Seni Drama: Pengertian Secara Umum hingga Menurut Ahli, Beserta Ciri-Cirinya


Berita | Kamis, 23 Februari 2023 11:33

Kapanlagi.com - Seni merupakan sebuah penghibur yang memiliki banyak sekali jenisnya. Salah satu karya seni yang saat ini masih begitu banyak dipilih ada seni drama.


Ya, seni drama merupakan salah satu karya sastra yang sudah ada cukup lama dan masih bertahan hingga saat ini. Nah, bagi KLovers yang ingin memahami seni drama, maka bisa baca artikel ini.

Ada penjelasan pengertian seni drama secara umum, pengertian seni drama menurut ahli, hingga ciri-ciri dari seni drama itu sendiri. Yuk, langsung saja dicek KLovers.

1 dari 3 halaman

1. Pengertian Seni Drama

Ilustrasi (credit: pexels.com)

Pengertian seni drama merupakan bagian dari bentuk karya sastra berisi cerita tentang kehidupan yang ditunjukkan dalam bentuk tindakan atau perbuatan. Sementara itu, drama sendiri biasanya diperankan oleh seseorang yang disebut aktor atau aktris.

Berdasarkan sejarah seni drama dapat dipahami sebagai suatu perbuatan atau tindakan yang ditulis dan selanjutnya digunakan dalam pementasan di sebuah panggung. Seiring perkembangan zaman, drama tidak hanya terbatas dipentaskan antar panggung saja, seperti film, televisi, drama radio, dan lain sebagainya.

Seni drama merupakan sebuah karya sastra yang paling tua dan bertahan hingga sekarang. Dan menurut etimologi, istilah seni drama berawal dari bahasa Yunani yaitu "draomai", yang mana memiliki arti sebagai yang berbuat, berlaku, bertindak, dan beraksi.

 

2 dari 4 halaman

2. Pengertian Seni Drama Menurut Ahli

Ilustrasi (credit: pexels.com)

Tidak hanya pengertian seni drama secara umum saja, namun KLovers juga bisa mengetahui tentang pengertian seni drama menurut para ahli. Dan berikut ini penjelasan tentang seni drama menurut para ahli tersebut:

1. Seni Handayani

Pengertian seni drama menurut Seni Handayani adalah bentuk komposisi berdasarkan dua cabang seni, seni sastra dan seni pertunjukan sehingga drama dibagi menjadi dua, yaitu drama dalam bentuk teks tertulis dan drama dipentaskan.

2. Wildan

Pengertian seni drama menurut Wildan adalah komposisi berdasarkan beberapa cabang seni, sehingga drama dibagi menjadi dua, yaitu drama dalam bentuk teks tertulis dan drama dipentaskan.

3. Anne Civardi

Pengertian seni drama menurut Anne Civardi adalah sebuah kisah yang diceritakan melalui kata-kata dan gerakan.

4. Moulton

Pengertian seni drama menurut Moulton adalah kisah hidup digambarkan dalam bentuk gerak (disajikan langsung dalam tindakan).

5. Balthazar Vallhagen

Pengertian seni drama menurut Balthazar Vallhagen adalah seni yang menggambarkan alam dan sifat manusia dalam gerakan.

6. Ferdinand Brunetierre

Pengertian seni drama menurut Ferdinand Brunetierre yaitu harus melahirkan keinginan oleh aksi atau gerakan.

7. Budianta dkk (2002)

Pengertian seni drama adalah genre sastra yang menunjukkan penampilan fisik secara lisan setiap percakapan atau dialog antara pemimpin di sana.

8. Tim Matrix Media Literata

Pengertian seni drama adalah bentuk narasi yang menggambarkan kehidupan dan alam manusia melalui perilaku (akting) yang dipentaskan.

9. Kasim Achamd

Seni drama yaitu ekspresi kesenian yang memperagakan suatu cerita dalam suatu pertunjukan yang menggunakan laku dan dialog sebagai alat ungkapnya.

10. Sudjiman

Pengertian seni drama adalah karya sastra yang bertujuan menggambarkan kehidupan dengan mengemukakan pertikaian dan emosi lewat perlakuan dan dialog.

11. W.s. Rendra

Pengertian seni drama atau sandiwara yakni seni yang mengungkapkan pikiran atau perasaan orang dengan mempergunakan laku jasmani dan ucapan kata-kata.

12. Rahmanto

Pengertian seni drama sebagai bentuk karya sastra yang mengungkapkan cerita melalui dialog-dialog para tokoh, yang diperagakan di atas panggung. Drama yang dipentaskan mengungkapkan nilai moral dan dalam pementasannya menimbulkan ketegangan yang mementingkan kesatuan perbuatan, tempat, dan waktu.

 

3 dari 4 halaman

3. Ciri-Ciri Seni Drama

Ilustrasi (credit: pexels.com)

Seni drama sendiri nyatanya memiliki ciri-ciri loh KLovers. Ya, setiap karya seni, pasti memiliki ciri tertentu. Dan berikut ini ciri-ciri dari seni drama tersebut:

1. Mempertunjukkan Dialog

Dialog menjadi salah satu unsur penting dalam seni drama. Keberadaan dialog sekaligus menjadi salah satu ciri-ciri dari seni drama yang paling menonjol. Dialog ditampilkan oleh tokoh-tokoh yang saling berinteraksi.

2. Adanya Adegan

Di samping adanya dialog, ciri-ciri seni drama lainnya adalah adanya adegan. Dialog dan adegan dalam drama memang menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan. Adegan dalam seni drama juga berlangsung satu kali, artinya tanpa ada pengulangan sama sekali.

3. Merupakan Bagian dari Prosa

Seni drama adalah bagian dari karya sastra, khususnya jenis prosa. Seperti yang kita tahu, seni drama merupakan naskah cerita yang kemudian dipentaskan. Artinya, seni drama berasal dari prosa atau cerita yang bermula dari imajinasi dan ide. Apalagi, belakangan banyak bermunculan pementasan seni drama yang diadopsi dari karya-karya bentuk prosa seperti novel, cerpen, hikayat, dan sebagainya.

4. Mengandung Nilai-Nilai Kehidupan

Sebagai bagian dari karya sastra, seni drama tidak saja menghibur. Dalam seni drama juga terkandung banyak nilai-nilai kehidupan yang bisa dipetik penonton.

5. Menceritakan Suatu Konflik

Seni drama mempunyai alur yang bisa dibilang tetap. Alur dalam seni drama harus meliputi perkenalan, permulaan konflik, konflik, klimaks, hingga penyelesaian konflik. Ya, konflik menjadi bagian terpenting atau inti dalam seni drama. Oleh karena itu, konflik dalam seni drama sering dibuat besar, pelik, dan acap kali tak tertebak.

6. Menggunakan Gaya Bahasa yang Khas

Seni drama sering kali dibuat dengan mengangkat cerita sehari-hari. Oleh karena itu, pemakaian gaya bahasa yang khas salah satu ciri-ciri drama. Pemakaian bahasa dalam dialog drama akan disesuaikan dengan tema drama yang diangkat. Namun, untuk membuat seni drama tampak realistis biasanya drama akan disajikan dengan bahasa sehari-hari.

7. Bisa Menampilkan Puisi

Seni drama ternyata juga bisa muncul dalam bentuk pertunjukan puisi. Terlebih seni drama dan puisi juga punya kesamaan dalam hal mengandung pesan atau makna mendalam. Selain itu, sering kali dialog-dialog dalam seni drama juga disampaikan dalam bahasa kiasan layaknya puisi.

8. Dipentaskan di Atas Panggung dengan Properti

Sebagai seni pertunjukan, pada umumnya seni drama dipentaskan secara langsung di atas panggung. Panggung pementasan seni drama akan di-setting dengan berbagai properti untuk mendukung suasana dan alur cerita.

Itulah penjelasan seni drama yang bisa KLovers ketahui dan pahami. Dari pengertian seni drama secara umum, pengertian seni drama menurut ahli, dan juga ciri-ciri dari seni drama itu sendiri.

 

(kpl/gen/dhm)

Topik Terkait