Rumah Digital Indonesia Resmi Diluncurkan, Jadi Cara Seru Rayakan Bulan Kemerdekaan di Masa Pandemi


Berita | Minggu, 1 Agustus 2021 18:38
Editor : Jeffrey Winanda

Kapanlagi.com - Memasuki bulan Agustus di tiap tahunnya memang identik dengan keseruan momen perayaan kemerdekaan. Seperti dekorasi kompleks rumah bernuansa merah putih, aneka lomba, dan perayaan kemerdekaan lainnya.


Tapi, keseruan dalam merayakan bulan kemerdekaan menjadi berbeda saat pandemi melanda. Tentu saja momen lomba kemerdekaan dan lainnya harus nggak lagi dilakukan secara langsung dan berkerumun demi mencegah penularan virus Corona.

Oleh sebab itu, Pemerintah resmi meluncurkan Rumah Digital Indonesia (RDI) dalam rangka menyemarakkan kemerdekaan di tengah masa pandemi. Dalam momen peresmiannya pada hari Minggu (1/8), Presiden Joko Widodo mengatakan jika Rumah Digital Indonesia ini menjadi wadah yang tepat untuk merayakan bulan kemerdekaan di tahun ini.

"Dalam suasana pandemi sekarang ini, kita merayakannya dengan cara yang berbeda. Kita akan lebih merayakannya dalam dunia virtual yang kita sebut Rumah Digital Indonesia," ujar Presiden Jokowi.

1 dari 3 halaman

1. Banyak Kegiatan Seru di Rumah Digital indonesia

Dalam Rumah Digital Indonesia, seluruh masyarakat Tanah Air bisa berpartisipasi aktif dengan melakukan berbagai kegiatan, seperti lomba khas 17-an berbasis online, hingga menikmati berbagai kesenian dan budaya khas daerah Indonesia. Nggak cuma itu, masyarakat juga bisa berinteraksi satu sama lain, berbelanja produk UMKM dari 34 provinsi, hingga bergotong royong membantu sesama lewat berbagai ruang di Rumah Digital Indonesia.

"Ini adalah sebuah ruang digital sebagai wadah partisipasi dan kebersamaan dalam merayakan bulan kemerdekaan," kata Presiden.

2 dari 4 halaman

2. Hadir Selama Bulan Kemerdekaan, Jadi Momentum yang Tepat untuk Lebih Mengenal Indonesia

(c) Rumah Digital Indonesia

Staf Khusus Presiden yang juga Ketua Bidang Pengembangan Konten Rumah Digital Indonesia yaitu Putri Tanjung mengatakan jika RDI bakal hadir sebulan penuh. Masyarakat bisa mengaksesnya melalui www.rumahdigitalindonesia.com

Putri juga menyampaikan jika Rumah Digital Indonesia adalah media yang tepat untuk menjelajahi berbagai keindahan alam serta budaya Nusantara. "Di Rumah Digital Indonesia, kita bisa merayakan kemerdekaan tanpa ada sekat, bisa berkolaborasi membuat karya, dan belajar lebih mengenal Indonesia dengan segala kekayaan ragam budaya dan keindahannya," tutur Putri.

Sementara itu, Menteri Sekertaris Negara Pratikno mengatakan jika rangkaian jalannya perayaan kemerdekaan RI masih tetap seperti sebelumnya. Mulai dari doa kebangsaan, pidato kenegaraan, hingga upacara detik-detik proklamasi juga akan disaksikan di Panggung Nasional RDI.

Pemerintah masih menjalankan upacara digelar minimalis sesuai protokol kesehatan ketat, masyarakat berpartisipasi secara daring. Jadi keramaiannya di dunia virtual. Di Rumah Digital Indonesia itu, kegiatan luring bisa disaksikan secara daring, kata Pratikno.

3 dari 4 halaman

3. Masyarakat Bisa Berpartisipasi Lewat Konten Video

Buat para kreator konten, ini saat yang tepat untuk unjuk gigi. Di Rumah Digital Indonesia, kamu bisa mengirimkan konten video menarikmu dengan tema "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh".

Konten video bisa berupa menyanyikan lagu nasional hingga lagu daerah, pembacaan puisi, menari, memainkan drama atau bermonolog, serta ide-ide perayaan kemerdekaan kreatif lainnya seperti TikTok dengan durasi minimal satu menit. Video ciptaanmu akan ditampilkan di berbagai panggung dan ruang yang terdapat di Rumah Digital Indonesia.

Segera bikin karya menarikmu, dan kirimkan ke tautan http://bit.ly/joinvideokreasiHUTRI76. Batas pengirimannya masih sampai 20 Agustus 2021, jadi masih ada waktu buat bikin video terbaik versimu.

Melalui Rumah Digital Indonesia ini, perayaan bulan kemerdekaan bakal tetap meriah meskipun dilangsungkan secara virtual.

(kpl/jef)
Read More