Pengertian Apa itu Drama Secara Umum dan Menurut Ahli, Beserta dengan Jenis-Jenisnya

Selasa, 24 Januari 2023 13:44
Pengertian Apa itu Drama Secara Umum dan Menurut Ahli, Beserta dengan Jenis-Jenisnya
Ilustrasi (credit: pexels.com)


Kapanlagi Plus - Drama menjadi sebuah hiburan yang masih banyak dipilih hingga saat ini. Dan ternyata, drama ini merupakan sebuah karya sastra tua yang masih bertahan hingga saat ini loh KLovers. Namun, KLovers pasti banyak yang belum tahu apa itu drama.

Secara umum, drama dapat dipahami sebagai suatu perbuatan atau tindakan yang ditulis dan selanjutnya digunakan dalam pementasan di sebuah panggung. Namun, ada pula pengertian apa itu drama menurut para ahli, beserta jenis-jenisnya.

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, berikut ini penjelasan mengenai apa itu drama secara umum dan menurut ahli. Beserta dengan jenis-jenis pada drama.

 

1. Apa itu Drama

Drama merupakan sebuah karya sastra yang paling tua dan bertahan hingga sekarang. Dan masih menjadi hiburan yang begitu populer. Namun, apa itu drama? Menurut etimologi, istilah drama berawal dari bahasa Yunani yaitu "draomai", yang mana memiliki arti sebagai yang berbuat, berlaku, bertindak, dan beraksi.

Berdasarkan sejarah pengertian drama dapat dipahami sebagai suatu perbuatan atau tindakan yang ditulis dan selanjutnya digunakan dalam pementasan di sebuah panggung. Seiring perkembangan zaman, drama tidak hanya terbatas dipentaskan antar panggung saja, seperti film, televisi, drama radio, dan lain sebagainya.

Secara luas, arti drama juga merupakan bagian dari bentuk karya sastra berisi cerita tentang kehidupan yang ditunjukkan dalam bentuk tindakan atau perbuatan. Sementara itu, drama sendiri biasanya diperankan oleh seseorang yang disebut aktor atau aktris. Dalam melakukan pementasan drama, aktor dan aktris ini akan membuat gerakan dan dialog sesuai dengan teks drama.

 

2. Apa itu Drama Menurut Ahli

Bukan saja memahami apa itu drama secara umum saja, namun KLovers juga bisa memahaminya menurut ahli. Dan berikut ini penjelasan apa itu drama menurut para ahli:

1. Seni Handayani

Apa itu drama menurut Seni Handayani adalah bentuk komposisi berdasarkan dua cabang seni, seni sastra dan seni pertunjukan sehingga drama dibagi menjadi dua, yaitu drama dalam bentuk teks tertulis dan drama dipentaskan.

2. Wildan

Apa itu drama menurut Wildan adalah komposisi berdasarkan beberapa cabang seni, sehingga drama dibagi menjadi dua, yaitu drama dalam bentuk teks tertulis dan drama dipentaskan.

3. Anne Civardi

Apa itu drama menurut Anne Civardi adalah sebuah kisah yang diceritakan melalui kata-kata dan gerakan.

4. Moulton

Apa itu drama menurut Moulton adalah kisah hidup digambarkan dalam bentuk gerak (disajikan langsung dalam tindakan).

5. Balthazar Vallhagen

Apa itu drama menurut Balthazar Vallhagen adalah seni yang menggambarkan alam dan sifat manusia dalam gerakan.

6. Ferdinand Brunetierre

Apa itu drama menurut Ferdinand Brunetierre yaitu harus melahirkan keinginan oleh aksi atau gerakan.

7. Budianta dkk (2002)

Pengertian drama adalah genre sastra yang menunjukkan penampilan fisik secara lisan setiap percakapan atau dialog antara pemimpin di sana.

8. Tim Matrix Media Literata

Pengertian drama adalah bentuk narasi yang menggambarkan kehidupan dan alam manusia melalui perilaku (akting) yang dipentaskan.

 

3. Jenis-Jenis Drama

Setelah KLovers memahami apa itu drama secara umum dan menurut ahli. KLovers juga bisa memahami jenis-jenis dari sebuah drama. Ya, drama memiliki banyak jenisnya loh KLovers. Berikut ini jenis-jenis drama tersebut dilansir dari gramedia.com:

1. Drama Tidaknya Naskah

- Drama tradisional adalah jenis drama yang sering kali tidak memakai teks atau naskah drama.

- Drama modern adalah jenis drama yang banyak memakai teks atau naskah drama.

2. Drama Berdasarkan Bentuk Sastra Percakapan

- Drama puisi adalah jenis drama yang percakapannya dibuat berupa puisi atau mengandung banyak unsur dari puisi.

- Drama prosa adalah jenis drama yang percakapannya dibuat berupa prosa.

3. Drama Berdasarkan Sajian Isinya

- Drama tragedi adalah jenis drama yang menyajikan tokohnya dalam keadaan sedih atau muram. Drama ini biasanya terjadi karena tokoh tersebut sedang berada suatu situasi yang gawat.

- Drama komedi adalah jenis drama ringan yang menghibur. Meskipun penuh dengan lelucon atau humor, drama ini sering kali memuat tentang sindiran. Berbeda dengan drama tragedi, drama komedi biasanya memiliki akhir yang bahagia.

- Drama tragedi komedi, adalah jenis drama yang menggunakan alur sedih atau duka cita, akan tetapi akhir dari drama ini memberikan kebahagiaan kepada tokoh utamanya.

4. Drama Berdasarkan Kuantitas Percakapannya

- Drama pantomim adalah jenis drama yang dipentaskan dengan tidak banyak memakai kata-kata. Drama ini lebih memaksimalkan penggunaan gerakan tubuh dari para tokohnya.

- Drama mini kata adalah jenis drama yang dipentaskan hanya dengan menggunakan sedikit kata-kata. Drama ini biasanya memaksimalkan penggunaan gerakan tubuh dari para tokoh dan banyak bunyi dari mulut para tokoh, tetapi bunyi yang dihasilkan tidak berupa kata-kata.

- Drama monolog adalah jenis drama yang menampilkan drama dengan hanya satu tokoh utama yang bermonolog atau berbincang sendiri sepanjang pementasan.

- Drama dialog adalah jenis drama yang mementaskan para tokohnya untuk berdialog dengan menggunakan kata-kata.

5. Drama Berdasarkan Besarnya Unsur Seni Lainnya

- Drama opera adalah jenis pementasan drama yang mengutamakan seni suara dan musik.

- Drama sendratari adalah jenis pementasan drama yang mengutamakan seni tari.

- Drama tablo adalah jenis pementasan drama yang tidak banyak tindakan atau dialog.

6. Drama Berdasarkan Bentuk Lainnya

- Drama absurd adalah jenis pementasan drama yang secara sadar mengabaikan atau melanggar konvensi alur, penokohan, dan tematik.

- Drama baca adalah jenis teks drama yang hanya cocok untuk dibaca dan tidak cocok untuk dipentaskan.

- Drama borjuis adalah jenis pementasan drama yang memiliki tema tentang kehidupan kaum bangsawan.

- Drama domestik adalah jenis pementasan drama yang memiliki tema tentang kehidupan rakyat biasa.

- Drama liturgis adalah jenis teks drama yang dipentaskan bersamaan dengan upacara kebaktian gereja.

- Drama satu babak adalah jenis pementasan drama yang hanya memiliki satu babak dan satu tema dengan jumlah aktor atau aktris yang sedikit, dan memiliki alur yang ringkas.

- Drama rakyat adalah jenis pementasan drama yang muncul dan berkembang dalam festival rakyat. Drama ini biasanya banyak dipentaskan di wilayah pedesaan.

7. Drama Berdasarkan Sarana Penyajian

- Drama panggung adalah jenis drama yang diperankan oleh aktor dan aktris di atas panggung.

- Drama radio adalah jenis drama yang disiarkan di radio. Drama ini hanya bisa didengarkan oleh para pendengarnya.

- Drama televisi adalah jenis drama yang hampir sama dengan drama panggung. Namun, drama ini ditampilkan melalui media televisi.

- Drama film adalah jenis drama yang ditampilkan pada sebuah layar lebar seperti bioskop.

- Drama wayang adalah jenis drama yang diiringi pagelaran wayang.

- Drama boneka adalah jenis drama yang memakai boneka dalam pementasannya.

Itulah penjelasan apa itu drama secara umum dan menurut ahli. Beserta dengan jenis-jenis drama yang bisa KLovers ketahui dan pahami.

 

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI