Weton Jumat Kliwon Menurut Primbon Jawa, Ketahui Watak, Rezeki, dan Jodohnya


Plus | Senin, 11 September 2023 17:44

Kapanlagi.com - Setiap hari kelahiran memiliki keistimewaan masing-masing. Keistimewaan weton Jumat Kliwon menurut primbon Jawa terletak pada neptu yang cukup tinggi. Jumat memiliki neptu 6 dan Kliwon 8. Jika dijumlahkan angkanya menjadi 14.


Nah, neptu 14 yang dimiliki hari Jumat Kliwon menurut primbon Jawa ini bisa digunakan untuk mengetahui berbagai ramalan. Mulai dari watak, karier, peruntungan rezeki, hingga jodoh. Kalian bisa mempercayai berbagai ramalan tersebut sebagai suatu pengingat agar lebih waspada.

Nah, jika kalian penasaran dengan pembahasan mengenai weton Jumat Kliwon menurut primbon Jawa secara lebih jelas, yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

1 dari 7 halaman

1. Watak Weton Jumat Kliwon Menurut Primbon Jawa

Ilustrasi Watak Weton Jumat Kliwon Menurut Primbon Jawa (Credit: Unsplash)

Setiap hari kelahiran dipercaya membawa dampak pada watak masing-masing pemiliknya. Watak oleh yang punya weton Jumat Kliwon menurut primbon Jawa diibaratkan seperti Lakuning Rembulan. Lakuning Rembulan berarti baik dan punya aura positif. Kehadirannya bisa membawa ketenangan atau penyejuk bagi orang sekitar.

Selain watak tersebut, orang yang lahir di hari Jumat Kliwon juga memiliki kemampuan berbicara yang baik, suka menolong, dan mudah bergaul. Karena kepandaiannya dalam bergaul, tak heran jika weton Jumat Kliwon mempunyai banyak teman, terutama teman-teman yang sangat loyal. Di sisi lain, dia juga menjadi pribadi yang energik dan selalu tampak bahagia.

Dia juga punya kecerdasan dan kreativitas tinggi sehingga saat menganggur ia akan terus melahirkan ide-ide cemerlang. Nantinya, ide tersebut bisa disalurkan pada kehidupan sehari-hari. Tak hanya itu, orang yang punya weton Jumat Kliwon juga dikenal sebagai sosok yang loyal dan pekerja keras. Dia akan mencari peluang atau proyek yang akan menghasilkan keuntungan.

Di antara watak dan sifat baik yang sudah disebutkan di atas, pemilik weton Jumat Kliwon ternyata juga punya sisi yang kurang baik. Kekurangan itu terletak pada kebiasaannya yang tidak punya pendirian, tidak suka diatur, mudah marah, ceroboh, dan kurang waspada.

 

 

 

 

 

2 dari 8 halaman

2. Rezeki Weton Jumat Kliwon Menurut Primbon Jawa

Ilustrasi Watak Weton Jumat Kliwon Menurut Primbon Jawa (Credit: Unsplash)

Selanjutnya, ada pembahasan mengenai rezeki weton Jumat Kliwon menurut primbon Jawa. Kepercayaan mengenai peruntungan berdasarkan primbon juga masih lekat dalam masyarakat Jawa. Kalian bisa mempercayainya atau sekadar menganggapnya sebagai pengingat agar lebih waspada dalam menjalani pekerjaan.

Untuk urusan peruntungan rezeki, weton Jumat Kliwon diramalkan punya nasib yang kurang baik. Ya, orang ini akan kesulitan atau mendapatkan masalah dalam mencari rezeki.

Masalah tersebut akan datang saat pemilik weton Jumat Kliwon membiarkan wataknya yang kurang berpendirian, malas-malasan, dan sulit diatur. Weton Jumat Kliwon terbilang akan terus berada dalam lingkaran kemiskinan, apalagi kalau weton Jumat Kliwon malas bekerja dan hanya berdiam diri saja.

Sebaliknya, jika pemilik weton ini semangat menjadi pekerja keras, kemungkinan rezeki berlimpah akan datang menghampiri. Bahkan, dia bisa menjadi orang yang kaya raya. Bisa jadi, kekayaannya juga akan melebihi anggota keluarga lainnya. Jika sudah begitu, ia juga diyakini bisa membawa perubahan yang lebih baik bagi kesejahteraan keluarga dalam hal ekonomi.

Menurut primbon, ekonomi keluarga akan mengalami peningkatan jika weton ayah atau kakak tidak melebihi jumlah neptu weton Jumat Kliwon.

 

 

 

 

 

3 dari 8 halaman

3. Gambaran Karier Weton Jumat Kliwon

Ilustrasi Gambaran Karier Weton Jumat Kliwon (credit: unsplash)

Membahas tentang rezeki, tentu tak akan lengkap tanpa menyinggung karier atau pekerjaan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, orang yang lahir di hari Jumat cenderung memiliki sifat yang tidak suka diatur. Mereka juga mudah marah dan tersinggung. Berdasarkan sifat-sifat itu, maka pemilik weton Jumat Kliwon cenderung lebih cocok saat bekerja sendiri.

Adapun beberapa pekerjaan yang sesuai dengan karakter weton Jumat Kliwon antara lain petani hingga peternak. Tak hanya itu, peluang di bidang lain seperti penyedia jasa, keuangan, kesehatan, hingga kecantikan juga bisa jadi pilihan. Selain karena bekerja sendiri, sifat tekun Jumat Kliwon juga sangat mendukung untuk pekerjaan-pekerjaan tersebut.

Di samping itu, weton Jumat Kliwon juga termasuk weton yang terbilang tidak bisa menganggur. Saat tak ada kegiatan, mereka selalu memikirkan ide-ide kreatif. Tak jarang dari pemikiran-pemikiran itu, terlahir proyek yang menghasilkan. Berdasarkan karakter kreatif dan aktif tersebut weton Jumat Kliwon juga cocok menjadi seorang freelancer.

 

 

 

 

4 dari 8 halaman

4. Hari Baik dan Hari Buruk

Ilustrasi Hari Baik dan Hari Buruk (credit: unsplash)

Menurut Primbon Jawa, setiap weton mempunyai hari baik dan hari buruk. Untuk weton Jumat Kliwon, hari baik jatuh pada Rabu Kliwon, Selasa Legi, Rabu Pahing, Jumat Pahing, Kamis Legi, Selasa Wage, dan Minggu Wage.

Pada hari-hari baik itu, pemilik weton Jumat Kliwon dipercaya bakal mendapatkan banyak keberuntungan. Hari-hari baik itu juga cocok untuk melangsungkan berbagai kegiatan penting, seperti lamaran, pernikahan, pindah rumah, hingga membuka usaha.

Di lain sisi, weton Jumat Kliwon juga mempunyai beberapa hari buruk. Pemilik weton Jumat Kliwon dipercaya mempunyai hari-hari nahas yaitu Jumat Kliwon, Senin Pahing, Senin Pon, Kamis Pon, Kamis Legi, dan Kamis Pahing. Di hari-hari nahas itu, pemilik weton Jumat Kliwon diyakini bisa menjumpai banyak kesialan-kesialan dan tidak keberuntungan.

Untuk menghindari berbagai kesialan-kesialan itu, pemilik weton Jumat Kliwon disarankan agar lebih berhati-hati. Selain itu untuk menolak kesialan, mereka juga disarankan untuk melakukan berbagai tirakat mendekatkan diri pada Tuhan seperti dengan berpuasa atau berdoa, agar mendapat keberkahan.

 

 

 

5 dari 8 halaman

5. Jodoh Weton Jumat Kliwon Menurut Primbon Jawa

Ilustrasi Watak Weton Jumat Kliwon Menurut Primbon Jawa (Credit: Unsplash)

Pembahasan mengenai cinta atau jodoh sering dianggap menjadi hal yang begitu menarik. Bagi orang Jawa yang masih mempercayai hitungan primbon, menemukan pasangan bisa dibilang jadi hal yang cukup rumit. Hal ini berkaitan dengan penentuan kecocokan berdasarkan neptu masing-masing calon mempelai.

Hal ini tentu berlaku bagi ramalan jodoh weton Jumat Kliwon menurut primbon Jawa. Ya, berdasarkan hitungan weton Jumat Kliwon diramalkan akan memiliki kecocokan jika menjalin hubungan dengan seseorang yang memiliki neptu.

Orang yang memiliki neptu tersebut adalah orang-orang yang lahir pada Rabu Kliwon, Kamis Pon, dan Jumat Pahing. Jika Jumat Kliwon menjalin hubungan asmara dengan salah satu weton tersebut, kehidupannya diramalkan akan dipenuhi kebahagiaan dan kemakmuran.

Perlu diingat bahwa ramalan semacam ini bukan menjadi penentu yang seratus persen benar. Masih ada faktor lain yang bisa mempengaruhi keberhasilan rumah tangga kalian.

 

 

6 dari 8 halaman

6. Ramalan Rumah Tangga Harmonis Jumat Kliwon

Ilustrasi Ramalan Rumah Tangga Harmonis Jumat Kliwon (credit: unsplash)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa weton Jumat Kliwon berjodoh dengan weton Rabu Kliwon, Kamis Pon, dan Jumat Pahing. Hal tersebut nyatanya bukanlah sekadar karangan belaka. Berjodohnya Jumat Kliwon dengan Rabu Kliwon, Kamis Pon, dan Jumat Pahing berdasarkan metode hitungan yang dilakukan dengan menjumlahkan neptu.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini:

1. Jika Jumat Kliwon Menikah dengan Rabu Kliwon

Apabila, Jumat Kliwon (neptu 14) Rabu Kliwon (neptu 15), jika dijumlahkan maka hasilnya adalah 14 + 15 = 29.

2. Jika Jumat Kliwon Menikah dengan Kamis Pon

Misalkan, Jumat Kliwon (neptu 14) Kamis Pon (neptu 15), jika dijumlahkan maka hasilnya adalah 14 + 15 = 29.

3. Jika Jumat Kliwon Menikah dengan Jumat Pahing

Seandainya Jumat Kliwon (neptu 14) Jumat Pahing (neptu 15), jika dijumlahkan maka hasilnya adalah 14 + 15 = 29.

Menurut Primbon Jawa, hasil bilangan 29 adalah RATU. Maksudnya, pasangan tersebut memang sudah jodohnya. Dihargai dan disegani oleh tetangga dan lingkungan sekitar. Saking harmonisnya, bahkan banyak orang yang iri akan keharmonisannya dalam membina rumah tangga.

 

 

7 dari 8 halaman

7. Ramalan Rumah Tangga Tidak Harmonis Jumat Kliwon

Ilustrasi Ramalan Rumah Tangga Tidak Harmonis Jumat Kliwon (credit: unsplash)

Sebaliknya jika Rabu Kliwon, Kamis Pon, dan Jumat Pahing adalah jodoh yang tepat, ternyata ada pula beberapa weton yang menurut Primbon Jawa tidak cocok dengan Jumat Kliwon. Weton-weton yang tidak cocok dengan Jumat Kliwon tersebut di antaranya adalah Minggu Legi dan Selasa Pon. Keduanya mempunyai neptu berjumlah 10. Sehingga, penjumlahan neptu keduanya dengan Jumat Kliwon disebut tidak akan cocok.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini:

1. Jika Jumat Kliwon Menikah dengan Minggu Legi

Apabila, Jumat Kliwon (neptu 14) Minggu Legi (neptu 10), jika dijumlahkan maka hasilnya adalah 14 + 10 = 24.

2. Jika Jumat Kliwon Menikah dengan Selasa Pon

Semisal, Jumat Kliwon (neptu 14) Selasa Pon (neptu 10), jika dijumlahkan maka hasilnya adalah 14 + 10 = 24.

Menurut Primbon Jawa, hasil 24 berarti PADU. Itu artinya, diprediksi rumah tangga mereka bakal sering mengalami pertengkaran. Tapi Bela, meskipun sering bertengkar, nggak sampai cerai. Masalah pertengkaran tersebut bahkan bisa dipicu dari hal-hal yang sifatnya cukup sepele.

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai weton Jumat Kliwon menurut primbon Jawa bagi kalian yang penasaran dengan watak, karier, dan jodoh dalam kehidupan.

 

 

(kpl/gen/ans)