Arti Inklusif Secara Umum, Manfaat dan Contoh Sikapnya dalam Kehidupan

Kamis, 05 Mei 2022 09:44
Arti Inklusif Secara Umum, Manfaat dan Contoh Sikapnya dalam Kehidupan
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Inklusif adalah contoh nyata dari toleransi. Selain itu, mendapat ajakan untuk bersikap inklusif mungkin saja pernah kalian dengar. Karenanya sikap inklusif merupakan sikap yang membawa banyak manfaat. Namun sudah tahukah kalian arti inklusif sebenarnya?

Kehidupan manusia yang beragam membuat diri kita harus mampu bersikap saling menghargai dan menghormati terhadap perbedaan. Karenanya dengan sikap ini maka membawa kehidupan yang lebih harmonis dan rukun.

Lalu muncullah apa yang disebut dengan istilah inklusif. Sebagian dari kalian tentunya cukup familiar dengan istilah ini yang juga digunakan dalam sistem pendidikan. Arti inklusif memiliki makna yang positif. Karena ini merupakan cara pandang seseorang untuk bisa masuk dan memposisikan diri kepada cara pandang orang lain dalam menemukan suatu solusi memecahkan masalah.

Untuk tahu apa arti inklusif, ulasan di bawah ini penting kalian pahami. Yuk cek apa arti inklusif yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Arti Inklusif Secara Umum

Inklusif merupakan istilah yang sangat awam diketahui. Penggunaan kata inklusif ini bisa dipakai dalam berbagai bidang baik kehidupan bermasyarakat ataupun dunia pendidikan. Secara umum arti inklusif berasal dari kata inclusion. Dimana arti inklusif dari kata inclusion tersebut adalah mengajak masuk, termasuk ataupun mengikutsertakan.

Sedangkan jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti inklusif adalah termasuk atau terhitung. Arti inklusif dapat juga menunjukkan sifat yang inklusif. Artinya sifat inklusif tersebut adalah sifat yang mau terbuka ataupun mau menerima terhadap perbedaan.

Sementara itu, arti inklusif secara istilah dapat dimaknai dengan usaha mengikutsertakan diri masuk ke dalam posisi sekaligus cara pandang yang sama dengan orang lain. Dengan begitu akan mendorong munculnya rasa memahami terhadap cara pandang orang lain dalam memecahkan suatu masalah. Maka penerapan inklusif ini tentunya memberi manfaat bahwa suatu keputusan yang diambil dalam menyelesaikan masalah akan lebih adil dan tidak terjadi kesenjangan.

Selain itu, dikenal juga apa yang disebut dengan sikap inklusif. Arti sikap inklusif adalah sebuah sikap yang dimiliki seseorang dalam memandang suatu perbedaan. Itulah penjelasan mengenai arti inklusif yang perlu diketahui.

 

2. Arti Inklusif dalam Pendidikan

Setelah tahu arti inklusif secara umum, kalian mungkin sudah sangat familiar mendengar arti inklusif dalam dunia pendidikan. Ya, terdapat istilah pendidikan inklusif yang kerap digunakan untuk menunjukkan suatu sistem pendidikan. Namun apa arti inklusif dalam pendidikan?

Sebagai informasi tambahan arti inklusif dalam pendidikan memiliki makna bahwa pendidikan yang diterapkan terbuka untuk semuanya dan menerima beragam perbedaan yang ada. Melansir dari merdeka.com, penggunaan istilah pendidikan inklusif ini kerap disebutkan oleh UNESCO yang memiliki arti pendidikan ramah untuk semua dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Karenanya arti inklusif dalam pendidikan adalah bahwa pendidikan tersebut tidak memihak kepada satu kelompok atau orang secara khusus. Dengan begitu maka setiap orang memiliki hak sekaligus kesempatan sama mendapatkan pendidikan.

Di Indonesia juga diterapkan apa yang dinamakan dengan pendidikan inklusif. Di mana pendidikan inklusif tersebut memiliki sejumlah tujuan penting. Di antaranya seperti memberikan kesempatan sama setiap orang mendapatkan pendidikan tak terkecuali untuk anak berkebutuhan khusus, mempercepat program wajib belajar, meningkatkan kualitas pendidikan dasar, serta menerapkan amanat UUD 1945 pasal 31 ayat 1 mengenai hak yang sama setiap warga negara mendapatkan pendidikan.

 

3. Arti Inklusif dalam Masyarakat

Selain arti inklusif dalam pendidikan, ada juga maknanya dalam kehidupan bermasyarakat. Karena terdapat arti inklusif dalam masyarakat yang memberi banyak sekali manfaat untuk menciptakan kehidupan damai dan tentram.

Sementara itu arti inklusif dalam masyarakat bermakna sikap terbuka, ramah, saling menghargai, toleransi terhadap perbedaan tanpa terkecuali. Dimana dengan sikap dan sifat inklusif ini adalah usaha untuk bisa terbuka dan menerima perbedaan dalam masyarakat.

Arti inklusif dalam masyarakat juga merupakan upaya untuk menyediakan dan menyiapkan kemudahan bantuan layanan dan sarana bagi setiap masyarakat tanpa terkecuali agar masing-masing dari mereka bisa terpenuhi keperluannya, melaksanakan kewajiban dan memperoleh hak mereka tanpa memandang perbedaan.

Perlu diketahui bahwa setiap orang dalam kelompok masyarakat memiliki kebutuhan yang berbeda ataupun layanan dan sarana khusus sehingga perlu saling memahami, mau terbuka, dan masuk dengan cara pandang mereka dalam menyelesaikan suatu masalah. Sehingga penerapan kehidupan yang toleran akan semakin maksimal.

 

4. Manfaat Bersikap Inklusif

Terdapat beragam manfaat bersikap inklusif yang perlu kita ketahui. Karena sikap inklusif merupakan sikap yang membawa banyak manfaat positif dalam kehidupan bermasyarakat. Adapun beberapa manfaat dari sikap inklusif sebagai berikut.

- Lebih menghargai diri sendiri dan orang lain.

- Menumbuhkan rasa percaya diri.

- Lebih menghargai pesan budaya sesuai dengan apa yang diyakini dan dianut.

- Meningkatkan rasa memahami terhadap perbedaan bahwa hak dan kewajiban setiap orang itu sama adilnya.

- Lebih berpikiran terbuka dan cerdas.

- Menjalin komunikasi dengan lebih produktif.

- Semakin mendekatkan hubungan antar masyarakat.

 

5. Contoh Sikap Inklusif dalam Kehidupan

Adapun beberapa contoh sikap inklusif dalam kehidupan baik bermasyarakat ataupun dunia pendidikan dapat kalian simak di bawah ini. Langsung saja simak ulasannya tentang contoh-contoh sikap inklusif.

Contoh sikap inklusif dalam masyarakat

1. Ketika melihat jalan rusak dan berlubang, maka ada niatan untuk melaporkan kepada petugas yang berwenang. Karena setiap orang tentunya memiliki hambatan saat menggunakan jalan berlubang tersebut misalnya saja bagi ibu hamil, anak kecil, ataupun orang yang memiliki permasalahan kesehatan seperti penyakit stroke. Tentu akan kesulitan berjalan. Maka dengan sikap inklusif ini diri kita memandang dan memposisikan sesuatu sesuai dengan yang mereka hadapi. Sehingga suatu permasalahan bisa terpecahkan.

2. Memberi tempat khusus bagi orang-orang yang memiliki kebutuhan khusus seperti lansia, ibu hamil, dan lainnya.

3. Menghormati orang yang lebih tua dari diri kita.

4. Membantu orang lain saat menemukan hambatan dan masalah.

5. Membantu menyeberangkan jalan orang tua atau lansia.

6. Ramah tamah kepada semua orang tanpa terkecuali.

7. Bersosialisasi dengan siapapun tanpa memandang perbedaan yang ada.

 

6. Perbedaan Inklusif dan Ekslusif

Tidak hanya arti inklusif, kita juga kerap mendengar apa yang disebut dengan ekslusif. Dimana arti inklusif dan ekslusif saling berlawanan. Kalau arti inklusif adalah sikap menerima, terbuka, dan memposisikan diri dengan cara pandang orang lain dalam menyelesaikan masalah, maka arti ekslusif berlawanan.

Karena arti ekslusif adalah sikap tertutup, membatasi pergaulan, dan memisahkan diri dari orang lain yang berbeda. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan dengan orang lain yang membuat mereka memutuskan untuk tidak bergaul atau membatasi diri.

Itulah pengertian inklusif dan penjelasan lainnya. Sehingga dapat memudahkan kalian dalam memahami makna inklusif dan contoh-contohnya.

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI