7 Rekomendasi Makanan Ringan Kekinian untuk Takjil Buka Puasa


Berita | Minggu, 6 Maret 2022 10:55
Editor : Dhia Amira

Kapanlagi.com - Ya, puasa tahun 2022 memang tinggal menghitung hari. Tentu, untuk menjalankan ibadah puasa dengan baik, maka membuat menu berbuka menjadi sebuah keharusan. Menu makanan ini juga bisa menambah nafsu makan kalian di bulan Ramadhan. Ada beberapa rekomendasi makanan ringan kekinian yang bisa kalian gunakan untuk takjil loh KLovers.


Ya, beberapa rekomendasi makanan ringan kekinian ini bisa menjadi pilihan kalian yang bosan dengan menu yang itu-itu saja. Bahkan bisa jadi ide untuk KLovers yang ingin berjualan takjil di bulan Ramadhan nanti. Cara membuat beberapa makanan ini juga tidak sulit dan tidak membutuhkan waktu yang lama kok KLovers. Jadi nggak bakal bikin repot saat berbuka.

Nah, apa saja ya rekomendasi makanan ringan kekinian yang bisa jadi ide takjil tersebut? Berikut ini beberapa rekomendasi makanan ringan kekinian yang mudah untuk dibuat. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1 dari 7 halaman

1. Salted Egg Chicken

Rekomendasi makanan ringan untuk takjil (credit: Pexels)

Rekomendasi makanan ringan kekinian yang pertama ada salted egg chicken. Ya, makanan yang satu ini bisa menjadi cemilan hingga menu berbuka bagi kalian. Tidak hanya enak dan sehat saja rekomendasi makanan ringan kekinian ini juga mudah kok dibuat KLovers.

Kalian hanya perlu memotong ayam tanpa tulang menjadi kecil-kecil, lalu tabur pakai tepung serba guna. Bila sudah, goreng ayam hingga krispy dengan api yang kecil. Kemudian, siapkan beberapa bahan seperti, telur asin, daun kari, cabai keriting, margarin, lada, garam, bawang putih, serta susu cair.

Tumis semua bahan, bila sudah masukkan ayam dan aduk. Bila sudah tercampur semua, kalian tinggal angkat dan hidangkan. Mudah bukan KLovers?

 

 

2 dari 8 halaman

2. Kue Cubit

Makanan ringan untuk takjil (credit: Pexels)

Suka berbuka dengan makanan manis? Maka kalian bisa membuat kue cubit. Walaupun kue cubit menjadi salah satu makanan tradisional, namun bisa kalian olah menjadi kekinian loh. Cara membuatnya juga mudah kok, sama seperti membuat kue cubit pada umumnya.

Kalian hanya perlu mempersiapkan bahan seperti, tepung terigu, margarin, telur, gula, ragi, vanili, dan baking powder. Setelah itu buat adonan dan masak di atas teflon panas atau wajan khusus kue cubit. Untuk pilihan toppingnya disesuaikan dengan selera kalian ya, bisa menggunakan coklat batangan, selai kacang, hingga keju.

 

 

3 dari 8 halaman

3. Sate Taichan

Rekomendasi makanan ringan untuk takjil buka puasa (credit: Pexels)

Siapa bilang buat sate taichan itu sulit? Kalian bisa loh membuat sate taichan ala kalian sebagai ide takjil kekinian. Ya, sate taichan ini wajib masuk dalam daftar rekomendasi makanan ringan kekinian untuk temani kalian berbuka.

Cara membuatnya juga nggak perlu lama kok. Kalian hanya perlu membalur ayam yang sudah dipotong kecil dengan menggunakan garam ataupun perasan air jeruk nipis. Pilih ayam tanpa kulit ya KLovers, sehingga mirip dengan sate taichan pada umumnya.

Setelah itu, biarkan selama 30 menit hingga bumbu tercampur. Bila sudah, bisa langsung kalian bakar hingga matang. Untuk bumbunya, kalian bisa menggunakan bumbu kacang instan ataupun sambal merah.

 

 

4 dari 8 halaman

4. Toast Bread

Toast Bread (credit: Pexels)

Kemudian rekomendasi makanan ringan kekinian yang bisa jadi pilihan takjil ada toast bread. Ya, toast memang menjadi salah satu makanan kekinian yang banyak dikonsumsi. Ada banyak sekali jenis toast bread yang bisa jadi pilihan kalian untuk jadi menu berbuka puasa.

Kalian yang memerlukan roti, margarin dan toping yang diinginkan. Caranya mudah banget kok KLovers, kalian hanya perlu mengoleskan roti dengan margarin, setelah itu, bakar di atas wajan panas hingga garing dan kecoklatan.

Bila sudah, bisa kalian berikan topping, misalnya saja buah-buahan segar dengan whipped cream, lalu kalian juga bisa memberikan olesan cream cheese hingga coklat. Kalian juga bisa memberi parutan coklat matcha hingga memberi selembar daging beserta saos dan mayones.

 

 

5 dari 8 halaman

5. Pizza Goreng

Rekomendasi makanan untuk takjil (credit: Pexels)

Kalian suka makan pastel dengan isian kentang? Maka menu pizza goreng bisa jadi pilihan kalian. Ya, pembuatan pastel yang sederhana ini, bisa kalian kreasikan sebagai pizza goreng loh KLovers. Caranya yang mudah dilakukan dan enak sebagai takjil, bisa jadi pilihan rekomendasi makanan ringan kekinian yang sayang banget untuk kalian lewatkan.

Cara membuatnya juga mudah banget kok KLovers, kalian hanya perlu menyiapkan kulit lumpia yang sudah jadi. Bila sudah, kulit lumpia tersebut isi dengan topping pizza selera kalian, seperti saus pizza, sosis, potongan ayam, atau nugget, dan daging. Bila sudah kalian juga bisa tambahkan keju.

Tutup semua bahan yang ada di dalam kulit pangsit dengan rapat dan rapih. Bila sudah, kalian bisa menggoreng pizza tersebut, seperti menggoreng lumpia. Goreng hingga warna kecoklatan dan angkat. Pizza goreng ini bisa kalian sajikan bersama saos dan mayones.

 

 

6 dari 8 halaman

6. Banana Nugget

Banana Nugget (credit: Pexels)

Suka dengan makanan olahan pisang, banana nugget bisa jadi pilihan rekomendasi makanan ringan kekinian untuk takjil. Cara membuat banana nugget ini juga mudah kok KLovers. Cara pertama, kalian bisa campurkan gula, terigu, pisang kapok, garam dan gula. Setelah itu, goreng pisang menggunakan tepung panir sehingga, menciptakan tekstur sedikit kasar.

Pisang yang digunakan hanya boleh dua jenis saja yaitu KLovers, kalian bisa pilih pisang Raja dan Tanduk. Untuk topping, kalian bisa memilih sendiri sesuai dengan selera kalian. Bisa menggunakan baluran coklat, matcha, hingga keju. Banana nugget ini tentu saja, cocok banget untuk menu berbuka dan cemilan malam yang mudah dan praktis.

 

 

7 dari 8 halaman

7. Martabak Teflon

Martabak sebagai rekomendasi makanan untuk takjil (credit: Pixabay)

Dan rekomendasi makanan ringan kekinian untuk takjil yang terakhir yaitu, ada martabak teflon. Ya, makanan manis satu ini bisa banget loh kalian buat sendiri di rumah. Cara membuat martabak ini juga mudah kok KLovers, kalian juga bisa memilih topping sendiri sesuai selera.

Cara pertama, kalian hanya perlu campur tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan air. Aduk sampai larut, setelah itu tutup atas wadah dengan serbet bersih dan diamkan selama 30 menit. Tambahkan baking powder, vanili, dan pasta pandan ke adonan dan aduk rata.

Panaskan teflon, lalu tuang adonan dengan gerakan memutar. Masak dengan api kecil hingga bersarang. Kalian bisa memberi taburan gula pasir dan aneka topping di atasnya seperti keju dan cokelat meses sesuai selera.

Itulah beberapa rekomendasi makanan ringan kekinian yang bisa jadi pilihan takjil di bulan Ramadhan. Bukan hanya mudah membuatnya, rekomendasi makanan ringan kekinian ini juga tidak perlu memakan waktu yang lama. Selamat mencoba KLovers.

 

 

(kpl/gen/dhm)

Topik Terkait