Memahami Arti Save, Beserta Penggunaan dan Perbedaannya dengan Kata Safe


Berita | Senin, 7 Maret 2022 20:44

Kapanlagi.com - Kalian bisa menemukan atau mendengar istilah "save" di berbagai tempat dalam keseharian. Barangkali, kalian juga sudah mengenalnya cukup baik sejak masih belia, entah itu dalam percakapan atau dalam sistem komputer saat kalian ingin menyimpan dokumen. Namun, apa kalian sudah benar-benar paham dengan arti save yang sebenarnya?


Pasalnya, arti save bisa dipahami dalam beberapa konteks. Pengertian kata tersebut mengikuti konteks yang mengikuti kalimatnya. Secara singkat, save punya banyak arti, antara lain menyelamatkan, memungut, menghemat menyimpan, mengumpulkan, menabung, melindungi, dan memelihara. Save sendiri bisa dipahami sebagai kata kerja dalam kalimat. Namun, ada pula yang membuatnya menjadi kata benda. Seperti pada arti "penyelamatan" atau "tangkapan".

Nah, untuk memahami lebih jauh mengenai arti save, kalian perlu melihat berbagai contoh penggunaannya dalam berbagai kalimat. Selain itu, kalian juga perlu berhati-hati karena pengucapan "save" terkadang terdengar mirip dengan "safe". Dua istilah itu pun sama-sama populer dalam percakapan sehari-hari. Meski begitu, pengertian dan penggunaan istilah dua kata di atas sebenarnya sangat berbeda.

Safe sendiri didefinisikan sebagai aman atau terlindungi. Biasanya, kata ini diucapkan dengan menambahkan kata "stay" menjadi "stay safe". Kata tersebut diucapkan dengan tujuan untuk memberi imbauan kepada orang lain untuk senantiasa berhati-hati. Nah, jika kalian penasaran dengan penjelasan lebih lanjut, silakan simak informasi selengkapnya berikut ini.

1 dari 3 halaman

1. Arti Save

Ilustrasi (Credit: Unsplash)

Save merupakan istilah yang tak asing lagi dalam percakapan sehari-hari. Mungkin, kalian juga sudah cukup sering menggunakannya dalam percakapan atau sistem pada komputer. Arti save sendiri sebenarnya bisa bermacam-macam, tergantung konteks penggunaannya.

Save bisa dipahami sebagai kata kerja yang memiliki arti menyelamatkan, menghemat, memungut, menyimpan, menabung, mengumpulkan, melindungi, dan memelihara. Ada satu arti save yang merupakan kata benda, yakni tangkapan.

Jika merujuk pada pengertian pada Dictionary Oxford Languages, arti save adalah kondisi tetap aman atau menyelamatkan seseorang atau sesuatu dari bahaya. Selain itu, arti save juga bisa dipahami sebagai usaha untuk menyimpan (terutama uang) untuk digunakan di masa depan. "Menyisihkan" bisa dipakai sebagai sinonim untuk istilah ini.

 

2 dari 4 halaman

2. Penggunaan Save

Ilustrasi (Credit: Unsplash)

Setelah mengetahui arti save, kini kalian juga perlu memahami penggunaannya dalam suatu kalimat. Sudah dibahas pula jika ada beberapa arti yang disesuaikan dengan konteks tertentu. Nah, kalian bisa memperhatikan contoh kalimat dalam beberapa konteks berikut ini.

1. Menyelamatkan

- They saved a boy from drowning (Mereka menyelamatkan seorang anak laki-laki yang tenggelam).

- Wearing helmet has saved many lives (Memakai helm bisa menyelamatkan banyak nyawa)

- You have a chance to save yourself (Kamu memiliki kesempatan untuk menyelamatkan diri)

2. Menyimpan

- I save this file on your computer (Saya menyimpan file ini di komputermu)

3. Menabung

- He saved a lot of money from His salary (Dia menabung banyak uang dari gajinya).

4. Penyelamatan

- The keeper made a great save by his hand (Kiper melakukan penyelamatan hebat dengan tangannya).

 

3 dari 4 halaman

3. Perbedaannya dengan Safe

Ilustrasi (Credit: Unsplash)

Arti save sudah dibahas dengan cukup jelas pada ulasan di atas. Selanjutnya masuk pada pembahasan tentang "safe", istilah yang mirip, tapi punya arti berbeda. Arti safe sendiri adalah "aman", "selamat", "sejahtera", dan sebagainya. Mungkin kalian juga sudah cukup sering mendengar istilah ini dalam keseharian, "stay safe" misalnya.

Arti dari stay safe sendiri bisa dipahami sebagai tetaplah aman, terlindungi, berhati-hati, atau jaga diri. Kalian bisa mengucapkan kata-kata ini sebagai bentuk perhatian kepada seseorang. Pada konteks tersebut, kalian bisa mengartikannya sebagai imbauan atau doa agar orang tersebut tetap aman dan terlindungi dari segala mara bahaya.

Misalnya, kalian punya kenalan atau orang dekat yang sedang berada di kondisi sulit seperti bencana. Kalian bisa mengucapkan "stay safe" agar mereka tetap berusaha agar berada di posisi aman. Selain itu, kalian juga bisa mengucapkannya saat orang tersebut akan bepergian. Kalian bisa berpesan agar orang tersebut tetap hati-hati di jalan maupun saat berjauhan dengan mengucapkan "stay safe".

Tak hanya stay safe, ada kata-kata lain yang bisa kalian ucapkan untuk seseorang dalam kondisi seperti di atas. Maknanya pun sama, yakni doa atau imbauan agar tetap aman dan berhati-hati. Kata-kata tersebut antara lain:

1. Be safe.

2. Take care of yourself.

3. Take care.

4. Be careful.

5. Be healthy.

6. Be fine.

7. Take good care of yourself.

8. Be well.

9. Stay calm.

10. Stay healthy.

11. Stay good.

12. Stay well-rested.

13. Stay well-nourished.

14. Watch your back.

15. Take care of yourselves.

KLovers, itulah penjelasan mengenai arti save, contoh penggunaan, serta perbedaannya dengan safe yang perlu kalian pahami dalam kehidupan sehari-hari.

 

(kpl/gen/ans)

Topik Terkait