Aplikasi Kesehatan Super Keren di The NextDev 2017, Sudah Tahu?

Senin, 15 Januari 2018 00:01 Penulis: Ayu Miranti
Aplikasi Kesehatan Super Keren di The NextDev 2017, Sudah Tahu?
©youtube/kapanlagi.com

Kapanlagi Plus - Ajang Telkomsel The NextDev 2017 baru-baru ini menjadi sorotan anak muda Indonesia. Pasalnya, ajang ini mendorong anak-anak muda untuk berkarya untuk Indonesia dari berbagai macam bidang. Salah satunya masalah kesehatan, yang masih banyak dialami oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Ajang ini pun berhasil menyaring ide-ide keren di bidang kesehatan, lho.

Tingkat penderita katarak di Indonesia yang begitu tinggi menginspirasi Caesar, Sylvester dan Ivan membuat Cekmata.com. Web apps ini dilengkapi dengan AI (artificial intelligent) untuk mendeteksi apakah mata terkena katarak atau tidak berdasarkan tingkat keburaman. Tuh, keren banget kan?

Para ibu yang baru melahirkan sering kali galau dengan permasalahan ASI. Hal ini membuat Meralda Nindyasti membuat sebuah aplikasi bernama Lactashare. Platform digital ini mempertemukan donor asi, penerima asi dan ahli laktasi dalam sebuah aplikasi dengan mudah dan nyaman. Bisa curhat dengan ahli laktasi secara real time, lho!

Penderita HIV/AIDS di Indonesia yang cukup banyak membuat tiga cowok bernama Joko, Ramdhan dan Tio membuat Comrades. Aplikasi dapat provide artikel, berita, event dan juga konsultasi HIV/AIDS. Ada juga reminder untuk melakukan terapi bagi yang membutuhkan.

Krisis air ternyata memberikan ide bagi Ratih Rachmatika untuk membuat Siaga Air Bersih (SIAB). Ia menciptakan sebuah aplikasi dan juga alat untuk monitoring sensor PH, sensor kekeruhan dan suhu air. Aplikasi ini nantinya dapat mempermudah distribusi air bersih.

Farly N. Dewantara sangat prihatin saat melihat pasien yang sakit harus menunggu berjam-jam untuk berkonsultasi dengan dokter. Belum lagi, jika ingin rawat inap, terkadang harus pindah Rumah Sakit karena kamar penuh. Ia pin menciptakan Medicaboo yang bisa membantu pasien untuk booking kamar pasien kosong di rumah sakit yang akan di tuju.

Menunggu jam konsultasi dokter yang antre dan lama membuat Ilzam Hakiki untuk membuat I Care Indonesia. Aplikasi ini memudahkan pasien untuk bisa booking perawat/ tenaga medis profesional melalui website untuk datang ke rumah.

Ide-ide keren tersebut kemudian dipresentasikan di depan para praktisi startup dan pakar teknologi. Cekmata.com berhasil menjadi aplikasi terbaik The NextDev 2017 untuk kategori kesehatan. Wah, selamat ya!

dengan adanya ajang The NextDev 2017 ini, harapannya makin banyak muncul karya-karya anak bangsa yang terus menginspirasi dan menciptakan perubahan yang positif untuk Indonesia. Yuk saksikan perjalanan seru para finalis berikut ini!

(kpl/ayu)

Reporter:

Ayu Miranti



MORE STORIES




REKOMENDASI