Watak Jumat Pon Menurut Primbon Jawa untuk Laki-laki Maupun Perempuan, Bisa Berpengaruh pada Karier dan Jodoh


Berita | Jum'at, 12 Januari 2024 14:11

Kapanlagi.com - Dalam keseharian masyarakat Jawa, kepercayaan pada primbon masih dipegang erat. Salah satu contoh sederhana, primbon Jawa masih kerap dipakai sebagai dasar dalam membaca watak dan sifat seseorang berdasarkan weton atau hari kelahiran. Salah satu weton yang watak karakternya sering jadi sorotan adalah Weton Jumat Pon. Menurut primbon, Jumat Pon mempunyai watak yang khas beda dengan weton-weton lainnya.


Dalam pandangan primbon Jawa, setiap weton termasuk Jumat Pon punya pengaruh besar terhadap kepribadian, dan jalan hidup seseorang. Pada artikel ini akan dibahas secara mendalam tentang watak laki-laki dan perempuan yang lahir pada Jumat Pon menurut perspektif primbon Jawa, penasaran seperti apa penjelasan lengkapnya?

Untuk mengetahuinya, langsung saja simak ulasan berikut ini:

1 dari 3 halaman

1. Watak Jumat Pon Menurut Primbon Jawa

Watak Jumat Pon Menurut Primbon Jawa (credit: unsplash)

Menurut Primbon Jawa, seseorang yang lahir dengan weton Jumat Pon disebut mempunyai sifat Lakuning Lintang. Artinya, pemilik weton Jumat Pon baik laki-laki atau perempuan rata-rata mempunyai kemampuan komunikasi yang mengagumkan.Selain itu, mereka juga disebut-sebut mempunyai elemen api sehingga memiliki karakter yang kuat dan penuh gairah.

Kadang kala, gairah yang mereka miliki sering kali membuat pemilik weton Jumat Pon terlihat tegas, sombong, dan ambisius. Bahkan, kadang-kadang sifat itu juga mendorong mereka menjadi orang yang impulsif dan cepat marah. Jika tidak dikendalikan, sifat berapi-api tersebut bisa jadi bumerang yang akan memicu konflik dengan lingkungan sekitar.

Watak Jumat Pon lainnya menurut primbon Jawa ialah keras kepala. Mereka sangat teguh pendirian. Saat sudah mempunyai prinsip, mereka bisa tegas saat berdebat dengan opini orang lain yang tak sejalan.

Dalam kepribadian, pemilik weton Jumat Pon masih mempunyai beberapa sisi positif. Salah satunya, mereka dikatakan jadi salah satu weton paling berkarisma dan punya kemampuan sosial yang tinggi. Sifatnya yang tegas dan bertekad kuat, juga membuatnya punya jiwa kepemimpinan. Sebagai seorang pemimpin, mereka bisa jadi pemimpin yang disegani lantaran pandai dalam menyesuaikan diri dengan berbagai situasi sosial.

2 dari 4 halaman

2. Karier Jumat Pon Berdasarkan Watak

Karier Jumat Pon Berdasarkan Watak (credit: unsplash)

Seperti yang disebutkan di awal, pembawaan watak pemilik weton Jumat Pon akan mempengaruhi nasib dan pilihan hidupnya sehari-hari. Sifatnya yang berapi-api, berjiwa sosial, dan keras kepala membuat Jumat Pon mempunyai jalan karier yang unik.

Menurut kepercayaan Jawa, seseorang dengan weton Jumat Pon sebenarnya dipercayai memiliki watak kuat dan rezeki yang berlimpah. Mereka dianggap memiliki kemampuan meraih sukses dalam karier atau bisnis, sering kali dihormati dan dianggap sukses di masyarakat.

Dalam karir, individu dengan Weton Jumat Pon dianggap memiliki kesempatan baik untuk sukses. Mereka cenderung mencapai posisi kepemimpinan dan diakui dalam bisnis. Meski menjanjikan keberuntungan, Karir Weton Jumat Pon tidak menjamin kesuksesan tanpa usaha. Keberuntungan adalah faktor tambahan, sementara sukses memerlukan keterampilan, kerja keras, dan dedikasi. Oleh karena itu, memiliki Karir Weton Jumat Pon tetap membutuhkan usaha dan visi yang jelas untuk mencapai tujuan karier.

Apalagi, weton Jumat Pon disebut memiliki dorongan dan tekad kuat untuk berkembang. Sifat-sifat positif tersebut membuat mereka cocok pada beberapa jenis pekerjaan dengan posisi kepemimpinan. Selain itu, sifat mereka yang kreatif juga membuatnya cocok untuk untuk berkarier di bidang seni, atau industri kreatif. Watak mereka yang berjiwa sosial dan memiliki empati tinggi, sesuai untuk konseling atau pekerjaan sosial.

3 dari 4 halaman

3. Jodoh Jumat Pon berdasarkan Watak

Jodoh Jumat Pon berdasarkan Watak (credit: unsplash)

Selain dalam karier dan pekerjaan, watak khas Jumat Pon juga akan berpengaruh kehidupan asmaranya. Sifat Jumat Pon yang berapi-api bisa jadi bumerang dalam menjalin hubungan, sebab tak semua orang bisa tahan akan hal tersebut.

Namun dibalik sosoknya yang berapi-api dan terkadang keras kepala, weton Jumat Pon ternyata justru memiliki rasa cinta dan kasih sayang yang tinggi. Perasaan tersebut menjadikan mereka sosok pasangan yang setia dan bisa berkomitmen, terlebih jika mendapatkan pasangan yang tepat. Dengan pasangan yang ideal, pemilik weton Jumat Pon bisa menjalin hubungan yang intens dan emosional.

Menurut hitungan primbon dan berdasarkan sifat-sifat di atas, dalam menjalin hubungan asmara, weton Jumat Pon diramalkan cocok berpasangan dengan seseorang yang memiliki weton dengan neptu berjumlah 16 atau 11, seperti Kamis Kliwon, Sabtu Pon, Rabu Pahing, Rabu Wage, Jumat Legi, Selasa Kliwon, dan juga Senin Pon. Apabila Jumat Pon menjalani hubungan dengan beberapa weton yang disebutkan di atas, maka diyakini rumah tangga mereka akan harmonis dan langgeng sampai akhir hayat.

Itulah di antaranya sekilas penjelasan tentang watak Jumat Pon menurut primbon Jawa yang bisa berpengaruh pada karier dan jodoh. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaran kalian. Keputusan untuk percaya atau tidak percaya sepenuhnya ada di tangan pembaca. Meski begitu, ada baiknya hal tersebut tetap dihormati sebagai bagian dari budaya dan kepercayaan yang ada di masyarakat lainnya.

(kpl/psp)

Topik Terkait