6 Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Lenovo dan Merk Lainnya, Ketahui Pula Penyebab Saat Lampu Tak Menyala

Diterbitkan:

6 Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Lenovo dan Merk Lainnya, Ketahui Pula Penyebab Saat Lampu Tak Menyala
Ilustrasi (Credit: Unsplash)

Kapanlagi.com - Perangkat elektronik terus mengalami perubahan seiring perkembangan teknologi. Salah satunya adalah keyboard pada laptop yang dilengkapi lampu. Lenovo pun menyediakan fitur lampu ini pada laptop. Sayangnya, tak semua orang mengetahui cara menyalakan lampu keyboard laptop Lenovo.

Padahal, keyboard yang dilengkapi dengan lampu ini bukan cuma aksesori saja. Terdapat fungsi yang bisa kalian nikmati jika mengetahui cara menyalakan lampu keyboard laptop Lenovo. Salah satunya yaitu bisa memudahkan proses mengetik meski kalian sedang berada di tempat yang gelap atau minim penerangan.

Meski begitu, kalian harus memeriksa dan memastikan seri laptop yang kalian miliki. Tak semua seri memiliki fitur lampu pada keyboard. Setelah memastikan, kalian bisa memanfaatkan fitur tersebut dengan mengikuti tata cara menyalakan lampu keyboard laptop Lenovo berikut ini.

 

1. Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Lenovo ThinkPad

Lenovo ThinkPad merupakan laptop yang diklaim cocok untuk kalangan pebisnis dan profesional. Pasalnya, laptop ini punya keunggulan berupa daya operasional yang tinggi. Laptop ini juga dilengkapi berbagai fitur, salah satunya lampu keyboard. Nah, jika kalian belum mengetahui cara menyalakan lampu keyboard laptop Lenovo ThinkPad, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

- Pertama, silakan buka dan nyalakan laptop Lenovo ThinkPad kalian.

- Setelah itu, tekan tekan tombol Fn + Spasi di keyboard secara bersamaan.

- Tombol tersebut merupakan kombinasi untuk menyalakan atau mematikan lampu latar keyboard.

- Selain itu, kalian juga bisa menggunakan kombinasi tombol Fn + PageUp di keyboard.

- Selesai dan lampu keyboard pun akan menyala.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Lenovo IdeaPad

IdeaPad merupakan salah satu lini laptop dari lenovo. Laptop ini punya keunggulan seperti performa yang optimal, stylish, fitur yang memadai, dan harga yang lebih terjangkau. Jika kalian sedang mencari cara menyalakan lampu keyboard laptop Lenovo IdeaPad, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

- Buka dan nyalakan laptop kalian terlebih dahulu.

- Selanjutnya, tekan tombol Fn + tombol Spasi di keyboard.

- Perhatikan ikon lampu pada tombol spasi, jika laptop kalian memiliki ikon tersebut, lampu keyboard pun akan menyala.

- Namun, jika gambar ikon lampu berada di tombol Esc, maka kalian perlu menekan tombol Fn + tombol Esc untuk menyalakan lampu latar keyboard.

 

3. Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Lainnya

Tak hanya cara menyalakan lampu keyboard laptop Lenovo, ada pula cara untuk menyalakan lampu keyboard untuk merk laptop lainnya. Berikut ini terdapat beberapa langkah yang bisa kalian ikuti sesuai dengan merk laptop yang dimiliki.

3. Laptop Asus Series TUF Gaming FX505GT i5 Gen 9

- Pertama nyalakan laptop kalian terlebih dahulu.

- Selanjutnya, tekan bersamaan kombinasi tombol keyboard FN + Page Up.

- Jika ingin mengubah lampu latar keyboard, kalian bisa tekan FN + Page Down.

- Lampu keyboard kalian pun akan menyala.

4. Laptop Asus Series Vivobook A 412 FL

Cara menyalakan lampu keyboard laptop untuk series bisa dikatakan lebih simpel dari sebelumnya. Kalian hanya perlu menekan tombol F7. Kalian pun bisa mengatur kecerahan dan mematikan lampunya dengan mudah. Selain tombol tersebut, ada pula kombinasi Fn + F4 untuk menyalakan dan kombinasi Fn + F3 untuk mengatur mode lampu keyboard.

5. Laptop HP

Tak semua series laptop HP memiliki fitur lampu keyboard. Oleh karena itu, kalian perlu memastikannya terlebih dahulu. Selanjutnya, kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

- Silakan buka dan nyalakan laptop HP kalian

- Selanjutnya, tekan tombol F5 pada keyboard.

- Jika lampu latar berhasil menyala, berarti laptop HP kalian dilengkapi dengan fitur backlight keyboard.

6. Laptop Acer

Laptop Acer juga memiliki fitur lampu keyboard yang bisa kalian nyalakan melalui langkah-langkah berikut ini. Namun, kalian juga harus memastikan fitur ini memang dimiliki oleh laptop yang digunakan.

- Pertama, tekan bersamaan tombol keyboard FN + F9.

- Jika berhasil lampu keyboard laptop ACER akan segera menyala.

 

4. Penyebab Lampu Keyboard Laptop Lenovo Tidak Menyala

Meski laptop kalian memiliki fitur, tetap ada kemungkinan tata cara menyalakan lampu keyboard laptop Lenovo seperti di atas tidak berfungsi. Hal-hal yang perlu kalian periksa saat mengalami hal tersebut antara lain:

- Driver. Pastikan semua driver terinstall dengan baik, terutama yang berhubungan dengan keyboard. Masalah pada hal tersebut bisa menyebabkan laptop tak mengenali perintah dari kombinasi yang kalian masukkan.

- Keyboard rusak. Cara menyalakan lampu keyboard laptop Lenovo bisa gagal jika perangkat keras atau keyboard kalian mengalami kerusakan. Solusinya adalah dengan memperbaiki atau mengganti keyboard tersebut. Kalian bisa meminta bantuan ke tempat service profesional.

Nah, KLovers, itulah beberapa cara menyalakan lampu keyboard laptop Lenovo yang bisa kalian ikuti dengan mudah.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending