Arti Syahadat Adalah Kesaksian Terhadap Allah dan Rasul, Ketahui Pula Keutamaannya

Jum'at, 28 Januari 2022 14:22
Arti Syahadat Adalah Kesaksian Terhadap Allah dan Rasul, Ketahui Pula Keutamaannya
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Sebagai umat Islam, tentu kalian tahu bahwa syahadat merupakan rukun Islam yang pertama. Muslim wajib mempercayai syahadat beserta empat rukun lainnya. Arti syahadat adalah kesaksian seorang muslim terhadap Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.

Berdasarkan kalimatnya, arti syahadat adalah "aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan-Nya". Kesaksian tersebut menjadi hal penting yang berhubungan dengan ketauhidan dan keimanan sesungguhnya.

Agar bisa mendapatkan keutamaannya dalam kehidupan sehari-hari, arti syahadat adalah hal yang harus benar-benar dipahami. Oleh karena itu, kalian bisa menyimak penjelasan mengenai syahadat beserta makna dan konsekuensinya dalam informasi berikut ini.

 

1. Arti Syahadat Adalah

Kalimat syahadat: "Asyhaduan Laa Ilaaha ill Allah, wa asyhadu anna Muhammad Rasulullah"

Berdasarkan kalimat di atas, arti syahadat adalah "Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah".

Seperti yang sudah disampaikan di atas, mengucapkan kalimat syahadat merupakan rukun Islam pertama yang harus dipenuhi umat Islam. Syahadat memiliki kedudukan yang penting dalam Islam. Hal tersebut terdapat dalam keterangan dari hadis Rasulullah SAW berikut ini.

"Islam dibangun atas lima perkara. Mengucapkan dua kalimat syahadat, sholat lima waktu, zakat, puasa di bulan Ramadhan, dan ibadah haji di tanah suci." (HR Bukhari Muslim).

Kalimat syahadat juga menjadi salah satu bacaan sholat. Oleh karena itu, orang muslim tentu akan mengucapkannya berkali-kali setiap hari. Nah, jika kalian ingin tahu lebih jauh mengenai syahadat, silakan simak penjelasan selanjutnya berikut ini.

2. Makna dan Konsekuensi Syahadat

Sebelum masuk ke penjelasan mengenai keutamaannya, makna dan arti syahadat adalah hal penting yang perlu dipelajari terlebih dahulu. Melansir dari laman Brilio, berikut ini terdapat informasi mengenai hal tersebut beserta konsekuensi yang harus ditepati.

1. Membenarkan segala yang Nabi Muhammad kabarkan, tanpa ada keraguan sama sekali.

2. Menjalankan setiap perintah Allah dan Nabi Muhammad, tanpa menolaknya sama sekali.

3. Tidak mendahulukan perkataan manusia dibanding dengan perkataan Nabi Muhammad serta firman Allah.

4. Meninggalkan setiap perkara yang dilarang oleh Allah dan Nabi Muhammad, tanpa menentangnya sama sekali.

5. Tidak membuat bid'ah dalam agama yang tidak diajarkan baik kaitannya dengan akidah (keyakinan), perkataan, dan perbuatan oleh Nabi Muhammad. Setiap orang yang berbuat bid'ah berarti tidak merealisasikan syahadat Muhammad Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dengan benar karena masih menambah ajaran baru dan berarti juga tidak beradab pada Nabi Muhammad.

6. Menghormati perkataan Nabi Muhammad. Sebagai contoh, tidak boleh menyebar hadits-hadits palsu dan membuat-buatnya dengan maksud-maksud tertentu.

7. Tidak meyakini bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam punya kemampuan rububiyah atau punya kemampuan seperti yang Allah lakukan, yaitu mencipta, memberi rezeki dan mengabulkan doa. Nabi Muhammad SAW hanyalah 'abdun wa Rasul atau hamba dan utusan Allah. Namun Beliau adalah utusan Allah yang tidak boleh dilecehkan.

 

3. Keutamaan Syahadat

Selain penjelasan di atas, kalimat syahadat juga memiliki makna dan keutamaan yang harus benar-benar dipahami. Kalian bisa menyimaknya dalam informasi berikut ini.

1. Jaminan Masuk Surga

Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa yang akhir perkataannya sebelum meninggal dunia adalah laa ilaaha illallah, maka dia akan masuk surga." (HR. Abu daud)

Oleh karena itu, umat muslim harus yakin bahwa membaca kalimat syahadat bisa membawanya masuk surga.

2. Menjadi Delapan Kunci Pintu Surga

Keutamaan kalimat syahadat adalah janji Allah yang akan memasukkannya ke dalam surga dari delapan pintu mana saja yang ia kehendaki.

3. Kebaikan Utama

Keutamaan syahadat selanjutnya bisa kalian ketahui dengan menyimak sebuah kisah Abu Dzar yang menanyakan soal amalan yang bisa menjauhkan dari neraka berikut ini.

Abu dzar pernah bertanya pada Rasulullah : "Katakanlah padaku wahai Rasulullah, ajari aku amalan yang dapat menjauhkanku dari neraka."

Kemudian, Nabi Muhammad bersabda, "Apabila engkau melakukan kejelekan (dosa), maka lakukanlah kebaikan karena dengan melakukan kebaikan itu engkau akan mendapat sepuluh yang semisal."

Lalu Abu dzar berkata, "Wahai Rasulullah apakah kalimat laa ilaaha illallah merupakan kebaikan? Rasulullah bersabda "Kalimat itu merupakan kebaikan yang paling utama. Kalimat itu dapat menghapuskan berbagai dosa dan kesalahan."

4. Menumbuhkan Sifat Tawakal

Tawakal adalah pasrah diri dan percaya dengan sepenuh hati kepada Allah SWT. Manusia tentu harus memiliki sifat tersebut. Dengan berdzikir mengucap kalimat syahadat, kalian bisa menumbuhkan sifat tersebut.

Dengan begitu, jiwa pun akan tenang karena sudah pasrah sepenuhnya kepada Allah SWT. Selain itu, ia juga tak akan bingung dalam menghadapi berbagai masalah yang menghadang.

Nah, itulah penjelasan mengenai syahadat yang perlu kalian ketahui. Arti syahadat adalah hal yang perlu dipahami agar bisa menerapkan dan meraih setiap keutamaannya dalam kehidupan sehari-hari.

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI