Arti Effort Beserta Contoh Penggunaannya dalam Kalimat dan Frasa Bahasa Inggris


Berita | Sabtu, 26 Maret 2022 12:33

Kapanlagi.com - Bahasa Inggris jadi salah satu bahasa asing yang paling banyak dipelajari. Di Indonesia, bahasa Inggris masuk dalam kurikulum pendidikan dan telah diajarkan sejak bangku sekolah dasar. Sehingga tak heran jika ada banyak kosakata dalam bahasa Inggris yang sudah cukup familiar di telinga. Dari banyaknya kosakata tersebut, effort adalah salah satunya. Kata ini mungkin sudah cukup sering kita dengar. Lantas, apa arti effort?


Selain lewat pelajaran di sekolah, kata effort mungkin juga sering kita jumpai dalam lirik lagu, dialog film, hingga teks di buku cerita. Pasalnya dalam bahasa Inggris, effort memang merupakan satu kata yang cukup umum dipakai di keseharian. Oleh sebab itu, penting bagi kita khususnya yang mempelajari bahasa Inggris untuk mengetahui arti effort.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan dan penjelasan tentang arti effort dalam bahasa Inggris yang penting untuk diketahui.

1 dari 4 halaman

1. Arti Effort dalam Kamus

(credit: unsplash)

Effort merupakan salah satu kosakata dalam bahasa Inggris. Maka dari itu, salah satu cara paling mudah untuk mengetahui apa arti effort adalah dengan mengeceknya di kamus. Menurut dictionary.cambridge.org, effort termasuk dalam kelas kata noun atau nomina (kata benda). 

Dalam kamus daring tersebut, kata effort diartikan the result of an attempt to produce something, especially when its quality is low or uncertain. Atau jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, kurang lebih artinya adalah 'usaha untuk menghasilkan sesuatu'.

Setali tiga uang dengan penjelasan tersebut, kamus daring bahasa Inggris - Indonesia sederet.com juga mengartikan kata effort sebagai 'usaha' atau 'upaya'.

 

 

2 dari 5 halaman

2. Contoh Kata Effort dalam Kalimat

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, dalam bahasa Inggris, effort termasuk kata yang cukup umum. Terbukti, kata ini cukup sering dipakai di percakapan sehari-hari. Untuk memahami arti effort lebih dalam beserta contoh penggunaannya di keseharian, langsung saja simak contoh-contoh kalimat berikut ini.

- Do you want to have a look at his exam paper? It's a fairly poor effort. (Apakah Anda ingin melihat kertas ujiannya ? Ini adalah upaya yang cukup buruk .)

- He hauled himself over the wall, grunting with the effort. (Dia menyeret dirinya ke dinding , mendengus dengan susah payah.)

- A considerable amount of time and effort has gone into this exhibition. (Banyak waktu dan usaha telah dihabiskan untuk pameran ini.)

- Everyone ought to make the effort to vote. (Setiap orang harus berusaha untuk memilih.)

 

 

3 dari 5 halaman

3. Effort dalam bentuk Frasa Bahasa Inggris

(credit: unsplash)

Selain sebagai kata yang digunakan dalam kalimat, arti effort juga sering dijumpai dalam bentuk frasa bahasa Inggris. Sebagai frasa, tertentu kata effort mempunyai arti yang sedikit berbeda. Berikut beberapa frasa dalam bahasa Inggris yang menggunakan kata effort.

- best effort : usaha terbaik

- conscious effort : upaya sadar

- considerable effort : cukup usaha; banyak upaya

- continued effort : terus melakukan usaha; melanjutkan upaya

- control efforts : upaya penanggulangan; kontrol usaha

- division of effort : divisi usaha

- helpful effort : membantu upaya; membantu usaha

- made an effort : membuat upaya

- made every effort : melakukan segala usaha; membuat setiap usaha

- made the effort : dibuat upaya; membuat usaha

- major effort : utama usaha; upaya besar

- make an effort : membuat sebuah usaha; membuat usaha

- make every effort : membuat setiap usaha

- make the effort : membuat upaya

- making an effort : membuat upaya

- making every effort : membuat setiap upaya; membuat setiap usaha

- sparing no effort : hemat tidak ada upaya; hemat tidak ada usaha

- total resisting effort : total menolak upaya; total melawan usaha

 

 

4 dari 5 halaman

4. Quotes tentang Effort

(credit: unsplash)

Dalam bahasa Inggris, kata effort bukan saja termasuk kata yang umum dipakai. Effort juga menjadi kata yang mempunyai daya. Oleh karena itu, tak heran jika arti effort sering kali terdapat dalam quotes yang menggugah semangat. Berikut beberapa quotes bahasa Inggris tentang effort.

1. "Success is dependent on effort." (Sukses tergantung pada usaha.) - Sophocles

2. "Effort is only effort when it begins to hurt." (Usaha hanyalah upaya ketika mulai menyakitkan.) - Jose Ortega y Gassett.

3. "Always make a total effort." (Selalu berusaha total.) - Arnold Palmer

4. "Make every effort matter, and always make the following effort better than the last one." (Buatlah setiap upaya berarti, dan selalu buat upaya berikutnya lebih baik dari yang terakhir.) - Hermann J Steinherr

5. "The best effort of a fine person is felt after we have left their presence." (Usaha terbaik dari orang baik dirasakan setelah kita meninggalkan kehadiran mereka.) - Ralph Waldo Emerson

6. "Effort only fully releases its reward after a person refuses to quit." (Usaha hanya melepaskan sepenuhnya hasilnya setelah seseorang menolak untuk berhenti.) - Napoleon Hill

7. "Failure is something many people take great efforts to avoid but failure is essential for growth and learning." (Kegagalan adalah sesuatu yang banyak orang berusaha keras untuk menghindarinya, tetapi kegagalan sangat penting untuk pertumbuhan dan pembelajaran.) - Maxwell Maltz

8. "The only thing that has kept me around is my effort." (Satu-satunya hal yang membuat saya bertahan adalah usaha saya.) - Ray Lewis

9. "For every disciplined effort there is a multiple reward." (Untuk setiap usaha yang disiplin, ada imbalan yang berlipat ganda.) - Jim Rohn

10. "In all human affairs there are efforts, and there are results, and the strength of the effort is the measure of the result." (Dalam semua urusan manusia ada upaya, dan ada hasil, dan kekuatan upaya adalah ukuran hasilnya.) - James Allen

Itulah di antaranya ulasan tentang penjelasan arti effort beserta contoh penggunaannya dalam kalimat hingga frasa. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan.

 

 

(kpl/gen/psp)

Topik Terkait