Arti When di Kamus dan Penggunaannya, Ketahui Sinonim Serta Perbedaan dengan While

Minggu, 02 Januari 2022 11:22
Arti When di Kamus dan Penggunaannya, Ketahui Sinonim Serta Perbedaan dengan While
Ilustrasi (credit: pexels.com)


Kapanlagi Plus - Kata when memang termasuk kata yang dapat menunjukkan waktu terjadinya suatu aksi ataupun peristiwa. Karena itulah perlu tahu apa arti when sebenarnya di kamus serta penggunaannya.

Ya, penggunaan kata when memang dapat dipakai untuk semua jenis kalimat. Di antaranya yakni jenis kalimat present, past tense, ataupun future tense. Sedangkan arti when dapat terdiri dari berbagai makna tergantung pada penggunaannya dalam penyusunan kalimat.

Karena itulah perlu tahu apa sebenarnya arti when dan penggunaannya. Untuk mengenal lebih jauh tentang arti when dan penggunaannya, berikut ini ulasannya yang perlu kalian ketahui. Berikut telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Arti When di Kamus Bahasa Inggris Terjemahan Indonesia

When termasuk kata dalam bahasa Inggris yang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Karena itulah penting untuk tahu apa arti when di kamus bahasa Inggris terjemahan Indonesia. Sementara itu, arti when di kamus sebenarnya digunakan untuk menunjukkan waktu. Kata when juga kerap digunakan dalam kalimat tanya bahkan termasuk rumus dalam 5W + 1H.

Ada beberapa arti when yang dapat dipakai menunjukkan waktu berlangsungnya kejadian ataupun peristiwa. Di antara arti when di kamus yakni kapan, walau, meskipun, jikalau. Ada juga arti when lainnya yakni ketika, kalau, sewaktu, tatkala, bilamana, tempo, jika, dan seterusnya. Ya, pada dasarnya apa arti when tersebut juga disesuaikan dengan penggunaannya dalam kalimat. Itulah arti when jika merujuk pada kamus bahasa Inggris terjemahan Indonesia.

2. Arti When dan Penggunaannya

Arti when di kamus memang dapat digunakan untuk menunjukkan waktu atau berlangsungnya suatu kejadian ataupun kegiatan tertentu. Waktu yang dimaksudkan dapat terjadi di masa lampau ataupun sekarang. Di mana penggunaannya juga disesuaikan dengan waktu terjadinya peristiwa tersebut. Selain itu penggunaan when juga bisa digunakan untuk beragam jenis kalimat baik itu present, past, ataupun future. Melansir dari wordsmile.com berikut ini penggunaan kata when.

Kata when dapat digunakan untuk menghubungkan waktu yang saling terkait. Sehingga peristiwanya dapat terjadi kapan saja atau bahkan dapat menunjukkan kejadian di masa mendatang. Rumusnya yakni Simple Future Tense + Time Clause (When +Simple Present).

Kata when dapat digunakan untuk menghubungkan waktu jika peristiwa tersebut juga diikuti peristiwa lainnya. Sehingga dalam satu waktu dapat terjadi dua atau lebih aksi. Rumus when jika sesuai dengan penggunaan ini maka Main Clause (Simple Present Tense) + Time Clause (When + Simple Present Tense).

Kata When dapat digunakan untuk menghubungkan waktu jika peristiwa tersebut merupakan interupsi atau pemotongan dari peristiwa lain yang sedang berlangsung dengan durasi yang lama serta terkait masa lampau. Rumusnya Main Clause (Past Continuous Tense) + Time Clause (When + Simple Past Tense (Interuption).

Kata When dapat digunakan untuk peristiwa yang terjadi secara berulang. Selain itu, dapat juga kata when dipakai yang mana peristiwa tersebut saling berkaitan atau dapat menimbulkan aksi lain dengan segera setelah satu aksi dilakukan. Rumusnya Main Caluse (Simple Past Tense) + Time Clause (When + Simple Past Tense)

Kata when dapat dipakai untuk suatu peristiwa yang berlangsung namun telah selesai di masa lalu. Rumusnya Main Clause (Past Perfect Tense) + Time Clause (When + Simple Past Tense).

Itulah arti when dan penggunaannya yang perlu kalian ketahui. Sehingga memudahkan kalian memahami arti when berdasarkan penggunaannya dalam kalimat.

3. Perbedaan When dan While

Setelah tahu arti when, kalian mungkin juga pernah menjumpai kata lain yang serupa. Ya, salah satunya kata while yang dalam bahasa Inggris memiliki makna hampir sama dengan when. Namun ternyata keduanya memiliki arti yang mirip begitu juga dengan penggunaannya hampir serupa. Sebelum tahu apa saja perbedaan antara when dan while, ketahui dulu arti dari while.

Jika merujuk pada kamus, arti while adalah saat, sebentar, ketika, sementara, sedangkan, dan walaupun. Melihat arti while tersebut tentunya hampir mirip dengan arti when. Sehingga terkadang bikin bingung mengenai perbedaan dan penggunaan kedua kata tersebut. Nah berikut ini ada beberapa perbedaan when dan while.

1. Kata while biasanya digunakan sebelum kalimat dengan bentuk continuouse tense.

2. Kata while digunakan untuk aksi yang terjadi di satu waktu secara bersamaan. Sehingga dapat lebih dari satu aksi saja dalam satu waktu.

3. Kata while digunakan dalam waktu yang sedang berlangsung.

4. Kata when dapat dipakai untuk peristiwa di masa lalu yang sudah terjadi sangat lama.

5. Kata when dapat dipakai juga untuk menunjukkan peristiwa terkait usia di masa lampau.

6. Kata when dapat dipakai dalam satu waktu bersamaan untuk dua aksi yang telah selesai.

Itulah beberapa perbedaan dari when dan while. Sehingga memudahkan kalian tahu apa arti when, while beserta perbedaannya.

4. Arti When dan Sinonimnya

Selain itu ada beberapa sinonim dari when. Nah, untuk tahu apa saja sinonim when berikut ini ulasannya. Tak hanya sinonimnya saja, berikut dilengkapi dengan terjemahan dari arti when dan sinonimnya.

1. While: Ketika

2. During: Selama

3. At the moment that: Pada saat itu

4. Meanwhile: Sementara itu

5. Once: Sekali

6. Just when: Hanya ketika

7. In what period: Dalam periode apa

Itulah beberapa penjelasan terkait arti when dan penggunaannya. Sehingga memudahkan kalian mengetahui arti when dan perbedaan dengan while.

Sumber: wordsmile.com, wallstreetenglish.co.id, dan sumber lainnya.

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI