Beda Dengan Soeharto, Ini Yang Diberikan Jokowi Untuk Raja Salman

Senin, 06 Maret 2017 11:18 Penulis: Agista Rully
Beda Dengan Soeharto, Ini Yang Diberikan Jokowi Untuk Raja Salman
© Biro Pers Istana

Kapanlagi Plus - Tak terasa Raja Salman telah melewatkan tiga hari sejak tanggal 1 Maret hingga 3 Maret 2017 lalu di Ibukota untuk menghadiri sejumlah agenda kenegaraan bersama Presiden Joko Widodo. Terhitung sejak Sabtu (04/03), Raja Salman telah menghabiskan waktunya untuk liburan bersama rombongannya di Pulau Dewata, Bali.

Namun sebelum mengakhiri lawatan bilateralnya di Ibukota, Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud masih sempat didampingi oleh Presiden Jokowi di Hotel Raffles. Pada hari terakhir tersebut, diadakan pertemuan dengan tokoh lintas agama yang diakui secara resmi oleh Indonesia. Tak lupa Presiden Jokowi juga memberikan cenderamata bagi Raja ketujuh yang telah berusia 81 tahun tersebut.

Sudah menjadi kebiasaan para petinggi negara untuk saling memberikan cenderamata dalam kunjungan kenegaraan. Tak hanya Presiden Jokowi saja, di era Orde Baru Presiden Soeharto juga memberikan cenderamata kepada Raja Arab Saudi waktu itu, Raja Faisal. Pada kunjungan Raja Arab Saudi 47 tahun lalu tersebut, Presiden Soeharto memberikan sebilah keris dan juga macan yang diawetkan. cenderamata ini mengandung filosofi keberanian dan juga jiwa ksatria.

Presiden Jokowi memberikan cenderamata berupa album foto untuk Raja Salman di hari kunjungan terakhirnya di Jakarta © Biro Pers IstanaPresiden Jokowi memberikan cenderamata berupa album foto untuk Raja Salman di hari kunjungan terakhirnya di Jakarta © Biro Pers Istana

Memang pada saat itu, kunjungan Raja Faisal juga berkaitan dengan dukungan Indonesia terhadap Arab Saudi untuk memerangi invasi Israel. Berbeda dengan saat ini, tujuan Raja Salman bin Abdul Aziz ke sini adalah untuk melakukan kerjasama di bidang ekonomi, sosial, dan budaya. Termasuk investasi dan juga peningkatan kuota haji.

Melihat tujuan yang berbeda ini, tentu saja cenderamata yang yang diberikan oleh Presiden Jokowi pada Raja yang diangkat pada tahun 2015 lalu ini cukup berbeda. Presiden Jokowi memberikan sebuah album foto bagi sang Raja. Tak hanya album foto saja, Presiden Jokowi juga menganugerahkan Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia Adipurna kepada Raja Salman.

Meski kedua Presiden ini memberikan cenderamata yang berbeda, tentu saja masing-masing cenderamata memiliki makna masing-masing bagi pemimpin Arab Saudi yang memerintah di era berbeda tersebut. Jadi tak ada cenderamata siapa yang lebih bagus atau istimewa sebab

(mdk/agt)

Editor:

Agista Rully



MORE STORIES




REKOMENDASI