Rayakan Kemerdekaan Virtual, Yuk Eksplor Keseruannya di Rumah Digital Indonesia

Jum'at, 30 Juli 2021 00:01 Penulis: Wuri Anggarini
Rayakan Kemerdekaan Virtual, Yuk Eksplor Keseruannya di Rumah Digital Indonesia
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Tinggal menghitung hari nih menuju detik-detik perayaan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76. Kalau tahun-tahun sebelumnya sudah dibuat sibuk dengan persiapan berbagai lomba 17-an dan festival rakyat, lagi-lagi sekarang harus kembali dirayakan di rumah saja.

Sudah mulai kangen dengan meriahnya perayaan HUT kemerdekaan RI yang penuh suka cita? Di rumah aja nggak bikin kamu mati gaya, karena serunya perayaan kemerdekaan bisa dinikmati secara virtual di Rumah Digital Indonesia (RDI).

Ini dia perayaan kemerdekaan virtual pertama dan terbesar yang bakal menemanimu selama 1 bulan penuh, yaitu mulai 1 - 31 Agustus 2021. Nantinya akan ada 2 acara utama, yaitu Acara Pembuka dan Acara Puncak Perayaan Kemerdekaan. Kepoin dulu bocoran berbagai kegiatan yang dihadirkan Rumah Digital Indonesia, yuk!

Panggung Nasional

Total ada 7 program yang akan mengisi kemeriahan Rumah Digital Indonesia selama satu bulan penuh di bulan Agustus mendatang. Yang pertama adalah Panggung Nasional, yaitu panggung utama RDI yang akan menjadi spot berlangsungnya puncak perayaan kemerdekaan Republik Indonesia. Ada beberapa acara yang akan berlangsung di panggung ini. Dimulai dari 1 Agustus 2021 yang menjadi agenda Pembukaan oleh Presiden RI Joko Widodo, Bincang Bangsa bersama Putri Tanjung, dan Konser Kolaborasi Nusantara bersama Nadin Amizah, Teddy Adhitya, Idgitaf, Bilal Indrajaya, Adrian Khalif, dan SIVIA. 

(c)Instagram/rumahdigitalindonesia.id (c)Instagram/rumahdigitalindonesia.id

Selanjutnya di tanggal 16 Agustus 2021, Panggung Nasional akan menampilkan upacara detik-detik proklamasi, Pidato Kenegaraan, Selebrasi Kemerdekaan, dan Komedi Lokal bersama Yura Yunita, Budi Doremi, Jemima Cita, Putri Ariani, Indra Jegel, Arief Brata, dan masih banyak lagi.

Arena Lomba 17an

Buat yang kangen dengan lomba 17an yang biasa diikuti setiap tahun, kamu bisa ikutan secara virtual di Rumah Digital Indonesia, lho. Di sini ada Arena Lomba 1-7an di mana mastarakat bisa ikutan berbagai lomba khas HUT Kemerdekaan, seperti makan kerupuk, balap karung, tarik tambang, hingga panjat pinang secara virtual. Nah, penasaran kan gimana gregetnya lomba virtual ini nanti? So, pastikan kamu berpartisipasi ya!

Ruang Seni dan Budaya

Khusus program ini, kamu bisa menikmati berbagai konten kesenian yang kental dengan nuansa budaya Indonesia dari masyarakat umum. Berbagai konten akan dihadirkan seperti tarian nuansa nasional dan kedaerahan, pembacaan puisi & syair, pertunjukan teater/drama/monolog, film pendek, hingga penampilan musik nuansa daerah dan nasional.

Ruang Komunitas

(c)Instagram/rumahdigitalindonesia.id (c)Instagram/rumahdigitalindonesia.id

Program lain yang dihadirkan dalam Rumah Digital Indonesia adalah Ruang Komunitas, yang menjadi tempat untuk menikmati berbagai konten perayaan unik. Misalnya saja segmen Cerita Kemerdekaan yang melibatkan partisipasi masyarakat. Nggak hanya itu, kamu juga bisa ikutan eksis di media sosial dengan mengakses fitur filter foto perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 dan filter Rumah Digital Indonesia. Posting keseruannya dan ajak juga teman-teman yang lain buat ikutan biar bisa menikmati perayaan kemerdekaan virtual ini.

Pasar Lokal

Selain lomba dan festival, perayaan kemerdekaan biasanya dibuat makin seru dengan kehadiran bazaar untuk berbelanja. Nah, kegiatan yang sama ini juga akan hadir di Rumah Digital Indonesia, lho. Lewat program Pasar Lokal, ada bazaar virtual berbagai produk UMKM unggulan dari 34 provinsi yang terhubung dengan marketplace karya anak bangsa. Bikin makin bangga menggunakan produk buatan Indonesia!

Ruang Literasi Digital

Selain menghadirkan berbagai kemeriahan perayaan kemerdekaan, Rumah Digital Indonesia juga menghadirkan konten edukasi dalam Ruang Literasi Digital. Di sini, ada berbagai konten yang mengajak generasi masa kini memanfaatkan internet untuk kegiatan positif dan produktif. Jadi, bisa mewujudkan ruang digital yang menyenangkan, inspiratif, tetap aman dan beretika di tengah berbagai konten negatif yang muncul seperti penipuan digital, penyebaran hoaks, perjudian online, perundungan, kecanduan, dan tantangan lainnya.

Petualangan Nusantara & Wajah Indonesia

Pandemi bikin nggak bisa ke mana-mana. Wajar kalau mulai kangen traveling ke berbagai destinasi cantik di Indonesia. Saatnya obati kerinduan dengan mengunjungi program Petualangan Nusantara & Wajah Indonesia yang akan hadir di Rumah Digital Indonesia. 

Di program ini, ada peta interaktif dengan berbagai informasi per provinsi. Mulai dari destinasi wisata, kuliner khas daerah dan Wajah Indonesia sebagai sosok pahlawan lokal yang telah berbuat sesuatu dan memberikan dampak untuk daerahnya. Sambil menjelajah Petualangan Nusantara & Wajah Indonesia, banyak pengetahuan baru yang bisa didapat. Kamu juga bisa sekalian bikin wishlist traveling setelah kondisinya membaik, lho. 

Arena Virtual Rumah Digital Indonesia (c) Rumah Digital Indonesia Arena Virtual Rumah Digital Indonesia (c) Rumah Digital Indonesia

Wah, ternyata ada banyak keseruan yang bakal hadir dalam perayaan kemerdekaan virtual bersama Rumah Digital Indonesia. So, pastikan catat jadwalnya biar nggak ketinggalan. Rumah Digital Indonesia akan hadir mulai 1-31 Agustus 2021. Acara Pembuka akan hadir pada 1 Agustus 2021 jam 15.00 WIB. Sementara itu, Acara Puncak Perayaan Kemerdekaan akan berlangsung pada 16 Agustus 2021 jam 19.00 WIB. 

Semua kegiatan Rumah Digital Indonesia digelar secara virtual dan bisa diakses langsung di rumahdigitalindonesia.id yang bisa dikunjungi secara gratis mulai 1-31 Agustus 2021. Set reminder di ponsel kamu, jangan sampai ketinggalan ya, KLovers!

 

 

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI