Watak Weton Pasaran Pon Kliwon Menurut Primbon Jawa, Punya Karakter Positif - Negatif yang Unik


Berita | Senin, 9 Oktober 2023 16:11

Kapanlagi.com - Primbon Jawa sudah jadi bagian dari kepercayaan masyarakat. Primbon punya pengaruh besar dalam kehidupan masyarakat Jawa. Dari primbon Jawa muncul berbagai keyakinan dan mitos, salah satunya terkait watak seseorang yang konon dipengaruhi pasaran lahirnya. Banyak yang percaya bahwa setiap pasaran seperti Pon Kliwon membuat seseorag punya watak atau karakter yang khusus.


Secara umum, pasaran Pon dianggap sebagai pasaran yang penuh dengan misteri dan kejutan, sering kali menghadirkan perubahan mendalam dalam kehidupan seseorang. Sementara itu, pasaran Kliwon dikenal sebagai pasaran yang penuh dengan keberuntungan, di mana individu yang lahir di hari ini dianggap memiliki potensi untuk mencapai kesuksesan besar.

Di samping penjelasan umum tersebut, setiap weton dengan pasaran Pon dan Kliwon dipercaya punya keunikan masing-masing. Penasaran, seperti apa penjelasan watak weton-weton pasaran Pon Kliwon menurut Primbon Jawa? Untuk mengetahuinya, langsung saja simak ulasan berikut ini.

1 dari 4 halaman

1. Watak Pasaran Pon Secara Umum

Ilustrasi Watak Pasaran Pon Secara Umum (credit: unsplash)

Pasaran Pon merupakan urutan ketiga dalam siklus kalender Jawa. Menurut tradisi Primbon, hari Pon selalu terkait dengan warna kuning dan arah Barat (Kulon). Secara umum, individu yang lahir pada hari Pon sering menunjukkan sifat yang berani dan ketekunan yang luar biasa.

Orang-orang yang lahir pada pasaran Pon juga cenderung memiliki dorongan kuat untuk tidak pernah menyerah di hadapan hambatan. Dengan keberanian yang dimilikinya, mereka selalu siap menghadapi tantangan dengan penuh keyakinan diri. Karena sikap berani ini, Pasaran Pon dihormati sebagai gelar pemimpin dalam budaya Primbon Jawa. Hal ini karena, secara alami, individu yang lahir pada hari Pon dianggap memiliki potensi kepemimpinan yang istimewa.

2 dari 5 halaman

2. Watak Weton dengan Pasaran Pon

Ilustrasi Watak Weton dengan Pasaran Pon (credit: unsplash)

Secara lebih spesifik, pasaran Pon Kliwon melekat pada weton. Pasalnya seperti yang diketahui, weton merupakan gabungan hari lahir dan pasaran Jawa. Setiap weton dengan pasaran Pon pun mempunyai watak dan karakter yang unik. Berikut watak dari setiap weton dengan pasaran Pon.

1. Senin Pon

Orang yang lahir pada hari Senin pon menurut primbon Jawa memiliki watak keras hati dan angkuh, yang sulit diubah sejak kecil. Watak ini membuat mereka sulit ditipu oleh orang lain, karena memiliki pendirian kuat dan tidak terpengaruh oleh omongan yang tidak berdasar. Orang-orang dengan weton Senin pon cenderung setia dan tidak mudah terbawa arus.

2. Selasa Pon

Selasa Pon dalam ramalan Primbon Jawa memiliki watak jujur, berbudi luhur, berwibawa, dan tidak suka merampas hak orang lain. Mereka meyakini bahwa apapun yang dimilikinya adalah rezeki yang patut disyukuri dan tidak iri terhadap kehidupan orang lain, sehingga cocok bekerja sebagai pedagang atau wirausahawan.

3. Rabu Pon

Rabu Pon umumnya cerdas, supel, dan kuat menurut Primbon Jawa. Namun, mereka juga cenderung ingin jadi pusat perhatian, suka memuji diri sendiri, berbicara sembrono, dan sering bimbang dalam membuat keputusan. Orang dengan weton Rabu Pon mudah tersinggung dan kurang disiplin dalam sikapnya.

4. Kamis Pon

Kamis Pon menurut primbon Jawa cenderung tertutup dan pendiam, tetapi memiliki jiwa sosial yang tinggi. Mereka suka menolong, tidak suka ikut campur urusan orang lain, dan peduli kepada sesama. Namun perlu dihindari memicu emosi mereka karena bisa menjadi berbahaya.

5. Jumat Pon

Jumat Pon memiliki sifat positif seperti kesederhanaan, berwibawa, bijaksana, dan cerdas. Mereka juga cenderung empatik dan peduli sosial, suka menolong sesama. Namun di balik sifat-sifat itu, Jumat Pon juga rata-rata pendiam, enggan menjadi pusat perhatian dalam kerumunan, dan sulit mengendalikan emosi.

6. Sabtu Pon

Sabtu Pon dikenal bertanggung jawab, mampu mengendalikan emosi, dan memiliki tingkat kesabaran yang tinggi. Mereka sering menarik perhatian dan populer di lingkungan sekitar. Namun, karakter Sabtu Pon juga memiliki sisi negatif, seperti ambisi yang tinggi dan kecenderungan curiga terhadap orang lain, karena selalu ingin tampil unggul dalam persaingan.

7. Minggu Pon

Orang yang lahir pada hari Minggu pon dalam primbon Jawa cenderung aktif, pekerja keras, tekun, dan tidak bisa diam. Mereka juga dikenal memiliki sifat pemberani, suka menolong, dan agak usil. Namun, sifat pemberani dan melawan mereka bisa berbahaya dan jarang disukai oleh orang lain.

3 dari 5 halaman

3. Watak Pasaran Kliwon Secara Umum

Ilustrasi Watak Pasaran Kliwon Secara Umum (credit: unsplash)

Paragraf tersebut menjelaskan arti dan makna dari pasaran Kliwon dalam budaya Jawa. Pasaran Kliwon terkait dengan warna abu-abu dan memiliki posisi yang dianggap sebagai titik Tengah. Orang yang lahir pada hari Kliwon dianggap memiliki pemahaman mendalam dan pandangan bijaksana, terutama dalam menghadapi situasi kompleks.

Pasaran Kliwon memiliki peran sentral dalam aspek spiritual dan refleksi dalam budaya Jawa, sering terkait dengan pengetahuan spiritual dan praktik meditasi. Mereka yang lahir pada hari Kliwon mungkin memiliki kemampuan untuk menangkap dimensi spiritual yang tidak terlihat oleh banyak orang, menjadikannya periode penting dalam pencarian makna dan peningkatan diri dalam budaya Jawa.

4 dari 5 halaman

4. Watak Weton dengan Pasaran Kliwon

Ilustrasi Watak Weton dengan Pasaran Kliwon (credit: unsplash)

Sama seperti weton dengan pasaran Pon, weton-weton dengan pasaran Kliwon mempunyai karakter yang khas. Berikut watak weton-weton dengan pasaran Kliwon menurut Primbon Jawa.

1. Senin Kliwon

Orang yang lahir pada hari Senin Kliwon dalam primbon Jawa cenderung mudah panik dan berhati-hati, memiliki IQ tinggi, wawasan luas, dan kemampuan belajar cepat. Namun, mereka juga bisa menjadi ambisius, ceroboh, dan keras kepala.

2. Selasa Kliwon

Selasa Kliwon dalam primbon Jawa disebut memiliki watak yang setia, bertanggung jawab, dan ambisius, dengan pendirian teguh dan kecerdasan yang mengesankan. Namun, Selasa Kliwon juga memiliki sisi negatif seperti kesulitan menerima nasihat, cemburu, kurang sabar, pemarah, dan keras kepala.

3. Rabu Kliwon

Rabu Kliwon menurut Primbon Jawa memiliki sifat seperti matahari, yaitu pencerah dan baik hati, serta disiplin dan jujur. Mereka juga dikenal pandai berbicara di depan umum, cocok jadi pemimpin, dan selalu memperhatikan penampilan. Sisi negatifnya adalah mudah tersinggung, cepat marah, dan sulit diajak berdiskusi.

4. Kamis Kliwon

Kamis Kliwon memiliki banyak watak positif seperti kebaikan hati, kedisiplinan, kesabaran, dan kerja keras. Mereka juga cenderung periang, memiliki empati tinggi, tahan banting, pandai bergaul, dan berwawasan luas.

5. Jumat Kliwon

Jumat Kliwon disebut sosok yang tenang serta punya kemampuan berbicara, kepandai bergaul, dan sifat energik yang menarik banyak teman. Mereka juga kreatif dan pekerja keras, tetapi memiliki kekurangan seperti kurangnya pendirian, ketidakmampuan untuk diatur, mudah marah, ceroboh, dan kurang waspada pada sekitarnya.

6. Sabtu Kliwon

Sabtu Kliwon, dikenal mempunyai sikap Lakune Bumi yang membuat mereka memiliki karakter suka memberi tanpa meminta imbalan. Selain itu, Sabtu Kliwon dikenal dermawan. Namun di lain sisi, mereka juga memiliki sifat negatif, seperti mudah menyerah, mudah terkecoh, sulit memaafkan setelah bertengkar.

7. Minggu Kliwon

Weton Minggu kliwon memiliki sifat mirip bintang, cenderung tertutup dan pendiam. Meskipun begitu, mereka memiliki banyak teman dan suka menolong. Orang-orang menganggap mereka bijaksana, dermawan, dan tidak penuh dendam.

Itulah di antaranya penjelasan arti pasaran Pon Kliwon untuk hari lahir Senin sampai Minggu. Semoga bermanfaat bisa menjawab rasa penasaran kalian selama ini.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP KAPANLAGI.COM BIAR NGGAK KETINGGALAN UPDATE DAN BERITA TERBARU SEPUTAR DUNIA HIBURAN TANAH AIR DAN JUGA LUAR NEGERI. KLIK DI SINI YA, KLOVERS!

(kpl/psp)

Topik Terkait