Arti Telapak Tangan Kiri Gatal Menurut Primbon Jawa, Bisa Jadi Pertanda Buruk - Patut Diwaspadai

Diterbitkan:

Arti Telapak Tangan Kiri Gatal Menurut Primbon Jawa, Bisa Jadi Pertanda Buruk - Patut Diwaspadai
Ilustrasi Arti Telapak Tangan Kiri Gatal Menurut Primbon Jawa (credit: unsplash)

Kapanlagi.com - Rasa gatal bisa muncul di permukaan kulit manapun, termasuk di telapak tangan. Pada dasarnya, gatal muncul sebagai suatu reaksi tubuh yang bisa dijelaskan secara ilmiah. Namun, tak sedikit yang justru memilih mengaitkan rasa gatal dengan hal berbau mistis. Terbukti, cukup banyak orang yang cari tahu arti telapak tangan kiri gatal menurut primbon Jawa.

Dari dulu hingga sekarang, Primbon Jawa memang masih kerap dijadikan rujukan untuk mencari tahu hal-hal yang berbau mistis. Primbon Jawa masih dipercaya jadi ramalan yang ampuh dalam memprediksi kejadian di masa depan. Dalam Primbon Jawa, telapak tangan kiri yang gatal juga diyakini bisa jadi sebuah pertanda.

Penasaran, pertanda apa sajakah itu? Untuk mengetahuinya, langsung saja simak penjelasan arti telapak tangan kiri gatal menurut Primbon Jawa berikut ini.

1. Arti Telapak Tangan Kiri Gatal Menurut Primbon

Rasa gatal di telapak tangan baik kanan maupun kiri tentu bakal bikin tidak nyaman. Bahkan pada tingkatan tertentu, rasa gatal tersebut bisa jadi mengganggu dan menyiksa. Dalam Primbon Jawa, ternyata ada arti yang berbeda antara gatal di telapak tangan kanan dan telapak tangan kiri.

Sayangnya, telapak tangan kiri gatal menurut Primbon Jawa bisa jadi beberapa pertanda buruk. Namun jangan langsung keburu khawatir berlebihan. Jika mengalami gatal di telapak tangan kiri, ada baiknya kalian lebih waspada.

Menurut mitos yang tertulis di Primbon Jawa, telapak tangan kiri gatal bisa jadi pertanda bahwa kalian akan mengalami kesialan. Adapun kesialan tersebut berkaitan dengan peristiwa kehilangan sesuatu yang berharga.

Tetapi dalam primbon tidak dijelaskan pasti peristiwa kehilangan seperti apa yang akan terjadi. Sehingga bisa saja kehilangan yang dimaksud adalah kehilangan barang, uang, bahkan orang terkasih. Jadi lebih waspada dan persiapkan diri untuk menghadapi peristiwa kehilangan yang bisa jadi sangat pahit.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Arti Telapak Tangan Kanan Gatal Menurut Primbon

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bawa arti telapak tangan kiri gatal menurut Primbon Jawa berbeda dengan telapak tangan kanan. Meski begitu, gatal di telapak tangan kanan menurut Primbon Jawa ternyata juga cenderung membawa pertanda kurang baik.

Apabila gatal di telapak tangan kiri menurut Primbon Jawa bisa berarti akan mengalami kesialan berupa kehilangan, maka lain lagi dengan gatal di telapak kanan. Menurut primbon Jawa, gatal di telapak tangan kanan bisa jadi pertanda bahwa kalian akan mengalami pengeluaran yang cukup besar. Pengeluaran tersebut bisa jadi tak terduga dan mendadak dalam jumlah sangat besar.

Besarnya pengeluaran mungkin akan mengguncang kondisi keuangan kalian saat itu juga. Maka dari itu, rasa gatal di telapak tangan kanan juga patut kalian waspadai. Ada baiknya, kalian juga mulai mempersiapkan diri dan berjaga-jaga dengan menyiapkan tabungan darurat. Hal ini untuk berjaga-jaga apabila hal tersebut benar terjadi.

3. Telapak Tangan Gatal Menurut Medis

Selain dari sudut pandang mistis yang salah satunya mengacu pada primbon Jawa, telapak tangan gatal juga bisa dijelaskan dari sudut pandang medis. Malahan, penjelasan penyebab telapak tangan gatal dari sisi medis jelas lebih logis dan bisa diterima.

Dalam ranah medis, telapak tangan gatal secara terus menerus jadi hal yang tak boleh diabaikan. Pasalnya, hal tersebut ternyata bisa jadi tanda adanya gangguan penyakit kulit hingga gejala penyakit serius.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa penjelasan penyebab telapak tangan gatal menurut medis:

1. Eksim

Eksim jadi salah satu gangguan kulit yang dapat muncul di seluruh tubuh termasuk telapak tangan. Eksim, menyebabkan rasa gatal. Eksim bisa terjadi karena adanya kontak dermatitis akibat paparan deterjen, sabun, bahan kimia, atau alergi.

2. Psoriasis

Penyebab telapak tangan gatal lainnya adalah psoriasis. Di dunia medis, psoriasis merupakan penyakit autoimun yang berakibat pada peradangan dan pertumbuhan kulit cepat di telapak tangan, kaki, siku, lutut, dan wajah. Psoriasis menimbulkan gatal, ruam, dan benjolan berisi cairan.

3. Kudis

Kudis merupakan penyakit kulit menular oleh binatang tungau. Kudis biasanya menimbulkan rasa gatal di malam hari. Selain itu, kudis juga kerap disertai ruam, lepuhan kecil, dan luka di lipatan tubuh. Kudis bisa menular melalui kontak fisik tidak langsung seperti pemakaian peralatan pribadi seperti handuk bersamaan.

4. Pertanda Diabetes dan Penyakit Serius Lainnya

Gatal di telapak tangan ternyata juga bisa menjadi pertanda diabetes dan penyakit serius lainnya. Hal ini lantaran rasa gatal pada telapak tangan, terjadi karena adanya gangguan sirkulasi darah. Selain diabetes, gatal di telapak tangan juga bisa jadi pertanda penyakit gagal ginjal, hati, bahkan leukimia.

5. Pertanda Adanya Gangguan Saraf

Rasa gatal di telapak tangan juga bisa menjadi sinyal dari adanya gangguan pada sistem saraf. Ya beberapa jenis gangguan saraf seperti neuropati perifer, herpes zoster, gangguan saraf tulang belakang, epilepsi, dan tumor otak diyakini dapat menyebabkan gatal pada telapak tangan.

4. Arti Kedutan di Telapak Tangan Kiri Menurut Primbon

Selain gatal, kedutan juga sering dianggap sebagai sebuah pertanda. Sama seperti rasa gatal, Primbon Jawa juga banyak membahas tentang kedutan yang muncul di berbagai bagian tubuh, termasuk di telapak tangan kiri. Jika telapak tangan gatal menurut Primbon Jawa berarti buruk, maka sebaliknya dengan kedutan.

Kedutan di telapak tangan kiri menurut Primbon Jawa ternyata membawa pertanda baik. Sehingga, kalian tidak perlu cemas atau curiga berlebihan. Dalam Primbon Jawa, kedutan di telapak tangan kiri bisa menandakan bahwa kalian akan mendapatkan rezeki yang melimpah yang tak terduga sama sekali asalnya.

Saking banyaknya rezeki yang akan kalian dapatkan, bisa jadi peristiwa tersebut akan mengangkat kondisi perekonomian, membebaskan kalian dari permasalahan keuangan. Oleh karena itu, alih-alih cemas dan khawatir, kalian patut menyikapinya dengan lebih bersyukur.

5. Arti Kedutan di Telapak Tangan Kanan Menurut Primbon

Sementara itu, kedutan di telapak tangan kanan menurut Primbon Jawa juga bisa jadi pertanda dari beberapa hal baik. Sehingga juga patut disikapi positif dengan perasaan syukur, alih-alih terlalu cemas ataupun curiga.

Pertama, kedutan di telapak tangan kanan bisa jadi pertanda bahwa kalian akan segera mendapatkan kabar baik yang membahagiakan. Kabar baik tersebut bisa berasal dari orang terdekat atau hal berhubungan dengan pekerjaan.

Selain itu, kedutan di telapak tangan kanan menurut Primbon Jawa juga bisa menjadi pertanda bahwa kalian akan berjumpa dengan orang baru. Orang baru tersebut adalah sosok yang punya sifat baik sehingga berpotensi untuk dijadikan teman atau sahabat di kemudian hari.

6. Penyebab Telapak Tangan Kedutan Menurut Medis

Sementara itu, telapak tangan kedutan juga bisa dikaji menurut sudut pandang medis. Sama halnya rasa gatal, kedutan di telapak tangan juga diyakini bisa jadi disebabkan oleh beberapa hal berkaitan dengan kondisi kesehatan tubuh, sebagai berikut:

1. Dampak Berlebihan Kafein

Kelebihan konsumsi kafein dapat menyebabkan tubuh mengalami kedutan, termasuk di tangan, karena kandungan stimulan dalam kafein mampu memicu kontraksi otot. Jika setelah minum kopi pagi atau minuman energi kamu merasa tangan berkedut, pertimbangkan untuk menggantinya dengan minuman tanpa kafein.

2. Pengaruh Dehidrasi

Dehidrasi dapat mempengaruhi fungsi otot, sehingga kekurangan asupan air dapat menyebabkan otot mengalami kram, kejang, dan berkontraksi tanpa sadar.

3. Kram Otot Akibat Aktivitas Berlebihan

Aktivitas yang berlebihan dan berat dapat menyebabkan kram otot, menyebabkan otot menegang, berkontraksi, serta menyebabkan kedutan dan rasa nyeri.

4. Gejala Suatu Penyakit

Walaupun kedutan terlihat sepele, sebenarnya dapat menjadi pertanda kondisi medis serius. Kedutan di titik tertentu mungkin merupakan indikasi penyakit yang terkait dengan saraf dan gangguan otot.

5. Efek Samping dari Penggunaan Obat

Penggunaan berbagai jenis obat dapat menimbulkan berbagai reaksi tubuh, termasuk kedutan. Beberapa obat, seperti diuretik, kortikosteroid, dan estrogen, dapat memengaruhi ion dalam tubuh dan memicu kedutan otot.

Itulah di antaranya beberapa penjelasan arti telapak tangan kiri gatal menurut Primbon Jawa, serta arti kedutan di kedua telapak tangan. Bagaimana apakah kalian percaya?

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP KAPANLAGI.COM BIAR NGGAK KETINGGALAN UPDATE DAN BERITA TERBARU SEPUTAR DUNIA HIBURAN TANAH AIR DAN JUGA LUAR NEGERI. KLIK DI SINI YA, KLOVERS!

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending