Memahami Arti Afiliasi, Cara Kerja, dan Keuntungan dalam Bisnis


Berita | Sabtu, 10 Desember 2022 11:11

Kapanlagi.com - Semakin hari, cara marketing produk dalam perusahaan makin berkembang. Salah satu contoh promosi yang makin banyak dilakukan seiring perkembangan teknologi adalah afiliasi. Meski sudah cukup populer, masih ada beberapa orang yang mungkin belum mengetahui arti afiliasi.


Dalam dunia bisnis, arti afiliasi bisa dipahami sebagai cara mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan sosialisasi yang terarah. Pada praktiknya, afiliasi bisa kalian temukan dengan mudah melalui media sosial. Terkadang, ada akun perorangan yang melakukan promosi dengan menyertakan link atau kode referral pembelian.

Nah, melalui kode tersebut, afiliator akan mendapatkan keuntungan dari setiap pembelian yang dilakukan konsumen. Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut tentang arti afiliasi, cara kerja, dan keuntungannya dalam bisnis, yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

1 dari 3 halaman

1. Arti Afiliasi

Ilustrasi (Credit: Unsplash)

Istilah afiliasi semakin sering terdengar, terutama dalam dunia bisnis. Istilah ini pun sudah banyak digunakan dan dipraktikkan oleh para pengguna media sosial. Meski sudah makin populer ditemui di kehidupan sehari-hari, mungkin masih banyak yang belum mengetahui arti afiliasi.

Arti afiliasi dapat dipahami sebagai alah satu cara mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan sosialisasi yang secara terarah dilakukan oleh individu, badan usaha atau organisasi. Dalam hal ini, kedua belah pihak akan mendapatkan keuntungan sesuai kesepakatan. Oleh karena itu, bagi kalian yang sedang ingin mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan, pemahaman tentang afiliasi perlu diperhatikan.

Selain itu, terdapat pengertian lain mengenai afiliasi yang bisa kalian pahami. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), afiliasi adalah pertalian sebagai anggota atau cabang; perhubungan. Bagi kalian yang bekerja di bidang marketing, justru perlu lebih dalam lagi memahami model afiliasi beserta programnya.

Selain itu, program afiliasi juga sering dimanfaatkan oleh perorangan untuk mendapatkan penghasilan dengan menjadi afiliator.

 

 

2 dari 4 halaman

2. Cara Kerja Afiliasi

Ilustrasi (Credit: Unsplash)

Selain arti afiliasi, kalian juga perlu memahami cara kerjanya. Seperti yang sudah disebutkan, program afiliasi bisa dimanfaatkan oleh perorangan untuk mendapatkan keuntungan sebagai afiliator. Afiliator bisa mendaftarkan diri pada suatu perusahaan yang sedang menawarkan peluang untuk menjualkan produknya kepada konsumen.

Cara kerja perorangan dalam menjadi afiliator bisa dikatakan cukup simpel. Kalian hanya perlu menjalankan strategi marketing dengan menambahkan tautan atau promosi di situs sosial media maupun blog. Secara singkat, afiliasi memungkinkan bagi kalian untuk mendapatkan keuntungan melalui penjualan produk barang atau jasa dari sebuah perusahaan.

Agar lebih paham mengenai cara kerja afiliasi, silakan simak penjelasan secara lengkap berikut ini.

1. Pertama, kalian perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu di website perusahaan. Melalui pendaftaran tersebut, kalian akan mendapatkan kode referral unik dan berbeda pada masing-masing orang.

2. Mulai lakukan promosi produk afiliasi dengan kode referral yang kalian dapat. Ada beragam cara yang bisa kalian lakukan, mulai dari review produk di blog, forum online, maupun sosial media. Kalian akan mendapat keuntungan setiap kali ada konsumen yang membeli produk dari link kode referral tersebut.

3. Setelah melakukan rangkaian di atas, kalian akan mulai menerima komisi. Umumnya, komisi didapat setelah ada konsumen yang menggunakan kode referral kalian. Namun, ada juga perusahaan yang memberikan komisi melalui pengisian form, peningkatan trafik website, pengunduhan aplikasi, hingga subscribe newsletter perusahaan.

 

 

3 dari 4 halaman

3. Keuntungan Afiliasi dalam Bisnis

Ilustrasi (Credit: Unsplash)

Ada beberapa tujuan seseorang mencari tahu arti afiliasi. Namun, kebanyakan orang sudah paham jika afiliasi bisa dilihat sebagai peluang bisnis yang menguntungkan, baik bagi perusahaan maupun afiliator. Lalu, apa saja keuntungan yang bisa didapat? Silakan simak penjelasan berikut ini.

1. Keuntungan Afiliasi Bagi Perusahaan

Teknik pemasaran afiliasi bisa menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Pasalnya, para afiliator akan melakukan upaya kreatif pemasaran masing-masing demi bisa menjual produk. Keuntungan secara langsung yang bisa diperoleh antara lain:

- Akses ke pasar yang lebih luas

- Akuntansi prospek yang berkualitas lebih baik

- Iklan berbiaya rendah

2. Keuntungan Afiliasi Bagi Afiliator

- Penghasilan Pasif

Bagi afiliator, cara kerja afiliasi ini bisa dijadikan penghasilan pasif. Setelah membuat konten atau promosi, uang akan datang sendiri dari setiap konsumen yang melakukan pembelian dari kode referral atau link yang kalian bagikan.

- Jam Kerja Fleksibel

Sebagai afiliator, kalian tidak memiliki kontrak dengan perusahaan. Oleh karena itu, kalian jadi memiliki jam kerja yang fleksibel dan bisa diatur sendiri. Model promosi yang kalian lakukan pun bebas mengikuti kreativitas masing-masing. Semakin besar usaha kalian, peluang untuk mendapatkan penghasilan pun makin banyak.

- Kerja dari Rumah

Selain waktu, kalian juga punya kebebasan menentukan tempat bekerja. Kalian bisa melakukan promosi kode referral dari mana saja, seperti kantor, cafe, maupun rumah. Hal yang kalian perlukan hanya jaringan internet dan smartphone atau laptop. Bahkan, pekerjaan ini bisa dilakukan sambil bersantai.

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai arti afiliasi, cara kerja, dan keuntungannya dalam bisnis.

 

 

(kpl/gen/ans)

Topik Terkait