Arti dari Kata Tollabu dalam Hadis Tentang Ilmu Adalah Menuntut, Ketahui Juga Hadis-Hadis Lainnya

Diterbitkan:

Arti dari Kata Tollabu dalam Hadis Tentang Ilmu Adalah Menuntut, Ketahui Juga Hadis-Hadis Lainnya
Ilustrasi (credit: unsplash)

Kapanlagi.com - Menuntut ilmu jadi sebuah hal yang sangat dianjurkan. Terbukti, ada banyak hadis yang membahas tentang menuntut ilmu. Di setiap hadis tentang menuntut ilmu, hampir pasti akan dijumpai kata thollabu 'ilmi. Wajar saja pasalnya, dalam bahasa Indonesia arti dari kata tollabu dalam hadis tentang ilmu adalah menuntut atau mencari.

Salah satu hadis menuntut ilmu berbunyi "Tollabu 'ilmi fardhatun 'alaa kulli muslim". Hadis yang diriwayatkan Ibnu Najah tersebut berarti, "Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim.

Selain hadis di atas, masih ada banyak hadis tentang menuntut ilmu yang bisa dijadikan motivasi belajar. Berikut beberapa hadis tentang menuntut ilmu dan artinya yang bisa dijadikan insprasi dan motivasi untuk pelajar.

 

1. Arti dari Kata Tollabu

Seperti yang telah disebutkan di awal, kata tollabu hampir pasti bisa ditemukan di setiap hadis yang membahas tentang ilmu. Hal ini membuat banyak orang berpikir bahwa sangat penting untuk tahu arti dari kata tollabu dalam hadis tentang ilmu.

Dalam hadis diriwayatkan Ibnu ajah yang berbunyi, "Tollabu 'ilmi fardhatun 'alaa kulli muslim," kata tollabu tak bisa dipisahkan dari kata 'ilmi. Hadis dalam bahasa Arab, jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah "Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim." Sehingga, jika 'ilmi berarti ilmu, maka tollabu kurang lebih artinya adalah mencari atau menuntut.

Dalam bahasa sehari-hari masyarakat, menuntut ilmu sama artinya dengan mencari ilmu. Baik menuntut ilmu ataupun mencari ilmu, sering juga diartikan dalam bentuk berbagai kegiatan seperti belajar, sekolah, kuliah, dan sejenisnya.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Keutamaan Menuntut Ilmu dalam Agama Islam

Dalam agama Islam, menuntut ilmu jadi hal yang sangat dianjurkan. Bahkan, menuntut juga disebut-sebut sama dengan ibadah. Sehingga, saat seorang menuntut ilmu dengan belajar, sekolah, dan kuliah, dia juga bisa mendapatkan pahala Ibadah.

Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya dalam beberapa ayat Alquran dan Hadis memang dijelaskan ilmu mempunyai kedudukan tinggi dalam agama Islam. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan kedudukan ilmu dalam agama Islam.

1. Ilmu merupakan tanda kebaikan dan rahmat dari Allah SWT. Menuntut ilmu bisa membawa banyak berkah kebaikan bagi seorang muslim. Dengan ilmu, seorang muslim bisa mewujudkan tujuan dan impiannya di masa depan. Hal tersebut sebagaimana yang tertuang dalam hadis:

"Sesungguhnya Allah Azza Wajalla menciptakan makhluk-Nya dalam kegelapan, Lalu Allah memberikan kepada mereka dari cahaya-Nya, maka siapa yang mendapatkan cahaya tersebut, maka dia mendapatkan hidayah, dan siapa yang tidak mendapatkannya maka dia tersesat." (HR. Ahmad (2/176), Tirmidzi,no:2642, Ibnu Hibban (6169),Al-Hakim dalam mustadrak (1/84), dari hadits Abdullah bin Amr bin Ash. Disahihkan Al-Albani dalam Ash-Shahihah (3/1076).

2. Menuntut ilmu juga bisa jadi jalan seorang muslim, terselamat dari laknat Allah SWT. Hal tersebut sebagaimana yang tertuang dalam hadis:

"Sesungguhnya dunia itu terlaknat, terlaknat segala isinya, kecuali zikir kepada Allah dan amalan- amalan ketaatan, demikian pula seorang yang alim atau yang belajar." (HR.Tirmidzi)

3. Tak hanya menyelamatkan dari laknat, ilmu yang bermanfaat juga bisa menjadi jalan seseorang menuju surga Allah SWT. Namun agar berkah, tentu seorang muslim harus sabar dan ikhlas dalam menuntut ilmu, memasrahkan segala prosesnya ke Allah SWT. Hal tersebut terdapat dalam hadis:

"Barangsiapa yang menempuh satu jalan untuk mendapatkan ilmu, maka Allah memudahkan baginya jalan menuju surga." (HR.Muslim:2699)

 

3. Hadis-Hadis tentang Menuntut Ilmu

Selain beberapa hadis yang sudah dipaparkan di atas, masih ada beberapa hadis yang membahas tentang menuntut ilmu. Hadis-hadis tersebut bisa jadi sumber inspirasi dan motivasi dan mencari ilmu sebanyak-banyaknya. Berikut beberapa hadits tentang ilmu.

1. "Belajarlah kamu semua, dan mengajarlah kamu semua, dan hormatilah guru-gurumu, serta berlaku baiklah terhadap orang yang mengajarkanmu." (HR Thabrani).

2. "Belajarlah kalian ilmu untuk ketentraman dan ketenangan serta rendah hatilah pada orang yang kamu belajar darinya." (HR Thabrani).

3. "Jika seorang manusia mati, maka terputuslah darinya semua amalnya kecuali dari tiga hal; dari sedekah jariyah atau ilmu yang diambil manfaatnya atau anak shalih yang mendoakannya." (HR Muslim no. 1631).

4. "Mencari ilmu adalah kewajiban setiap muslim, dan siapa yang menanamkan ilmu kepada yang tidak layak seperti yang meletakkan kalung permata, mutiara, dan emas di sekitar leher hewan." (HR Ibnu Majah).

5. "Keutamaan ilmu itu lebih baik dari keutamaan ibadah, dan sebaik-baik keberagaman kalian adalah sikap wara'," (HR Turmidzi).

6. "Barangsiapa yang mempelajari ilmu yang dengannya dapat memperoleh keridhoan Allah SWT, (tetapi) ia tidak mempelajarinya kecuali untuk mendapatkan kesenangan duniawi, maka ia tidak akan mendapatkan harumnya surga di hari kiamat nanti," (HR Abu Daud).

7. "Barangsiapa yang hendak menginginkan dunia, maka hendaklah ia menguasai ilmu. Barangsiapa menginginkan akhirat hendaklah ia menguasai ilmu, dan barangsiapa yang menginginkan keduanya (dunia dan akhirat) hendaklah ia menguasai ilmu," (HR Ahmad).

Itulah di antaranya penjelasan tentang arti kata tollabu dalam hadis tentang ilmu adalah menuntut atau mencari. Semoga bermanfaat, bisa menambah wawasan, dan bisa menambah motivasi serta inspirasi kalian dalam mencari ilmu sebanyak-banyaknya. Amiin!

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending