Panduan Bacaan Niat dan Doa Setelah Wudhu, Ketahui Juga Tata Cara Berwudhu yang Benar


Berita | Selasa, 12 Maret 2024 15:55

Kapanlagi.com - Wudhu atau membersihkan diri sebelum melaksanakan ibadah, merupakan praktik penting dalam agama Islam. Wudhu berisi serangkaian prosesi membasuh sejumlah bagian tubuh seperti wajah, tangan, kepala, dan kaki. Wudhu dilakukan dengan tujuan untuk membersihkan atau menyucikan diri hadas kecil sebelum melakukan sholat. Selain berwudhu secara benar, umat muslim juga dianjurkan untuk membaca doa setelah wudhu.


Merupakan amalan yang dianjurkan, doa setelah wudhu adalah sarana mengharap keberkahan usai menyempurnakan bersuci. Rasulullah SAW mengajarkan keutamaan membaca doa setelah wudhu, di antaranya akan dibukakan pintu surga. Doa setelah wudhu terdapat dua variasi yaitu panjang dan pendek. Keduanya sama-sama memiliki kemuliaan, sehingga bisa dipraktikkan di kehidupan sehari-hari.

Melakukan wudhu dengan tata cara yang benar sudah merupakan sebuah ibadah yang memiliki banyak keutamaan. Ditambah dengan membaca doa setelahnya, seorang Muslim memperoleh nilai tambah dalam amal ibadahnya. Untuk itu, berikut bacaan doa setelah wudhu.

1 dari 5 halaman

1. Tata Cara Wudhu

Tata Cara Wudhu (credit: unsplash)

Wudhu bukan hanya ritual pembersihan tetapi juga langkah menuju ketenangan spiritual. Dengan wudhu, sholat diyakini bisa menjalani sholat lebih fokus dan tenang. Seperti yang disebutkan di awal, bahwa wudhu dilakukan dengan membasuh beberapa bagian tubuh. Setiap bagian tubuh yang dibasuh ketika wudhu harus dilakukan secara berurutan.

Berikut tata cara wudhu dari awal sampai akhir:

  1. Membaca niat
  2. Membasuh telapak tangan 3 kali hingga ke sela-sela jari.
  3. Berkumur 3 kali.
  4. Membersihkan lubang hidung 3 kali.
  5. Membasuh muka.
  6. Membasuh keduatangan hingga siku sebanyak 3 kali.
  7. Mengusap ubun-ubun kepala 3 kali.
  8. Membersihkan kedua telinga masing-masing sebanyak 3 kali.
  9. Mencuci kaki sampai mata kaki ataupun betis, termasuk sela-sela jari di kaki kanan dan kiri sebanyak tiga kali.
  10. Membaca doa setelah wudhu.
2 dari 6 halaman

2. Syarat Sah dalam Wudhu

Selain melakukannya secara berurutan, dalam wudhu juga terdapat beberapa syarat sah wudhu yang harus ditepati. Tanpa memenuhi syarat sah tersebut, wudhu yang dilakukan bisa dinyatakan batal atau tidak sah. Berikut beberapa syarat sah dalam wudhu:

- Beragama Islam.

- Tidak berhadas besar, karena wudhu hanya akan menghilangkan hadas kecil.

- Menggunakan air yang suci dan menyucikan

- Tidak ada yang menghalangi sampainya air ke kulit, seperti getah dan sebagainya yang melekat di atas kulit anggota wudhu.

- Tamyiz atau dapat membedakan hal-hal yang baik dan hal-hal yang buruk

3 dari 6 halaman

3. Bacaan Niat Wudhu

Bacaan Niat Wudhu (credit: unsplash)

Dalam tata cara wudhu, tahapan pertama di awali dengan membaca niat. Maka dari itu, sebelum mengetahui doa setelah wudhu, penting juga untuk tahu bacaan niatnya. Dengan membaca niat, wudhu yang dilakukan bisa lebih khidmat dan berkah. Berikut adalah bacaan niat wudhu:

"Nawaitul wudhuu-a liraf'll hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta'aalaa."

Artinya:

"Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardhu karena Allah."

4 dari 6 halaman

4. Doa Setelah Wudhu versi Panjang

Doa Setelah Wudhu versi Panjang(credit: unsplash)

Seperti yang disebutkan di awal, bahwa doa setelah wudhu terdapat dua versi, yaitu versi panjang dan singkat. Kedua doa setelah wudhu mempunyai makna yang mulia mengandung kalimat yang lengkap, mencakup pengakuan syahadat, permintaan untuk dijadikan termasuk orang yang bertobat, dan menyucikan diri, serta pujian kepada Allah SWT dan permintaan ampunan.

Doa ini juga memuat permohonan akan kesucian spiritual, sehingga tidak hanya sekadar mensucikan anggota badan yang dibasuh saat berwudhu. Keutamaan membaca doa setelah wudhu ini pun berbuah pahala dan keberkahan dalam ibadah. Berikut adalah buni bacaan wudhu versi panjang:

"Ashhadu al-la ilaha illa-llah wahdahu la syarika lahu, wa ashhadu anna Muhammadan 'abduhu wa Rasuluhu. Allahummaj'alnii minat-tawwabina waj'alnii minal-mutathahhirin."

Artinya:

"Aku bersaksi bahwatidak adatuhan yang berhak disembah selain Allah semata, tidak adasekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwaMuhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang banyak bertobat, dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang suci."

5 dari 6 halaman

5. Doa Setelah Wudhu versi Pendek

Doa setelahwudhu yang pendek tak alah mulia dari versi yang panjang. Doa setelah berwudhu versi yang pendek lebih praktis dan padat. Berikut bacaan doasetelah wudhu versi pendek:

"Allahummaj'alnii minat-tawwabina waj'alnii minal-mutathahhirin."

Artinya:

"Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertobat dan menyucikan diri."

Itulah di antaranya ulasan terkait bacaan niat dan doa setelah wudhu, beserta panduan tata caranya. Semoga bermanfaat, bisa menambah wawasan agama, dan meningkatkan keimanan sebagai seorang muslim. Amin.

(kpl/psp)