Pasca Erupsi Gunung Semeru, Terobos Zona Merah Kajar Kuning Demi Harta Berharga


Berita | Minggu, 18 Desember 2022 17:12

Kapanlagi.com - Pasca erupsi Gunung Semeru, warga terus melakukan upaya untuk menyelamatkan sisa barang serta perabotan rumah tangga. Proses evakuasi barang cukup menantang mengingat status Kajar Kuning saat ini memasuki zona merah bencana.


Pantauan di Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, terlihat warga sedang sibuk menyelamatkan barang berharganya. Mulai dari kasur, tikar, kursi, lemari bahkan perabotan dapur sekalipun.

1 dari 3 halaman

1. Proses Evakuas

Kondisi Dusun Kajar Kuning yang sebagian tenggelam material erupsi membuat proses evakuasi memaksa warga menahan butiran abu vulkanik.

Mirsan, salah seorang warga mengaku nekat menerobos kepulan abu vulkanik untuk menuju rumahnya. Ia mengaku tidak punya harta lain selain di huniannya di daerah itu. Sebab, sehari sebelumnya dia sudah mendapat kunci hunian relokasi dan masih belum terisi perabotan.

Aslinya ya takut (dengan material abu vulkanik), tapi ya gimana perabotan rumah saya di Kajar Kunin semua, kata Mirsan

2 dari 4 halaman

2. Tetap Waspada

Meski begitu, ia tetap waspada saat melintasi jembatan Kajar Kuning yang terselimuti abu vulkanik untuk menuju rumahnya. Ia tetap memakai masker untuk, melindungi diri dari kepulan material erupsi yang masih menyengat.

Alhamdulillah ada sebagian barang sudah dibawa, tadi mau ambil lagi sudah tidak boleh sama petugas. Katanya sudah mulai gerimis dan bahaya, ujarnya.

3 dari 4 halaman

3. Dilakukan Penjagaan

Sementara itu, hingga kini wilayah Dusun Kajar Kuning tetap dilakukan penjagaan oleh petugas gabungan. Orang yang diperbolehkan melintas hanya bagi warga setempat untuk mengevakuasi barang-barang mereka.

Saat ini, petugas dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur - Bali tengah melakukan pembukaan jalur yang diperuntukkan bagi warga yang akan melakukan evakuasi barang.

(kpl/dar/dyn)