ADVERTORIAL

Meski Berpenghasilan Sedikit, Tapi Kamu Tetap Bisa Berkurban Lho! Begini Tipsnya


Plus | Sabtu, 24 Juni 2023 00:01

Kapanlagi.com - Selain Lebaran, Hari Raya Idul Adha menjadi hari besar lainnya yang dirayakan oleh umat Muslim. Nah, salah satu kegiatan khusus yang dilakukan pada hari raya ini adalah menyembelih hewan kurban, seperti kambing atau sapi. Kegiatan ini sendiri dilakukan sebagai bentuk pengorbanan dan kepedulian terhadap sesama dengan cara berbagi.

Meskipun perayaan ini biasanya ditujukan bagi kaum yang mampu saja, namun bukan berarti orang-orang yang memiliki penghasilan sedikit nggak bisa ikut serta dalam berkurban. Nyatanya, hal tersebut tetap bisa dilakukan apabila kamu mengikuti beberapa tips berikut ini. Apa saja?


Tentukan Hewan Kurban Dulu

Credit: Shutterstock

Di Indonesia sendiri, sapi dan kambing menjadi hewan kurban yang paling umum. Satu ekor sapi Jawa dengan bobot sekitar 200-350 kg biasanya dibandrol dengan harga sekitar Rp14 juta. Harga ini merupakan yang paling murah dibandingkan dengan jenis sapi kurban lainnya. Namun, kisaran tersebut tentu saja masih terbilang mahal, apalagi untuk orang-orang yang berpenghasilan kecil.

Namun, jika ingin membeli hewan kurban dengan harga yang lebih rendah, maka kambing bisa menjadi opsi terbaiknya. Satu ekor kambing memiliki harga standar sekitar Rp1,8 - 2 Juta untuk bobot 23-25 kilogram. Harga ini tentu lebih terjangkau dibandingkan dengan satu ekor sapi. Tapi, keputusan dalam memilih hewan kurban ini tentunya kembali lagi kepada kamu. Jika memang mampu, maka bisa banget memilih sapi. Namun jika nggak, kambing pun bukan pilihan yang buruk untuk diambil.

Cari Teman yang Bisa Diajak Patungan

Credit: Shutterstock

Setelah memutuskan hewan kurban yang akan dibeli, maka tips selanjutnya yang bisa dicoba adalah mengajak orang-orang terdekat seperti teman atau keluarga untuk berpatungan. Metode ini memang sangat disarankan, lebih-lebih bagi kamu yang memiliki pemasukan kecil. Ini karena, biaya membeli hewan kurban bisa terasa lebih murah bila dilakukan dengan orang banyak.

Misalnya saja kamu membeli sapi Madura berukuran standard dengan bobot 225-350 kg, maka biaya yang harus dikeluarkan biasanya sekitar Rp19-24 juta per ekornya. Nah, jika dibagi dengan 7 orang, harga tersebut pun bisa lebih terjangkau, yaitu sekitar Rp2,5-3,5 juta saja per orang. Untuk itu, carilah orang-orang yang bisa diajak berpatungan, ya.

Sisihkan Uang Setiap Hari

Credit: Shutterstock

Tips berkurban selanjutnya adalah menyisihkan uang setiap hari dalam periode tertentu. Ini bisa diterapkan apabila kamu sudah mengetahui berapa banyak yang diperlukan untuk membeli hewan kurban. Dengan menyisihkan pemasukan setiap harinya, dana berkurban yang tadinya terbilang besar bisa sedikit demi sedikit tertutupi.

Misalnya saja kamu menabung setiap hari sebesar Rp10 ribu setiap harinya. Jika dihitung-hitung, uang tersebut akan terkumpul sebesar Rp3,6 juta dalam setahun. Besaran dana ini sudah lebih dari cukup untuk membeli seekor kambing atau 1/6 sapi yang dikurbankan.

Cari Lembaga yang Amanah untuk Menyalurkan Dana Berkurban

Credit: DANA

Dalam menyalurkan dana berkurban, kamu tentunya akan memerlukan sebuah lembaga yang amanah dan bisa dipercaya seperti Dompet Dhuafa. Menariknya, membayar kurban lewat Dompet Dhuafa ini bisa lho dilakukan dengan lebih praktis menggunakan aplikasi DANA.

Bukan cuma itu saja, caranya pun juga terbilang praktis. Cukup pilih Dompet Dhuafa di Semua Layanan. Kemudian Tap Kurban. Setelah itu, pilih jenis Kurban yang kamu inginkan. Masukin detail informasi & tap Kurban Sekarang. Selesaikan pembayaran & selesai deh!

Yuk, download aplikasi DANA sekarang juga agar berkurban bagi sesama bisa semakin mudah terwujud.

(kpl/glo)

Topik Terkait