Wujudkan Desa Ramah Lingkungan, Mahasiswa KKN UM 2023 Hadirkan Dinas Lingkungan Hidup untuk Sosialisasikan Pemilahan Sampah kepada Warga Desa Pandanrejo


Berita | Sabtu, 29 Juli 2023 14:15

Kapanlagi.com - Ditulis oleh: Arini Indah, Farida, Ribka Ravika


Kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya kebersihan lingkungan masih sangat perlu untuk ditingkatkan. Hal itu yang lantas menjadi acuan para mahasiswa KKN dari Universitas Negeri Malang tahun 2023 untuk menggelar sosialisasi pemilahan sampah di balai Desa Pandanrejo hari Selasa (18/7/2023) kemarin.

13 orang anggota KKN yang terlibat memulai langkah akan kesadaran akan betapa pentingnya peran mereka dalam berkontribusi langsung terhadap lingkungan di sekitarnya. Dengan semangat dan antusias, mereka menjalankan program sosialisasi pemilahan sampah 3R di Desa Pandanrejo pada tanggal 18 Juli 2023 sebagai bentuk implementasi salah satu program kerja utama dari kegiatan KKN tahun ini.

Serangkaian proses yang cukup panjang terjadi dalam pelaksanaan dan wujud nyata dari program kerja 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) yang dilakukan mahasiswa KKN Pandanrejo 2023. Dan berikut ini adalah 3 poin penting mengenai implementasi proses dari program kerja 3R yang dilaksanakan oleh para mahasiswa KKN UM Desa Pandanrejo 2023..

1 dari 3 halaman

1. Keresahan Terhadap Kondisi Sampah di Desa Pandanrejo

Implementasi program kerja 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) di Desa Pandanrejo oleh mahasiswa KKN UM 2023 / credit foto: dokumen pribadi

Sebelumnya, para mahasiswa KKN melakukan observasi lapangan mengenai kondisi sampah yang ada di sekitar pemukiman wilayah di dusun-dusun dari desa Pandanrejo. Setelah membahas lebih lanjut melalui diskusi, para mahasiswa menemukan permasalah utama masyarakat desa di mana sampah mengalami penumpukan yang tidak terkendali, kurangnya sarana dan prasarana atau fasilitas pengelolaan sampah, dan sistem pemilahan sampah yang kurang efektif.

Tentunya hal tersebut menyebabkan keresahan dan keprihatinan di lingkungan desa sehingga diperlukan adanya usaha kolaboratif antara masyarakat, perangkat desa, serta pihak terkait. Itulah awal mula dari ide program kerja 3R yang berfokus pada perhatian akan sampah di lingkungan sekitar hingga akhirnya mahasiswa KKN UM 2023 menjadikan ini sebagai topik salah satu program utama.

Dengan adanya sosialisasi, hal ini diharapkan akan mampu meningkatkan kesadaran warga tentang pentingnya pengelolaan sampah yang baik dan memberikan edukasi tentang teknik pemilahan sampah yang efektif.

2 dari 4 halaman

2. Implementasi Program 3R

Sosialisasi pemilahan sampah di balai Desa Pandanrejo / Credit Foto: Dokumentasi Pribadi

Sebelumnya, para mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang tahun 2023 mengambil inisiatif untuk mengatasi permasalahan sampah di Desa Pandanrejo dengan menjadikan sosialisasi pemilahan sampah 3R sebagai fokus utama program kerja KKN. Sebagai tindak lanjut, dengan kolaborasi dan kerjasama dengan pihak perangkat desa dan masyarakat, para mahasiswa KKN UM 2023 ini menyelenggarakan acara sosialisasi pada tanggal 18 Juli 2023. Kegiatan tersebut telah menghadirkan pihak Dinas Lingkungan Hidup sebagai pemateri untuk memberikan ilmu, pengetahuan, dan wawasan tentang pentingnya pengelolaan sampah yang ramah lingkungan.

Dukungan dari Dinas Lingkungan diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi warga untuk mengambil tindakan nyata dalam menghadapi permasalahan sampah. Melalui program ini juga, kolaborasi yang telah tercipta antara para mahasiswa, warga desa, dan pihak berwenang mampu mencapai tujuan bersama menciptakan desa yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Dengan sosialisasi ini, para mahasiswa berharap apabila langkah ini mampu meningkatkan kesadaran dan partisipasi aktif warga desa dalam memilah sampah dan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat demi kebaikan masyarakat desa itu sendiri. Dan ini menjadi upaya bersama dalam pengelolaan sampah yang lebih ramah lingkungan secara berkesinambungan agar berdampak positif bagi lingkungan dan kesehatan warga.

3 dari 4 halaman

3. Respon Masyarakat dan Pihak Perangkat Desa

Sosialisasi pemilahan sampah di balai Desa Pandanrejo / Credit Foto: Dokumentasi Pribadi

Bak gayung bersambut, sosialisasi pemilahan sampah yang diadakan oleh mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang di Desa Pandanrejo mendapatkan respon positif dan antusias dari masyarakat dan pihak perangkat desa. Perangkat desa membuka pintu kolaborasi dan memberikan dukungan penuh kepada mahasiswa KKN dan pihak berwenang, sementara masyarakat desa berpartisipasi aktif dalam acara sosialisasi. Kerjasama ini menunjukkan keseriusan dan komitmen dalam menciptakan perubahan positif dalam pengelolaan sampah serta menjadikan Desa Pandanrejo sebagai desa yang ramah lingkungan, bersih, sehat, dan berkelanjutan.

Berharap program ini dapat meningkatkan kesadaran warga tentang pentingnya pemilahan sampah yang tepat dengan prinsip 3R. Berbagai disiplin ilmu yang dimiliki oleh mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang membantu mereka bersinergi dengan masyarakat Desa Pandanrejo untuk menciptakan program sosialisasi yang berdampak positif serta pelaksanaannya secara nyata sangat bergantung dalam keberlangsungan hidup masyarakat desa yang ada. Dengan demikian, partisipasi aktif warga dalam pengelolaan sampah diharapkan mampu mencegah, mengatasi, dan mengurangi penumpukan sampah di sekitar masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas hidup warganya.

(kpl/gtr)

Topik Terkait