling menerima kelebihan dan kekurangan satu sama lain, serta dapat melengkapi satu sama lain. Rumah tangga mereka memiliki potensi untuk tetap harmonis hingga usia tua.

4. TOPO, jika total neptu pasangan mencapai angka 4, 13, 22, atau 31. Pasangan TOPO diperkirakan akan mengalami kesulitan di awal pernikahan. Meskipun awalnya mungkin terjadi adaptasi dan pemahaman satu sama lain, kebahagiaan diyakini akan datang pada akhirnya.

5. TINARI, apabila total neptu pasangan menghasilkan angka 5, 14, 23, atau 32. Pasangan TINARI diyakini akan menemukan kebahagiaan dan kemudahan dalam mencari rezeki, sehingga kehidupan mereka setelah menikah tidak akan banyak kesulitan. Selain itu, mereka cenderung mendapatkan berbagai keberuntungan.

6. PADU, jika total neptu mencapai angka 6, 15, 24, atau 33. Meskipun sering terlibat dalam pertengkaran, pasangan PADU akan tetap berusaha menjaga hubungan agar tidak berujung pada perceraian. Bahkan, konflik tersebut sering kali dipicu oleh hal-hal yang sepele.

7. SUJANA, jika total neptu pasangan adalah angka 7, 16, 25, atau 34, mereka dapat diidentifikasi sebagai pasangan SUJANAN dalam weton jodoh. Pasangan SUJANAN cenderung sering mengalami pertengkaran dan masalah perselingkuhan, yang bisa muncul dari salah satu pihak, baik pria maupun wanita.

8. PESTHI, jika total neptu mencapai angka 8, 17, 26, atau 35. Pasangan PESTHI diramalkan akan menjalani kehidupan rumah tangga yang damai dan harmonis hingga usia tua. Meskipun masalah mungkin timbul, rumah tangga mereka dianggap tetap stabil dan tidak akan hancur.

3 dari 4 halaman

3. Weton Jodoh Sabtu Pon Menurut Primbon Jawa

Weton Jodoh Sabtu Pon Menurut Primbon Jawa (credit: unsplash)

Berdasarkan hasil ramalan Primbon Jawa di atas, maka kebahagiaan dan keserasian dalam rumah tangga seseorang akan diraih jika mendapatkan hasil RATU, JODOH, PESTHI, atau TINARI.

Oleh karena itu, untuk mencapai hasil-hasil tersebut, diperlukan pertemuan antara weton Sabtu Pon dengan pasangan yang memiliki weton tertentu, sebagai berikut:

- Agar mencapai hasil RATU, weton Sabtu Pon perlu bertemu dengan weton yang memiliki neptu 13, yaitu Minggu Kliwon, Senin Pahing, Kamis Legi, Jumat Pon, dan Sabtu Wage.

- Untuk mencapai hasil JODOH, weton Sabtu Pon perlu bertemu dengan weton yang memiliki neptu 14, yaitu Minggu Pahing, Rabu Pon, Jumat Kliwon, dan Sabtu Legi.

- Agar mencapai hasil PESTHI, weton Sabtu Pon perlu bersatu dengan weton yang memiliki neptu 10. Contohnya, Rabu Kliwon, Kamis Pon, dan Jumat Pahing.

- Untuk mencapai hasil TINARI, weton Sabtu Pon harus bertemu dengan memiliki neptu 7 dan 16. Weton dengan neptu 7 yaitu Selasa Wage. Weton neptu 16 yaitu Sabtu Pon sendiri dan Kamis Kliwon.

Itulah di antaranya ramalan jodoh Sabtu Pon menurut primbon Jawa. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaran selama ini. Keputusan untuk percaya atau tidak percaya sepenuhnya dikembalikan ke tangan pembaca.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP KAPANLAGI.COM BIAR NGGAK KETINGGALAN UPDATE DAN BERITA TERBARU SEPUTAR DUNIA HIBURAN TANAH AIR DAN JUGA LUAR NEGERI. KLIK DI SINI YA, KLOVERS!

(kpl/psp)

Topik Terkait