Arti Rekber: Pengertian Hingga Cara Kerja dan Penggunaannya

Kamis, 24 Februari 2022 18:44 Penulis: Dhia Amira
Arti Rekber: Pengertian Hingga Cara Kerja dan Penggunaannya
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Rekber merupakan sebuah singkatan yang memiliki arti rekening bersama. Namun, apa maksud dari rekening bersama ini? Maksud dari rekening bersama ini bukan rekening bersama keluarga atau teman ya KLovers.

Ya, arti dari rekber ini dimaksudkan untuk sebuah metode pembayaran daring atau online secara bersama. Untuk memahami lebih dalam dari arti rekber, kalian perlu tahu pengertiannya lebih jelas di artikel ini. Dan selain arti rekber, kalian juga bisa mengetahui cara kerja dari rekber.

Bagi KLovers yang penasaran dengan apa arti dari rekber dan bagaimana cara kerjanya. Maka berikut ini arti rekber beserta dengan cara kerjanya yang tepat. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Arti Rekber

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, arti rekber atau rekening bersama merupakan salah satu metode pembayaran secara daring atau online yang dinilai relatif lebih aman dibandingkan metode transfer pembayaran langsung ke rekening toko online. Rekber sebagai pihak ketiga berperan sebagai jasa penampung transaksi online antara pihak penjual dengan pihak pembeli.

Metode rekber ini sudah cukup lama dikenal di luar negeri dengan istilah Escrow Service. Bahkan dunia perbankan Indonesia juga sudah mengenal rekber dengan istilah ES atau Escrow Service. Rekber menawarkan sistem keamanan lebih dan ini tentunya menarik minat para konsumen, terutama mereka yang sering sekali melakukan kegiatan belanja online.

Rekening bersama dioperasikan oleh perantara transaksi jual beli online. Tanggung jawab pemilik jasa rekber ini cukup besar karena berhubungan dengan pihak penjual dan pembeli. Umumnya, jasa rekber dibuka oleh pengusaha perseorangan karena tidak membutuhkan banyak orang untuk menjalankan usaha ini. Pemilik jasa rekber akan mendapatkan keuntungan dari biaya jasa rekber itu sendiri.

 

2. Perbedaan Rekber dan Pulber

Selain ada ungkapan arti rekber, ada pula pulber. Apa sih arti pulber itu? Pulber merupakan penampung dana atau saldo berupa pulsa elektronik. Pulber ini merupakan kependekan dari pulsa bersama, yang artinya menerima jasa transaksi dalam bentuk pulsa elektronik. Namun, apa bedanya dengan rekber? Nyatanya keduanya hampir serupa loh KLovers.

Rekber dan pulber sama-sama merupakan jasa pengaman transaksi yang menengahi antara penjual dan pembeli. Kedua metode ini sudah kerap digunakan oleh para penjual dan pembeli yang bertransaksi secara online. Dengan adanya rekber dan pulber, maka konsumen dapat bertransaksi dengan nyaman secara online.

Namun, berbeda dengan pulber, bila rekber berperan dalam memproses dan melayani transaksi melalui rekening bank. Sedangkan pulber hanya bersedia memproses dan melayani transaksi pembayaran dengan menggunakan pulsa elektronik saja. Sehingga keduanya bisa dianggap berbeda dalam hal transaksi.

 

3. Cara Kerja Rekber

Setelah mengetahui arti rekber, bagaimana ya cara kerja dari rekber? Ya, bagi kalian yang tertarik dengan rekber, tentu ingin mengetahui bagaimana dengan cara kerja dari rekber. Dan berikut ini beberapa cara kerja rekber yang bisa KLovers ketahui dan pahami:

1. Pembeli dan penjual bersepakat untuk menggunakan jasa rekening bersama yang terpercaya.

2. Pembeli melakukan transfer terlebih dahulu ke rekening bersama.

3. Dana transaksi dikirimkan ke jasa rekber.

4. Konfirmasi bahwa dana telah masuk ke rekening bersama.

5. Jasa rekber bertugas untuk mengamankan dana tersebut.

6. Penjual mengirimkan barang ke pembeli.

7. Pembeli konfirmasi bahwa barang telah diterima dan sesuai dengan pesanan.

8. Jasa rekber mentransfer dana ke penjual.

9. Penjual konfirmasi bahwa dana telah masuk.

10. Rekber mendapatkan upah atau fee atas jasanya.

 

4. Cara Menggunakan Rekber

Bukan hanya mengetahui cara kerjanya saja, kalian juga perlu tahu nih bagaimana cara menggunakan rekber ini. Ya, cara menggunakan rekber ini tentu tidak sulit asal kalian tahu urutannya. Dan berikut ini beberapa cara menggunakan rekber tersebut:

1. Cara pertama yaitu, ketika penjual dan pembeli telah menyetujui harga dalam transaksi online, pembeli akan diminta untuk mentransfer sejumlah total pesanan ke rekening bersama.

2. Kemudian penjual akan mengirimkan barang pesanan kepada pembeli setelah mendapatkan konfirmasi bahwa pembeli telah mentransfer sejumlah uang ke rekening bersama.

3. Jika barang telah diterima oleh pembeli, maka pembeli harus mengonfirmasi bahwa barang telah diterima kepada penyedia jasa rekber.

4. Setelah konfirmasi diterima, uang akan otomatis ditransfer ke penjual.

5. Penggunaan rekber ini tidak gratis, umumnya biaya akan dibebankan berdasarkan nilai transaksi jual beli.

Itulah arti rekber yang bisa kalian ketahui dan pahami. Bukan hanya mengetahui arti rekber saja, kalian juga bisa mengetahui cara kerja dan penggunaan dari rekber. Selamat mencoba KLovers.

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI