Arti KPK: Pengertian, Tugas Hingga Fungsi Serta Struktur Organisasi

Selasa, 15 Februari 2022 15:55 Penulis: Dhia Amira
Arti KPK: Pengertian, Tugas Hingga Fungsi Serta Struktur Organisasi
(credit: merdeka.com)


Kapanlagi Plus - KPK merupakan salah satu lembaga negara yang dibentuk untuk memberantas korupsi. Ya, tentu kita tahu fungsi dari KPK sendiri. Arti KPK adalah kepanjangan dari Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia. Selain mengetahui arti KPK, tentu KLovers perlu mengetahui tugas, fungsi KPK serta visi dan misi KPK.

Komisi ini didirikan berdasarkan kepada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2002 mengenai Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Saat ini sudah banyak kasus yang dikerjakan oleh KPK dan selesai diatasi. KPK memang memiliki tugas yang cukup berat dan penuh tanggung jawab.

Nah, bagi KLovers yang ingin mengetahui lebih dalam tentang KPK. Maka berikut ini arti KPK beserta dengan fungsi dan tugas, serta visi misinya. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

 

1. Pengertian KPK

Seperti yang kalian ketahui bahwa, arti KPK adalah kepanjangan dari Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia. KPK adalah lembaga negara yang dibentuk dengan tujuan meningkatkan daya guna dan hasil guna terhadap upaya pemberantasan tindak pidana korupsi. KPK bersifat independen dan bebas dari pengaruh kekuasaan mana pun dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya.

Dalam Wikipedia dijelaskan bahwa, KPK dipimpin oleh Pimpinan KPK yang terdiri atas lima orang, seorang ketua merangkap anggota dan empat orang wakil ketua merangkap anggota. Pimpinan KPK memegang jabatan selama empat tahun dan dapat dipilih kembali hanya untuk sekali masa jabatan. Dalam pengambilan keputusan, pimpinan KPK bersifat kolektif kolegial.

Dalam pelaksanaan tugasnya, KPK berpedoman kepada lima asas, yaitu kepastian hukum, keterbukaan, akuntabilitas, kepentingan umum, dan proporsionalitas. KPK bertanggung jawab kepada publik dan menyampaikan laporannya secara terbuka dan berkala kepada Presiden Indonesia, Dewan Perwakilan Rakyat, dan Badan Pemeriksa Keuangan.

 

 

2. Tugas dan Fungsi KPK

Selain mengetahui arti KPK, kalian juga perlu mengetahui fungsi dan tugas dari KPK. Ya, bukan hanya memberantas korupsi saja, KPK juga memiliki beberapa tugas dan fungsi yang bisa KLovers ketahui. Nah, dilansir dari Wikipedia, berikut ini tugas dan fungsi dari KPK atau Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia:

Tugas:

1. Koordinasi dengan instansi yang berwenang melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi.

2. Supervisi terhadap instansi yang berwenang melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi.

3. Melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan terhadap tindak pidana korupsi.

4. Melakukan tindakan-tindakan pencegahan tindak pidana korupsi.

5. Melakukan monitor terhadap penyelenggaraan pemerintahan negara.

Fungsi:

1. Mengkoordinasikan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan tindak pidana korupsi.

2. Menetapkan sistem pelaporan dalam kegiatan pemberantasan tindak pidana korupsi.

3. Meminta informasi tentang kegiatan pemberantasan tindak pidana korupsi kepada instansi yang terkait.

4. Melaksanakan dengar pendapat atau pertemuan dengan instansi yang berwenang melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi.

5. Meminta laporan instansi terkait mengenai pencegahan tindak pidana korupsi.

 

 

3. Visi Misi KPK

Lalu yang terakhir yaitu, ada visi dan misi dari KPK. Ya, arti KPK adalah untuk memberantas korupsi. Tentu saja lembaga ini memiliki visi dan misi untuk melancarkan tujuan utamanya. Sehingga, KLovers juga perlu mengetahui visi dan misi dari KPK. Berikut ini isi dari visi dan misi KPK tersebut:

1. Visi KPK

Bersama masyarakat menurunkan tingkat korupsi untuk mewujudkan Indonesia maju.

2. Misi KPK

- Meningkatkan upaya pencegahan melalui perbaikan sistem pengelolaan administrasi lembaga Negara dan pemerintah yang antikorupsi.

- Meningkatkan upaya pencegahan melalui pendidikan antikorupsi yang komprehensif.

- Pemberantasan tindak pidana korupsi yang efektif, akuntabel, profesional, dan sesuai dengan hukum.

- Meningkatkan akuntabilitas, profesionalitas dan integritas Komisi Pemberantasan Korupsi dalam pelaksanaan tugas dan wewenang.

 

 

4. Struktur Organisasi

Dan yang terakhir yaitu, tentang struktur organisasi dari KPK. Ya, dalam setiap lembaga pasti ada yang namanya struktur organisasi, hal ini juga terjadi di KPK. Struktur organisasi yang bertugas untuk menuju tujuan dari KPK, yang terdiri dari Pimpinan KPK adalah pejabat negara yang terdiri dari 5 anggota yakni, Ketua yang merangkap Anggota, serta Wakil Ketua yang terdiri atas 4 orang dan masing-masing merangkap Anggota. Dan berikut ini struktur organisasi dari KPK yang dilansir dari Wikipedia:

1. Pimpinan

Ketua KPK adalah salah satu dari lima pimpinan di KPK. Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi juga merangkap sebagai anggota KPK.

2. Wakil Ketua KPK merupakan pimpinan KPK yang juga merangkap sebagai anggota KPK yang terdiri dari:

- Wakil Ketua Bidang Pencegahan.

- Wakil Ketua Bidang Penindakan.

- Wakil Ketua Bidang Informasi dan Data.

- Wakil Ketua Bidang Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat.

3. Tim Penasihat

Tim Penasihat berfungsi memberikan nasihat dan pertimbangan sesuai dengan kepakarannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi dalam pelaksanaan tugas dan wewenang Komisi Pemberantasan Korupsi. Tim Penasihat yang terdiri dari 4 anggota.

Itulah arti KPK yang bisa KLovers ketahui dan pahami. Bukan hanya arti KPK saja, KLovers juga bisa mengetahui tugas dan fungsi, visi misi, dan struktur organisasi.

 

 

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI