Arti Debit dalam Dunia Akuntansi dan Bank, Beserta Perbedaan dengan Kredit - Cara Menggunakannya

Jum'at, 02 Desember 2022 12:33
Arti Debit dalam Dunia Akuntansi dan Bank, Beserta Perbedaan dengan Kredit - Cara Menggunakannya
Ilustrasi (credit: pixabay.com)


Kapanlagi Plus - Dalam dunia akuntansi ataupun perbankan, kata debit tidak asing lagi. Namun, bagi KLovers yang baru saja ingin belajar keuangan, perlu tahu nih arti debit sendiri.

Ya, arti debit sendiri ada dua pengertian ya KLovers. Ada arti debit dalam dunia akuntansi dan juga ada pula arti debit dalam dunia bank. Beserta perbedaannya dengan kredit.

Berikut ini penjelasan tentang arti debit dalam dunia akuntansi dan bank. Beserta perbedaannya dengan kredit. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Arti Debit dalam Akuntansi

Arti debit yang pertama yaitu, ada arti debit dalam dunia akuntansi. Dan arti debit dalam akuntansi adalah berkurang atau bertambahnya uang yang ada pada suatu rekening tabungan. Seringkali debit juga disingkat dengan DR yang menjadi salah satu istilah dalam bahasa latin, yakni debere, artinya adalah kebalikan dari kredit.

Debit merupakan suatu akun atau kode serta aset yang mana nilainya dapat meningkat jika di debit. Sementara itu, pada ekuitas, liabilitas, dan juga pendapatan nilainya akan berkurang jika di debet. Debit juga memiliki arti catatan di dalam pembukuan dalam pengurangan deposito yang terdapat dalam rekening bank.

 

2. Arti Debit dalam Bank

Kemudian, ada pula arti debit dalam dunia bank. Ya, apakah ada perbedaannya? Ya, bila dalam akuntansi, arti debit adalah berkurang atau bertambahnya uang yang ada pada suatu rekening tabungan. Maka dalam dunia perbankan, arti debit adalah sebuah transaksi berupa uang yang keluar.

Ketika rekening bank di debit, maka uang dikeluarkan dari rekening. Debit bank sebagai suatu istilah pembukuan untuk mencatat pengurangan simpanan di rekening bank pelanggan. Rekening bank juga di debit ketika transaksi dilakukan, biasanya dengan menggunakan kartu debit, sistem pembayar tagihan, ataupun dengan cek.

Debit bank juga dapat mencakup biaya cerukan, biaya rekening tahunan, serta biaya lain yang terkait dengan pengelolaan serta pemeliharaan rekening bank. Pendebitan bank hanya diperbolehkan oleh para pemegang rekening dan biaya apapun diperbolehkan secara hukum ketika nasabah secara sah.

 

3. Perbedaan Debit dan Kredit

Nah, selain KLovers mengetahui apa sih arti debit, KLovers juga perlu tahu nih apa perbedaan debit dan kredit. Nah, sebelum itu, KLovers harus tahu dulu apa itu kredit. Kata kredit berasal dari bahasa Yunani credere yang berarti kepercayaan.

Secara umum kredit berarti kemampuan untuk memberikan pinjaman dengan suatu janji yang akan dibayar sesuai dengan waktu yang disepakati. Nah, berikut ini perbedaan dari kartu debit dan kartu kredit yang bisa kalian ketahui.

1. Semua transaksi keuangan yang masuk ini artinya akan masuk di dalam akun debit pada neraca. Sementara itu, transaksi apapun yang keluar akan tercatat di dalam akun kredit.

2. Di dalam laporan laba rugi, semua pengeluaran serta kerugian akan dicatat di dalam kredit, sementara pendapatan akan ditulis di dalam kredit.

3. Kredit digunakan untuk mencatat adanya pertambahan sejumlah uang, sedangkan debit digunakan untuk mencatat adanya pengurangan dana.

4. Debit adalah aktivitas pencatatan saat terjadi pemasukan atau penambahan uang dalam rekening tabungan, sedangkan kredit adalah pengurangan uang dalam tabungan.

5. Debit adalah menabung sedangkan kredit adalah pengambilan uang di bank.

6. Debit adalah menabung di bank, sementara kredit adalah mengeluarkan ataupun meminjam sejumlah uang dari pihak bank.

7. Debit mengacu pada sisi kiri akun buku besar, sedangkan kredit berhubungan dengan sisi kanan akun buku besar.

8. Dalam akun rekening, penerima di debit sementara pemberi dikreditkan.

9. Apapun yang masuk ke dalam rekening, di debit dalam akun neraca, sedangkan apapun yang keluar dikreditkan.

10. Debit adalah proses pencatatan pembukuan yang berkaitan dengan pengurangan sejumlah deposito.

 

4. Cara Menggunakan Debit

Dan yang terakhir yang bisa KLovers ketahui dalam arti debit yaitu, cara penggunaan kartu debit itu sendiri. Dan berikut ini beberapa cara menggunakan kartu debit untuk berbelanja.

1. Cara yang pertama yaitu, kalian harus pastikan merchant yang kalian datangi menyediakan layanan non tunai.

2. Setelah itu, kalian bisa belanja sesuai dengan kebutuhan kalian.

3. Setelah berbelanja, kalian bisa datang ke kasir untuk membayar belanjaan kalian.

4. Berikan kartu debit ke pelayan untuk digesek ke mesin EDC.

5. Nantinya, pelayan akan memasukkan nominal transaksi.

6. Selanjutnya, kalian akan diminta memasukkan nomor PIN kartu debit.

7. Sebelum kalian menekan pin, kalian harus lihat terlebih dahulu jumlah transaksi yang dibayarkan. Apakah sudah benar.

8. Perlu diingat ya KLovers, kalian harus tetap menjaga kerahasiaan nomor PIN.

9. Setelah pembayaran berhasil, saldo dalam kartu debit akan otomatis terpotong. Besaran saldo yang terpotong akan menyesuaikan dengan nominal transaksi.

10. Setelah menerima struk pembayaran, cek kembali jumlah saldo dengan nominal transaksi. Struk berguna sebagai tanda bukti transaksi.

Itulah arti debit yang bisa KLovers ketahui dan juga pahami. Selain arti debit, KLovers juga bisa mengetahui perbedaan dengan kredit serta cara menggunakannya saat berbelanja.

 

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI