Rumah Tusuk Sate Menurut Primbon Jawa, Ketahui Mitos dan Cara Mengatasinya


Berita | Selasa, 7 Maret 2023 10:44

Kapanlagi.com - Apa yang di maksud rumah tusuk sate? Rumah tusuk sate menurut primbon Jawa adalah rumah yang posisinya terletak di tengah jalur pertigaan jalan.


Rumah tusuk sate menurut primbon Jawa dipercaya memiliki beberapa mitos buruk. Mulai dari mempengaruhi keharmonisan rumah tangga, penghambat rezeki, hingga tempat berkumpulnya energi negatif.

Meski begitu, ada sejumlah hal yang bisa kalian lakukan untuk mengatasinya. Penasaran dengan penjelasan mengenai rumah tusuk sate menurut primbon Jawa? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

1. Rumah Tusuk Sate Menurut Primbon Jawa

Ilustrasi (Credit: Unsplash)

Bagi kalian yang tinggal di Jawa, kemungkinan sudah tak asing lagi dengan istilah rumah tusuk sate. Namun, apa sih pengertian rumah tusuk sate menurut primbon Jawa? Hal ini berkaitan dengan posisi rumah tersebut.

Rumah tusuk sate yang terletak di tengah jalur pertigaan jalan, posisinya tepat berada di ujung. Rumah tusuk sate dapat dilihat seperti memotong salah satu jalur sehingga terlihat seperti jalan buntu. Nah, menurut masyarakat Jawa, posisi rumah tersebut dipercaya dapat membawa kesialan bagi penghuninya.

Pasalnya, rumah tersebut dianggap sebagai tempat terkumpulnya energi negatif di pemukiman tersebut. Selain itu, letak rumah itu juga diyakini sebagai tempat jin atau makhluk jahat berkumpul.

Oleh karena itu, primbon juga memiliki aturan lokasi saat seseorang akan membuat perencanaan pembangunan rumah, termasuk saat memilih letak tanah yang akan digunakan.

 

2 dari 4 halaman

2. Mitos Rumah Tusuk Sate

Ilustrasi (Credit: Unsplash)

Masih berkaitan dengan penjelasan di atas, ada kepercayaan mengenai mitos rumah tusuk sate menurut primbon Jawa yang juga menarik untuk dipelajari. Pemaparan lebih detail terkait keharmonisan penghuninya, rezeki, dan lain sebagainya bisa kalian simak di bawah ini.

1. Mengganggu Keharmonisan Keluarga

Lokasi rumah yang berada di persimpangan jalan bisa menghasilkan suasana panas. Hal ini terjadi saat cahaya matahari lebih mudah masuk karena tak ada penghalang di area depan.

Melansir Liputan6.com, terdapat sebuah penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari University of California yang menyebutkan bahwa panas bisa membuat orang lebih mudah emosi dan marah. Hal ini bisa menjadi salah satu faktor pengganggu keharmonisan keluarga.

2. Rentan Sakit

Merujuk pada feng shui, aliran 'chi' pada rumah tusuk sate sangat kuat. Hal itu bisa membawa dampak buruk dan membuat penghuni rumah menjadi rentan terkena penyakit.

Rumah yang berada di persimpangan 3 jalan memiliki aliran angin yang sangat kuat. Hal itu membuat debu dan kotoran pun menjadi lebih cepat masuk. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari penempatan pintu atau jendela tepat di persimpangan.

3. Rawan Kecelakaan

Mitos lain yang dimiliki oleh rumah tusuk sate menurut primbon Jawa adalah rawan kecelakaan. Salah satu kasus yang mungkin terjadi adalah saat rem blong akan langsung menabrak rumah yang lokasinya berada di ujung jalan tanpa pembatas. Hal ini bisa dicegah atau diatasi dengan membuat pagar atau kolam di depan rumah.

4. Angker

Masih ada kepercayaan bahwa rumah tusuk sate menurut primbon Jawa itu angker. Jika merujuk ke feng shui, hal ini masih berkaitan dengan energi 'chi'. Energi ini bisa menarik perhatian hantu dan makhluk halus lainnya.

 

3 dari 4 halaman

3. Cara Mengatasi Rumah Tusuk Sate

Ilustrasi (Credit: Unsplash)

Terlepas dari mitos buruk rumah tusuk sate menurut primbon Jawa, tetap ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk mengatasinya. Terlebih, rumah dengan posisi tersebut juga dipercaya punya kelebihan, terutama yang berkaitan dengan usaha dagang. Penjelasan lebih lengkap bisa kalian simak di bawah ini.

1. Kalian bisa membangun tempat dagang di depan rumah. Pasalnya, rumah tusuk sate berpotensi ramai karena menjadi pertemuan tiga jalur jalan. Dengan begitu, kalian bisa mendapatkan keuntungan secara materi dari rumah ini.

2. Kalian bisa membangun pagar pembatas di bagian depan rumah. Hal ini bisa berfungsi untuk menolak energi negatif seperti angin, debu, dan niat jahat maling.

3. Tak hanya pagar pembatas, kalian juga bisa menanam pohon besar di depan rumah. Pohon yang rindang akan membuat energi negatif bisa terserap ke dalam pohon sebelum mencapai rumah. Hal itu juga akan membantu kalian dalam menciptakan pencahayaan yang baik di rumah.

4. Terdapat pilihan lain untuk menangkal energi negatif di rumah tusuk sate. Kalian bisa menggunakan pohon bambu kuning dan meletakkan cermin di depan rumah.

5. Masih ada satu lagi cara mengatasi rumah tusuk sate menurut primbon Jawa, yakni dengan mengubah posisi pintu agar tidak langsung menghadap ke jalan. Kalian bisa menggesernya atau mengubah secara total. Mengenai hal ini, kalian juga bisa merujuk ilmu feng shui untuk menghindari energi negatif yang kemungkinan besar bisa masuk rumah.

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai rumah tusuk sate menurut primbon Jawa beserta cara mengatasi yang perlu kalian ketahui.

 

(kpl/gen/ans)

Topik Terkait