20 Cara Alami Menghilangkan Kantung Mata Dengan Bahan Sehat Dan Menyegarkan!

Jum'at, 14 Juni 2019 14:31 Penulis: Editor KapanLagi.com
20 Cara Alami Menghilangkan Kantung Mata Dengan Bahan Sehat Dan Menyegarkan!
Ilustrasi Cara Menghilangkan Kantung Mata (credit: shutterstock)

Kapanlagi Plus - Bagi kebanyakan orang, kantung mata yang muncul dapat sangat mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri, apalagi kantung mata yang sudah menghitam. Beberapa hal yang memicu munculnya kantung mata yaitu seperti kurang mendapat jam tidur yang cukup, menjalani gaya hidup yang kurang sehat, stress, perubahan hormon, dan karena keturunan.


Banyak cara perawatan yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kantung mata, produk perawatannya pun sudah banyak dijual di pasaran. Namun, alangkah lebih baik jika menggunakan cara dari bahan-bahan alami. Selain aman, harganya pun relatif lebih terjangkau. Dilansir dari cosmopolitan.co.id, berikut bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan kantung mata.


1. Minyak almond


Kandungan vitamin E pada kacang almond berfungsi sebagai emollient yang dapat membuat kulit lebih kencang dan lembab. Hanya dengan rutin mengoleskan minyak almond pada kantung mata dan biarkan semalaman saat kamu tidur, lakukan hal ini setiap hari dan kantung mata untuk membantu cara alami menghilangkan kantung mata.


2. Kantung teh


Teh yang digunakan bisa teh hijau atau teh chamomile. Namun, jika tidak memungkinkan, kamu tetap bisa menggunakan teh yang biasa kamu minum. Rendam terlebih dahulu kantung teh ke dalam air, lalu dinginkan beberapa menit di dalam freezer. Setelah itu, kompres mata dengan kantung teh, dan lakukan cara ini setiap hari agar kantung mata dapat memudar lebih cepat.


3. Kentang


Parut kentang dan ekstrak airnya, kemudian masukkan ke dalam wadah. Gunakan kapas dan celupkan ke dalam air kentang, lalu tempelkan pada mata dan tunggu sekitar 10 menit. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air bersih. Lama-kelamaan, kandungan yang ada pada kentang akan membantu cara alami menghilangkan kantung mata secara keseluruhan.


4. Timun


Mungkin sudah banyak yang tahu jika timun dapat efektif untuk menghilangkan kantung mata jika digunakan secara rutin. Nah, caranya mudah banget, tinggal potong-potong timun, dinginkan di dalam freezer terlebih dahulu beberapa menit. Lalu, tempelkan pada mata dan biarkan sampai rasa dingin pada timun sudah hilang. Lakukan cara ini setiap hari, agar mata lebih segar dan bebas dari kantung mata!


5. Tomat


Cara alami yang menyenangkan untuk menghilangkan kantung mata yaitu dengan membuat jus tomat ditambah dengan campuran lemon dan daun mint. Selain dapat menghilangkan kantung mata, juga dapat membuat tubuh sehat dan terhindar dari berbagai penyakit secara alami. Cara lain yaitu dengan mengusapkan campuran jus tomat dengan lemon ke bawah mata. Kamu dapat mendinginkan terlebih dahulu agar mata terasa lebih segar. Usapkan dan tunggu selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini dua kali sehari agar mendapat hasil yang memuaskan.


6. Daun mint


Selain untuk campuran jus tomat, daun mint dapat digunakan sendiri dengan cara ditumbuk. Jangan lupa tambahkan juga sedikit air ke dalamnya sampai membentuk scrub. Kemudian, usapkan ke bawah mata dan diamkan sekitar 10 menit. Daun yang beraroma segar ini sangat baik untuk menghilangkan kantung mata jika dilakukan secara rutin.


7. Susu


Siapkan susu yang sudah didinginkan di dalam wadah. Lalu, celupkan kapas dan tempelkan ke bawah mata beberapa menit. Ternyata menggunakan susu dapat membantu cara alami untuk menghilangkan kantung mata secara menyeluruh. Jangan lupa mencuci wajah dengan air bersih setelah digunakan, ya!


8. Jeruk


Buah yang kaya akan vitamin C ini dapat efektif menghilangkan kantung mata. Caranya dengan mencampurkan perasan air jeruk dengan beberapa tetes gliserin. Ambil kapas, celupkan dan tempelkan pada mata. Diamkan beberapa menit agar kantung mata memudar. Selain itu, cara ini juga dapat membuat mata jadi lebih bersinar dengan pancaran alami.


9. Minyak kelapa


Minyak kelapa dapat memperbaiki kulit yang kering dan sel kulit yang rusak karena mengandung vitamin E dan antioksidan. Kandungan asam laktat pada minyak kelapa pun dapat membuat kulit lebih kencang. Gunakan minyak kelapa dengan cara mengusapkannya ke bawah mata sambil dipijat beberapa kali, diamkan semalaman saat kamu tidur. Besoknya, tinggal bersihkan dengan air dan keringkan. Lakukan cara ini setiap hari agar wajah terlihat lebih sehat dan awet muda.


10. Air mawar


Air mawar seringkali digunakan untuk perawatan kecantikan secara alami, selain itu, air mawar juga berkhasiat untuk menghilangkan kantung mata. Caranya dengan mencelupkan kapas ke dalam air mawar, kemudian tempelkan pada bagian bawah mata. Tunggu selama 15 menit, lalu basuh dengan air hangat.


11. Lidah buaya


Tanaman yang satu ini biasanya dikenal untuk membuat rambut jadi lebih hitam dan lebat. Namun, ternyata lidah buaya juga bisa menjadi solusi untuk menghilangkan kantung mata, lho! Cukup siapkan satu lembar lidah buaya dan ditumbuk sampai halus. Kemudian, oleskan pada bawah mata. Biarkan sampai kering dan tidak perlu dihapus jika kulit tidak terasa lengket. Mudah banget, kan!


12. Kunyit


Rempah yang satu ini sudah pasti memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Selain dapat menghilangkan komedo dan jerawat pada kulit, kunyit juga bisa membantu memudarkan kantung mata dan menyegarkan kulit yang mengendur akibat kelelahan. Mencampurkan kunyit dengan daun mint akan menjadi cara alami untuk merawat area kulit di bawah mata agar menjadi lebih segar. Usapkan campuran kunyit dan daun mint yang sudah diblender ke bagian bawah mata. Kemudian, tunggu sampai kering sekitar 20 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air dingin.


13. Minyak zaitun


Minyak zaitun, yang mengandung antioksidan dapat bermanfaat untuk membuat kulit menjadi halus dan cerah. Maka dari itu, minyak zaitun dapat membantu memudarkan kantung mata yang berwarna gelap. Dilansir dari liputan6.com, manfaat lain dari minyak zaitun yaitu dapat membantu meningkatkan kelembaban kulit. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun pada area bawah mata sambil sesekali dipijat lembut. Lakukan cara ini setiap hari sebelum tidur agar kantung mata dapat memudar lebih cepat.


14. Es batu


Es batu sudah dikenal untuk mengatasi berbagai masalah kulit, terutama wajah. Ternyata, es batu juga dapat membantu cara menghilangkan kantung mata dengan mudah. Karena, es batu dapat menghilangkan peradangan pada plantar fascia (jaringan) yang diakibatkan oleh aktivitas atau tekanan berlebih. Pertama, siapkan es batu dan handuk atau kain bersih. Kemudian, bungkus es batu dengan handuk atau kain tersebut dan kompres perlahan pada area sekitar mata selama 10 menit. Gunakan cara ini setiap hari agar mata lebih segar dan terhindar dari kantung mata yang menghitam.


15. Putih telur


Putih telur dapat menjadi cara alami yang efektif untuk menghilangkan kantung mata. Sebab, putih telur memiliki kandungan vitamin yang tinggi, sehingga, dapat membuat kulit lebih kencang. Caranya cukup dengan mengoleskan putih telur pada area bawah mata dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah kering, bersihkan menggunakan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih.


16. Madu


Salah satu manfaat dari madu untuk tubuh yaitu dapat meregenerasi kulit. Maka dari itu, madu sangat baik untuk membantu cara menghilangkan kantung mata. Kantung mata yang menghitam akan pudar dan cerah kembali jika menggunakan madu secara rutin. Pilih madu yang alami tanpa bahan pengawet untuk merawat kulit. Kamu cukup mengoleskan madu pada kantung mata yang menghitam dan tunggu selama 20 menit. Kemudian, bersihkan wajah dengan air bersih.


17. Sendok besi


Selain menggunakan cara alami untuk menghilangkan kantung mata, ternyata memanfaatkan alat makan yang satu ini juga dapat membantu. Sangat mudah untuk dilakukan di rumah setiap hari. Memang sifat sendok besi sudah dingin terlebih dahulu. Namun, kamu juga bisa mendinginkannya terlebih dahulu di dalam kulkas selama beberapa menit. Kemudian, tempelkan pada kantung mata, kamu juga dapat menggunakan teknik menggosok dan menekan area kantung mata agar terasa seperti dipijat. Lakukan cara ini selama 15 menit setiap hari saat sebelum tidur.


18. Tidur yang cukup


Dilansir dari merdeka.com, menjaga pola tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan kulit dan menghindari munculnya kantung mata yang menghitam. Kamu perlu membagi waktu beraktivitas dengan jam tidur. Setidaknya, tubuh perlu tidur sekitar 8 jam per hari agar kesehatan tetap terjaga.


19. Mengubah posisi tidur


Posisi tidur ternyata dapat memengaruhi permasalahan kantung mata. Posisi tidur yang baik dan dapat membantu cara menghilangkan kantung mata yaitu kepala sedikit terangkat. Menambah satu bantal lagi untuk menopang kepala agar lebih tinggi merupakan solusinya. Cara ini dapat membantu untuk mencegah cairan yang menumpuk di sekitar mata dalam posisi tidur.


20. Air mineral


80 persen kandungan pada tubuh manusia adalah air. Sehingga, akan muncul akibat yang buruk bagi tubuh jika kekurangan air. Salah satunya adalah munculnya kantung mata. Cukup dengan rutin meminum air mineral setiap hari sudah menjadi cara yang alami untuk menghilangkan kantung mata. Sederhana, bukan? Tapi, minum air yang cukup setiap hari saja tidak cukup jika tetap tidak menjaga konsumsi makanan dan minuman lainnya. Jangan lupa untuk selalu memakan makanan sehat dan bergizi juga menghindari minuman beralkohol atau yang mengandung kafein.


Demikian 20 cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan kantung mata. Baik kantung mata yang baru muncul akibat kelelahan, maupun kantung mata yang sudah menghitam sekalipun. Asalkan rutin melakukan perawatan, kantung mata pasti akan hilang dengan sendirinya. Selain itu, dengan menjaga kelembaban kulit, kamu pun sudah dapat mencegah datangnya kantung mata hitam yang lebih parah.

 

Penulis: Shahfara Raida Utami

 

 

 

 

(kpl/mag/fff)



MORE STORIES




REKOMENDASI