Bagaimana Cara Menghilangkan Kantung Mata? Jawabannya Bisa Kamu Temukan di Sini!

Senin, 01 Juli 2019 15:10 Penulis: Editor KapanLagi.com
Bagaimana Cara Menghilangkan Kantung Mata? Jawabannya Bisa Kamu Temukan di Sini!
Ilustrasi Bagaimana Cara Menghilangkan Kantung Mata (Credit: Shutterstock).

Kapanlagi Plus - Kantung mata atau yang biasa kita sebut dengan mata panda dapat muncul seiring berjalannya waktu. Biasanya, hanya sedikit saja kondisi medis yang menjadi penyebab kantung mata yang menghitam. Sementara itu, lebih sering disebabkan karena masalah kecantikan dan penampilan saja. Munculnya kantung mata dapat ditandai dengan keberadaan lingkaran di bawah mata, atau yang disertai bengkak juga kulit yang kendur dan keriput. Selain itu, munculnya kantung mata bisa dikarenakan oleh penuaan, kelelahan dan kurang tidur. Dilansir dari alodokter.com, ada banyak faktor lain yang dapat menyebabkan munculnya kantung mata, yaitu peningkatan melanin atau hiperpigmentasi oleh alergi, rusaknya pembulu darah, penurunan lemak pada bagian bawah mata, kurang tidur akibat terlalu banyak mengkonsumsi kafein dan tembakau, perubahan cuaca, hormon, makan makanan yang asin, alergi atau dermatitis, keturunan, stres, terpapar sinar matahari, hidung tersumbat, anemia, dan kehamilan.


Namun, kamu tidak perlu khawatir, KLovers! Ada banyak cara yang aman dilakukan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan kantung mata atau mata panda, lho! Pada dasarnya, yang harus kamu lakukan pertama-tama adalah merawat tubuh dengan pola hidup sehat setiap hari, penjelasan lengkapnya sebagai berikut.


1. Kompres mata


Seperti halnya melakukan kompres mata saat tubuh sedang sakit demam. Kamu pun dapat mengkompres bagian bawah mata dengan kain yang sudah dibasahi dengan air dingin. Selagi meletakkan kompres mata, kamu dapat sesekali menekan bagian bawah mata dengan lembut. Selain dengan kain yang dibasahi, kamu juga dapat mengkompres kantung mata menggunakan kantung teh hijau maupun potongan timun. Kemudian, untuk KLovers yang memiliki segudang kesibukan maupun aktivitas, kamu dapat menggunakan masker gel yang banyak dijual di pasaran agar dapat digunakan dengan praktis dan cepat. Jangan lupa tetap memilih produk yang aman dan berkualitas, ya!


2. Tidur


Pastinya KLovers semua sudah mengetahui agar menjaga kesehatan dan penampilan tubuh, kita harus mendapatkan waktu tidur yang cukup, yaitu tujuh sampai delapan jam per hari. Namun, bukan itu saja, lho. Posisi tidur pun juga dapat mempengaruhi kondisi tubuh, salah satunya kondisi kesehatan kantung mata. Posisi tidur yang baik disarankan untuk mengatasi permasalahan kantung mata yaitu dengan kepala yang sedikit diangkat. Kamu perlu tidur dengan tambahan bantal untuk menopang kepala. Hal ini dapat membantu mencegah menumpuknya cairan di sekitar bawah mata saat tidur.


3. Hindari minum alkohol dan kafein


Sudah menjadi hal yang umum kita ketahui jika alkohol dan kafein dapat menjadi penyebab dehidrasi ringan, mengganggu jam tidur, dan memunculkan kantung mata serta lingkaran hitam pada bagian bawah mata. Untuk kamu yang memiliki masalah kantung mata dan ingin menguranginya, hindari minum alkohol dan kafein secara berlebihan dan mulailah menerapkan pola hidup yang sehat dari sekarang!


4. Minum air putih


Nah, jika sudah mulai mengurangi minuman yang dapat menjadi sumber penyebab kantung mata atau mata panda, biasakan rutin meminum air putih yang cukup delapan gelas setiap hari. Hal ini dapat membantu untuk menjaga kesehatan dan kelembaban kulit, bahkan pada bagian kulit di bawah mata dan mencegah dehidrasi.


5. Kurangi makanan olahan asin


Dehidrasi adalah salah satu penyebab kantung mata dapat muncul, salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh. Selain dengan minum air putih yang cukup setiap hari, untuk menghilangkan kantung mata, kamu pun dapat mengurangi konsumsi makanan olahan asin yang mengandung banyak garam. Karena, garam dapat mengurangi asupan cairan pada tubuh.


6. Konsumsi lebih banyak kalium


Satu lagi hal yang dapat mengurangi cairan pada tubuh, yaitu kekurangan kalium. Jika tubuh kekurangan cairan, kantung mata cenderung akan muncul dengan mudah dan cepat. Sebaiknya kamu meningkatkan konsumsi bahan makanan dan minuman yang mengandung kalium seperti pisang, kacang, yogurt, dan sayuran hijau. Selain agar kesehatan tubuh tetap terjaga, kantung mata pun dapat secara alami menghilang!


7. Krim mata


Penggunaan krim mata untuk menghilangkan kantung mata disarankan untuk kamu yang menyukai cara praktis. Pilih krim mata yang alami dan aman atau yang mengandunga chamomile, mentimun, atau arnica karena dapat bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan membuat kulit lebih kencang.


8. Obat alergi


Jika kondisi mata yang berkantung disebabkan oleh alergi. Cara ini dapat dilakukan untuk menghilangkan kantung mata. Kamu dapat memeriksanya terlebih dahulu dengan dokter maupun ahli kecantikan dan kesehatan terdekat untuk mengetahui penyebabnya. Biasanya, jika memang benar penyebab munculnya kantung mata adalah alergi, nantinya kamu akan diberikan resep tersendiri dan gunakan obat tersebut secara rutin agar dapat secepatnya menyembuhkan dan menghilangkan kantung mata.


9. Perawatan dermal filler


Perawatan dermal filler ini dilakukan hanya jika terjadi kerusakan pada pembulu darah yang menyebabkan munculnya kantung mata yang menghitam. Sebaiknya dilakukan oleh para ahli yang memang khusus untuk mengobati dan merawat permasalahan kulit dan mata.


10. Perawatan laser dan vitamin K


Untuk perawatan laser, tentunya dibutuhnya sejumlah biaya yang relatif tidak sedikit untuk melakukannya. Kantung mata yang menghitam disebabkan oleh pecahnya pembulu darah juga dapat dilakukan dengan perawatan ini. Selain itu, untuk merawat kulit dengan vitamin K, kamu dapat mencoba produk perawatan kulit yang mengandung vitamin K. vitamin ini terbukti dapat menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam pada bawah mata.


Untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit tentunya perlu usaha yang tidak instan. Bahkan untuk sebagian orang, merawat kulit dan menghilangkan kantung mata atau mata panda, diperlukan biaya yang besar agar memperoleh hasil yang maksimal dan memuaskan. Jangan asal memilih cara perawatan untuk menghilangkan kantung mata karena justru dapat membahayakan kesehatan. Tetap menggunakan cara yang alami dan aman juga tetap menjaga pola hidup sehat adalah cara terbaik untuk menjawab bagaimana cara menghilangkan kantung mata. Selamat mencoba!


Penulis: Shahfara Raida Utami

 

 

 

 

(kpl/mag/fff)



MORE STORIES




REKOMENDASI