Al Kautsar Arti Beserta Makna, Ketahui Juga Keutamaannya yang Luar Biasa

Senin, 28 Maret 2022 13:11 Penulis: Nurul Wahida
Al Kautsar Arti Beserta Makna, Ketahui Juga Keutamaannya yang Luar Biasa
Arti dan makna surat Al Kautsar (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Al Kautsar arti memiliki beragam pelajaran dan hikmah yang bisa diambil dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu surat Al Kautsar juga mengandung banyak keutamaan luar biasa dengan sebab musabab atau asbabun nuzul yang perlu dipahami umat muslim.

Alquran menjadi kitab suci umat Islam yang terdiri dari 30 juz, 114 surat dan 6666 ayat. Setiap juz, surat dan ayat dalam Alquran memiliki arti yang begitu mendalam dan keutamaan luar biasa untuk dipahami umat Islam. Salah satunya yang cukup populer adalah surat Al Kautsar termasuk surat Makiyah yang turun di kota Mekah.

Surat Al Kautsar arti mengandung makna yang sangat mendalam. Dalam hal ini surat Al Kautsar menjadi surat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW yang berarti nikmat yang banyak. Selain itu surat Al Kautsar merupakan surat ke 108 dan terdiri dari tiga ayat dengan keutamaan luar biasa.

Surat Al Kautsar ini termasuk surat pendek yang sering dibaca dalam bacaan sholat. Dalam sejumlah pengajian ataupun ceramah keagamaan, bahkan Surat Al Kautsar juga sering dibahas dengan kandungan arti dan keutamaan di dalamnya. Untuk lebih lengkap memahami arti dan makna surat Al Kautsar beserta keutamaannya terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Adapun surat Al Kautsar arti dan maknanya sebagai berikut dilansir dari berbagai sumber.

 

1. Bacaan Arab dan Arti Surat Al Kautsar

Adapun bacaan surat Al Kautsar dan terjemahannya dapat kalian pahami dalam ulasan di bawah ini. Berikut ini bacaan latin surat Al Kautsar dan arti dari surat Al Kautsar.

Bacaan latin surat Al Kautsar:

Innaa a'tainaakal-kausar (1) Fa salli lirabbika wan-har (2) Inna syaani'aka huwal-abtar (3)

Arti surat Al Kautsar:

(1)  Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak.

(2)  Maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkorbanlah.

(3)  Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus.

 

2. Sebab Musabab Diturunkan Surat Al Kautsar

Sama seperti surat dalam Alquran, surat Al Kautsar juga memiliki latar belakang, sebab ada musabab atau asbabun nuzul diturunkannya surat ini kepada Nabi Muhammad SAW. Melansir dari bersamadakwah.net, Imam Ahmad meriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu'anhu, bahwa Rasulullah menundukkan kepalanya sejenak lalu mengangkat kepalanya seraya tersenyum.

Para sahabat bertanya,

"Mengapa engkau tersenyum ya Rasulullah?"

Maka Rasulullah menjawab,

"Sesungguhnya telah diturunkan kepadaku suatu surat." Lalu beliau membaca Surat Al Kautsar.

"Tahukan kalian apakah Al Kautsar itu?"

Mereka menjawab,

"Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui." Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Al Kautsar adalah sebuah sungai (telaga) yang diberikan kepadaku oleh Tuhanku di dalam surga. Padanya terdapat kebaikan yang baik. Umatku kelak akan mendatanginya di hari kiamat. Jumlah wadah-wadah (bejana-bejana)nya sama dengan bilangan bintang-bintang. Diusir darinya seseorang hamba, maka aku berkata, "Ya Tuhanku, sesungguhnya dia dari umatku." Maka dikatakan, "Sesungguhnya kamu tidak mengetahui apa yang telah dibuat-buatnya sesudahmu"." (HR. Ahmad; shahih).

 

3. Keutamaan Pertama Surat Al Kautsar

Setelah mengetahui bacaan arab dan surat Al Kautsar arti, penting juga memahami keutamaan dalam surat Al Kautsar yang perlu dipahami. Adapun keutamaan surat Al Kautsar tersebut yang pertama adalah dapat digunakan sebagai proses dari ikhtiar untuk meminta disembuhkannya penyakit.

Melansir dari dari liputan6.com, untuk menggunakannya cukup dengan membaca surat Al Kautsar pada segelas air lalu meminum air tersebut. Maka dengan izin Allah melalui ikhtiar tersebut dapat membantu menyembuhkan penyakit yang sedang dihadapi.

 

4. Mendapat Nikmat Besar dari Allah SWT

Keutamaan surat Al Kautsar selanjutnya adalah diberikan nikmat besar dari Allah SWT. Seperti diketahui kehidupan dunia tak selalu berjalan mulus dan dilengkapi dengan beragam perjalanan hidup baik suka ataupun duka. Berkaitan dengan keutamaan surat Al Kautsar surat ini dapat memberikan nikmat yang begitu besar baik kehidupan dunia dan akhirat.

Melansir dari liputan6.com, Barangsiapa yang membaca surat Al Kautsar maka akan ditambahkan nikmat hidup dunia dan akhirat kelak. Sebab surat Al Kautsar menunjukkan bahwa Allah SWT memberikan nikmat yang besar kepada Nabi Muhammad SAW. Diantara nikmat tersebut seperti keturunan dan telaga Al Kautsar yang merupakan air di surga. Air telaga tersebut memiliki keistimewaan dan berkhasiat bagi setiap makhluk hidup.

 

5. Memiliki Keluarga yang Harmonis

Keutamaan Surat Al Kautsar juga dapat membantu memiliki hubungan keluarga yang lebih harmonis. Dimana surat Al Kautsar ini bisa diamalkan dalam ibadah dan kehidupan sehari-hari untuk membantu kehidupan keluarga lebih baik dan harmonis bersama pasangan. Membaca dan mengamalkan surat Al Kautsar dalam kehidupan sehari-hari seperti sholat tahajud bersama bisa menjadi pilihan tepat membangun keluarga yang harmonis.

 

6. Melembutkan Hati Seseorang

Keutamaan surat Al Kautsar diketahui dapat membantu melembutkan hati seseorang. Melansir dari dalamislam.com, surat Al Kautsar dapat membantu melunakkan hati seseorang yang terkesan acuh, membenci kalian, dan berhati keras bisa dilakukan dengan membaca surat Al Kautsar. Saat kalian menghadapi orang dengan karakter tersebut membaca surat Al Kautsar tiga kali, atas izin Allah dapat membantu melunakkan hati seseorang.

 

7. Dapat Membangunkan Tidur di Waktu Tepat

Keutamaan surat Al Kautsar juga diketahui dapat menjadi alarm tidur agar kalian dapat bangun tepat waktu. Terlebih pada saat pagi hari yang membantu kalian tetap terjaga untuk melaksanakan sholat subuh serta tidak kesiangan. Melansir dari dalamislam.com, caranya cukup dengan membaca surat Al Kautsar sebanyak 7 kali sebelum tidur dapat membantu membangunkan kalian di waktu tepat saat pagi hari.

 

8. Mengatasi Rasa Takut Berlebih

Rasa takut berlebihan sering dialami sejumlah orang saat dihadapkan dengan suatu hal ataupun perkara. Menariknya keutamaan surat Al Kautsar ternyata dapat membantu mengatasi rasa takut berlebih yang sedang dihadapi seseorang. Melansir dari sumber yang sama hanya dengan membaca surat Al Kautsar dapat membantu menenangkan hati dan menghilangkan rasa takut berlebih atas izin dari Allah SWT.

 

9. Mendapatkan Ketenangan dan Ketentraman Hati

Keutamaan surat Al Kautsar juga dapat membantu mendapatkan ketenangan dan ketentraman hati dan jiwa. Dalam hal ini hanya dengan membaca surat Al Kautsar dan mengamalkannya, maka ketenangan hati dan ketentraman hati bisa didapatkan setiap orang. Dengan mendapatkan ketenangan dan ketentraman hati dan jiwa ini pastinya kehidupan jadi lebih nikmat dan terasa tenang.

 

10. Pembuka Jalan Rezeki

Surat Al Kautsar juga bisa menjadi jalan pembuka rezeki. Dalam hal ini dengan mengamalkan surat Al Kautsar bisa membuka jalan rezeki kalian. Keutamaan tersebut bisa dirasakan secara tidak langsung namun dapat membantu mendapatkan seseorang agar memperoleh rezeki yang berkah dan lebih nikmat.

 

11. Surat Penyembuh Penyakit

Surat al Kautsar juga dijadikan sebagai alat ikhtiar untuk meminta kesembuhan dari segala macam penyakit kepada Allah SWT. Dengan membaca surat Al Kautsar saat hendak minum, insya Allah ikhtiar yang dilakukan akan membuahkan hasil. Penyakit yang diderita akan segera sembuh.

Sehingga, ada banyak sekali orang-orang yang melakukan ikhtiar ini secara rutin untuk membantu membuat tubuh menjadi sehat. Selain itu, hal ini juga bisa menjadi sebuah ruqiah pada tubuh dan membuat tubuh tetap sehat serta dijauhkan oleh hal-hal buruk.

 

12. Membebaskan dari Kezaliman

Dan keutamaan surat Al Kautsar yang terakhir adalah membebaskan seseorang dari kezaliman. Ya, jika seorang muslim sedang merasa sedang dizalimi orang lain, kemudian ia membaca surat Al Kautsar sebanyak 71 kali dengan hati yang ikhlas dan berserah diri kepada Allah. Maka ia akan terbebas dari kezaliman tersebut.

13. Makna Tiap Surat Al Kautsar

Bukan hanya memiliki banyak keutamaan secara menyeluruh saja, kita juga bisa mengetahui makna Al Kautsar untuk tiap suratnya. Ya, surat Al Kautsar hanya ada tiga ayat, namun ketiga ayat tersebut memiliki maknanya. Dan berikut ini makna pada setiap ayat surat Al Kautsar:

1. Pada makna ayat surat Al Kautsar yang berbunyi, "Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak.", ini memastikan bahwa kelimpahan yang tiada henti yang diberikan kepada Nabi dalam kehidupan ini, serta kabar gembira untuk beberapa dari apa yang akan diberikan kepadanya di surga.

2. Pada makna ayat surat Al Kautsar yang kedua yang berisi, "Maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkorbanlah.", ini memiliki makna yaitu, imbalan atas kebaikan yang melimpah dan sanggahan ilahi atas tuduhan palsu yang dibuat oleh orang-orang musyrik, Alquran mengarahkan Nabi untuk bersyukur sepenuhnya dan tulus kepada Allah.

3. Dan makna ayat surat Al Kautsar yang dengan isi surat, "Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus." Ini memiliki makna orang-orang yang memfitnah Nabi. Mereka yang mengatakan bahwa dia tidak memiliki keturunan dan menganggap pesannya tidak baik, mereka adalah orang-orang yang benar-benar terputus. Orang-orang ini tidak lagi diingat oleh siapa pun kecuali apa yang telah mereka katakan dan lakukan yang bertentangan dengan kebenaran.

Nah itulah terkait dengan arti dan makna surat Al Kautsar beserta keutamaan luar biasa. Untuk mendapatkan keutamaan tersebut, mengamalkan surat Al Kautsar perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

(kpl/gen/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI