Baru Belajar Makeup? Kalian Harus Cek Daftar Beauty Guru Ini

Selasa, 13 Februari 2018 16:58 Penulis: Rezka Aulia
Baru Belajar Makeup? Kalian Harus Cek Daftar Beauty Guru Ini
Beauty guru yang harus kalian intip gayanya

Kapanlagi Plus - Memilih gaya makeup yang sesuai dengan struktur wajah kita bisa menjadi hal yang mengintimidasi terutama bagi para pemula. Tren gaya makeup yang sedang populer kadang nampak cantik namun belum tentu pas dengan fitur wajah kita. Tren bibir ombre ala Korea mungkin nampak serasi di wajah orang Korea yang mayoritas berkulit putih dan berbibir mungil. Namun belum tentu cocok bila dikenakan wanita Indonesia yang kebanyakan berkulit coklat eksotis dengan bibir berwarna merah kecoklatan.

Tak hanya itu banyaknya produk kecantikan yang beredar di pasaran juga dapat membuat kita bingung memilih menggunakan yang mana. Kondisi kulit dan struktur wajah yang berbeda pada setiap wanita membuat kita harus lebih selektif dalam memilih trend dan produk. Bila mudah tergoda rayuan iklan, kita mungkin akan berakhir dengan banyak uang terbuang dan tumpukan produk tidak terpakai karena tidak cocok.

Namun sejak banyak bermunculan beauty guru di berbagai macam platform media sosial kita tidak perlu harus mencoba secara langsung semua tren yang ada. Para beauty-guru akan memberikan informasi dan review up-to-date tren makeup dan produk terbaru agar kita tidak salah pilih. Mereka juga akan memberi tutorial serta tips agar makeup pemula bisa seperti profesional.

Konten video mereka beragam mulai dari tutorial, how-to, tips n trick, review, tak jarang pula mengadakan giveaway bagi subscribers setianya. Pelopor beauty channel di Youtube sendiri diawali oleh Michelle Phan yang dulu menggunakan nama akun RiceBunny, saat ini Michelle telah merambah bisnis makeup dengan meluncurkan line kosmetik bernama “Em Cosmetic”.

Mulai menulis blog mengenai dunia kecantikan sejak 2005, Michelle memulai debut video Youtube pertamanya pada tahun 2007 dengan konten berisi beauty hacks dan diy beauty. Kerja keras Michelle mendapatkan penghargaan dari Forbes yang memasukkan dirinya ke daftar “30 Under 30” yang merupakan daftar 30 biliuner muda yang meraih kesuksesan di bawah usia 30 tahun.

Saat ini telah banyak beauty channel di Youtube dan tak hanya didominasi oleh orang luar negeri, beauty-guru asli Indonesia pun telah banyak bermunculan dan berbagi inspirasi tentang dunia makeup. Berikut daftar enam beauty channel yang dalam pengamatan KapanLagi.com® harus kalian tonton di Youtube. 

1. Tati Westbrook // @GlamLifeGuru

Tati Westbrook bersama Gold Play Buttonnya (credit: tubefilter.com)Tati Westbrook bersama Gold Play Buttonnya (credit: tubefilter.com)

Sebelum memulai karirnya di Youtube, Tati memang seorang makeup artist Hollywood. Kini Tati telah memiliki 3,8 juta subscribers pada akun yang ia mulai sejak tahun 2010 itu. Dapat dikatakan bahwa Tati adlah barometer tren produk makeup, dia selalu menjadi yang tercepat dalam melakukan review produk kecantikan baru. Konten yang diunggah Tati berisi seputar beauty haul, tips, tutorial, dan review produk.

Kedetailan Tati dalam membahas produk serta kepribadiannya yang menyenangkan membuat dia memiliki subscriber setia. Dalam melakukan review dan tutorial, Tati tidak hanya melakukannya di depan kamera, ia juga menguji ketahanan makeupnya dan memberi gambaran akhir apakah produk dan teknik yang dia gunakan benar-benar oke.

Salah satu series video Tati yang selalu ditunggu oleh subscribernya adalah saat Tati melakukan tutorial perbandingan antara makeup luxury dan yang terjangkau. Sampai saat ini Tati telah mengunggah 1275 video dan akan terus bertambah karena jadwal unggah Tati yang cukup intens yakni lima kali dalam seminggu. Beredar rumor bahwa pada awal tahun 2018 ini Tati akan mengeluarkan line makeupnya sendiri. Penasaran? Kita tunggu saja kabar terbaru dari Tati Westbrook.

2. Hafrida Vindy Agustie // @IniVindy

Vindy berubah dari cantik menjadi zombie (credit: youtube.com)Vindy berubah dari cantik menjadi zombie (credit: youtube.com)

Perempuan asal Malang satu ini sempat menjadi viral karena mengunggah tutorial makeup illusion character menjadi Jokowi pada 2015 lalu. Tak hanya piawai menyulap wajah kliennya menjadi cantik, Vindy juga memiliki keahlian khusus dalam makeup karakter dan special efek. Vindy berhasil berubah menjadi Jokowi, Ernest Prakasa, Andre Taulany, Valak, Joker, dan berbagai nama tokoh maupun karakter fiksi lewat video di channelnya.

Berlogat medhok Jawa Timuran Vindy mampu menyampaikan teknik bermakeup dengan cara yang menyenangkan tanpa harus dibuat-buat. Memiliki 3,8 juta subscriber saat ini Vindy aktif mengupload video kreasinya setiap minggu. Konten videonya pun beragam, mulai dari review, tips makeup, tutorial hijab, vlog, atau tutorial makeup karakter.

Kecintaannya pada makeup karakter ini juga terinspirasi oleh youtuber luar negeri Promise Tamang Phan yang juga kakak ipar dari Michelle Phan. Vindy terinspirasi atas karya Promise yang mampu menjelma menjadi berbagai tokoh dunia. Selain aktif di Youtube dan Instagramnya, Vindy juga aktif mengajar makeup secara private maupun kelas event luar kota.


3. Bretman Rock // @bretmanrock

Bretman si talenta muda penuh prestasi (credit: cosmo.ph)Bretman si talenta muda penuh prestasi (credit: cosmo.ph)

Dunia makeup dan kecantikan saat ini tidak hanya didominasi oleh kaum perempuan, sebut saja Mario Dedivanovic dan Jefree Starr, pria yang populer karena kemampuan makeupnya. Nama Bretman Rock juga mulai diperhitungkan dalam kancah beauty guru di Youtube. Pemuda Filipina berusia 19 tahun yang kini menetap di Hawaii ini piawai menggunakan makeup. Tak hanya mahir bermakeup di usianya yang masih cukup muda Bretman telah memiliki popularitas yang tak kalah dengan nama-nama di atas.

Pada awalnya Bretman lebih dikenal di Instagram, ia mengunggah karya makeupnya yang menarik perhatian publik. Akun @BretmanRock di instagram telah diikuti oleh 9 juta orang, kemudian ia aktif membuat video di akun Youtube di tahun 2015 yang telah diikuti oleh 2,4juta orang.

Ciri khas makeup Bretman yang berani dan bold sesungguhnya merupakan bentuk perlawanan dirinya yang dulu sempat dibully. Semasa sekolah Bretman sering dibully teman-temannya karena kondisi fisiknya uang tak sama dengan remaja Amerika pada umumnya. Bretman yang keturunan Filipina sering diejek karena kulitnya yang hitam, hidung besar, dan bibir tebalnya.

Tapi Bretman memilih makeup sebagai perlawanan dan pembuktian bahwa dia justru bisa populer dan sukses karena kondisinya itu. Memiliki 46 video terunggah di akun youtubenya, video-video Bretman telah ditonton sebanyak 73,4 kali. Kini Bretman telah meluncurkan set kuas makeup special edition bekerja sama dengan salah satu perusahaan makeup ternama.

4. Francesca Tanmizi // @workingwithmonolids

Si cantik bermata sipit yang kreatif (credit: workingwithmonolids.blogspot.co.id)Si cantik bermata sipit yang kreatif (credit: workingwithmonolids.blogspot.co.id)

Memiliki mata sipit dan monolid bisa menjadi masalah bagi wanita yang baru belajar makeup. Sekarang kalian tidak perlu lagi pergi ke tenaga professional bila ingin memakai makeup cantik karena KapanLagi menemukan beauty guru yang akan membagi tips makeup untuk mata sipit.

Francesca yang kini menetap antara Jakarta dan Singapura ini adalah seorang youtuber yang dahulunya seorang blogger. Telah aktif blogging sejak tahun 2014 kini ia mulai membuat video kecantikan di Youtube. Konten yang di post Francesca tentu saja masih seputar dunia makeup. Namun yang membuat berbeda adalah kepribadian Francesca yang lucu dan menyenangkan, ia sering mengupload video makeup tutorial bergenre komedi yang sangat kocak.

Tak lupa ia juga memberikan jalan keluar bagi seluruh wanita monolid yang kesulitan membuat eyeliner. Mengaplikasikan eyeliner menjadi permasalahan yang cukup besar bagi wanita monolid, bentuk kelopak mata yang terlalu kecil dan sempit membuat eyeliner akan hilang tenggelam bila diaplikasikan secara tipis, tapi bila diaplikasikan secara tebal kan membuat kelopak mata lengket dan merusak riasan mata yang lain. Francesca memberi tips membuat eyeliner yang cantik bagi wanita monolid pada video “Floating Liner Tutorial” di channelnya.

Sayangnya video yang ia unggah belum terlalu banyak karena dia baru mulai aktif di youtube sejak tahun 2016. Sat ini subscriber Francesca baru 1651 orang, namun kalau kalian ingin melihat hasil makeup matanya, kalian bisa mengunjungi instagramnya di @workingwithmonolids.

5. Jaclyn Hill //@jaclynhill

Jaclyn bersama pallete makeupnya yang laris manis (credit: morphebrushes.com)Jaclyn bersama pallete makeupnya yang laris manis (credit: morphebrushes.com)

Beauty guru berumur 27 tahun ini telah aktif sebagai Youtuber sejak 2010. Video pertama yang ia unggah adalah “Kim Kardashian Holiday Makeup Tutorial” hingga saat ini telah disaksikan lebih dari enam ratus ribu kali. Sebelum memulai karir Youtubenya Jaclyn telah menjadi oenata rias profesional.

Pada 2017 Jaclyn Hill beruntung dapat melakukan kolaborasi dengan Kim Kardashian di youtube channelnya. Jaclyn Nampak benar-benar bersemangat dalam video kolaborasi itu. Mereka melakukan review produk kecantikan yang baru saja diluncurkan Kim Kardashian. Secara mengejutkan Kim berkata, “Actually Jaclyn Hill was the very first beauty guru I watched on youtube.” Mendengar itu Jaclyn Nampak terkejut dan bangga idolanya mengapresiasi karyanya.

Prestasi Jaclyn selama aktif di Youtube juga cemerlang. Sejak 2015 sebuah perusahaan kosmetik menggandengnya untuk membuat highlighter yang kemudian menjadi produk ikonik hingga saat ini. Highlighter itu langsung ludes beberapa jam setelah dirilis ke pasar perusahaan tersebut saat ini menjadi salah satu perusahaan kosmetik yang ternama saat ini. Pada penghujung tahun 2017 lalu Jaclyn berkolaborasi dengan perusahaan kosmetik lain dan meluncurkan eye-shadow palet lain yang juga terjual secara cepat.

6. Suhaylah Salim // @suhaysalim

Ciri khas riasan mata Suhay yang bold dan powerful (credit: suhaysalim.blogspot.com)Ciri khas riasan mata Suhay yang bold dan powerful (credit: suhaysalim.blogspot.com)

Beauty guru yang mempelajari makeup secara otodidak ini dikenal dengan riasan matanya yang bold. Pada awal karirnya Suhay lebih aktif di instagram dengan mengunggah foto yang terfokus pada riasan matanya. Kini ia telah memiliki ebih dari tiga ratus subscribers yang setia menanti setiap update videonya.


Gaya Suhay yang apa adanya bahkan terkesan gokil tanpa jaga image inilah yang menjadi daya tariknya. Setiap review diberikan dengan jujur, dalam salah satu videonya Suhay mengungkapkan bila dia lebih baik mengembalikan fee review dari pada harus memberi review yang telah diatur skenario. Hal ini dilakukannya karena Suhay paham betul posisinya yang akan bisa memberi pengaruh pada keputusan penontonnya akan membeli suatu produk kecantikan atau tidak.

Kini Suhay juga aktif memberikan review pengalam skincarenya, subscriber Suhay dari awal pasti tau bila pada awal kemunculannya wajah Suhay tidak se-flawless saat ini. Dedikasinya pada perawatan wajah ini banyak menginspirasi fansnya, hingga ia sering mengunggah detail perawatan wajahnya di Youtube.

Suhay belum pernah berkolaborasi maupun membuat video dengan Youtuber lain, bahkan pada awal kepopulerannya Suhay sering menolak undangan kolaborasi dari media yang mengundangnya. Penolakannya bukan karena dirinya sombong, namun dirinya belum merasa nyaman dengan dengan sorotan kamera dan bekerja dengan orang yang tidak dikenalnya. Namun kini ia mulai menerima tawaran show luar kota dan mulai Nampak sering menunjukkan kebersamaan dengan beberapa beauty guru Indonesia lain seperti Kiara Leswari atau Soraya Hylmi.

Ciri khas, gokil dan gak jaim selalu nampak disetiap videonya, Suhay sering memberi kosa kata baru seperti “mau mati ga sih looooo..” yang terucap bila dia terpesona oleh kualitas produk kosmetik yang baru ia coba. Gayanya yang cuek namun kocaknya ini yang membuat subscriber selalu menunggu unggahan video Suhay. Followers dan subscribersnya menamai diri mereka “Tersuhaylah” telah memiliki akun instagram dan juga menjual merchandise sebagai bentuk support pada Suhay.

Dari enam beauty guru di atas siapa nih yang paling bisa mewakili gaya makeup kamu?

(kpl/rna)

Editor:

Rezka Aulia



MORE STORIES




REKOMENDASI