Beda Jenis Kunci Beda Fungsi, Jangan Salah Belanja di Ruparupa!

Kamis, 04 Oktober 2018 00:01 Penulis: Winda Carmelita
Beda Jenis Kunci Beda Fungsi, Jangan Salah Belanja di Ruparupa!
© Shutterstock.om

Kapanlagi Plus - Kehidupan di dunia ini sangat complicated. Mulai dari bilangan, jodoh, hingga perlengkapan perbaikan di rumah ada banyak jenisnya, termasuk kunci perkakas, yang sering bikin bingung karena jenisnya ada banyak. Tentu saja, ada alasan di balik mengapa kunci perkakas ada banyak jenisnya, yaitu karena ukuran baut ataumur juga beragam.

Untuk kamu yang masih awam dengan kunci perkakas, wajib tahu juga jenis dan perbedaan fungsinya. Pengetahuan ini bakal berguna saat berbelanja, terutama untuk ‘toko perkakas online' seperti Ruparupa.

Biar nggak salah pilih, ketahui jenis kunci dan beda fungsinya, seperti di bawah ini.

Box End Wrench

Disebut box end wrench karena ujungnya berbentuk box, dengan bagian dalam berbentuk segi enam atau segi 12. Fungsinya adalah untuk mengencangkan atau mengendurkan baut atau mur yang memiliki kepala heksagonal. Orang sering juga menyebutnya kunci raja karena memberikan genggaman yang kuat saat memasang atau melepaskan baut atau mur.

Open End Wrench

Kunci pas ini paling banyak ditemukan di rumah tangga, yaitu memiliki ujung membesar dengan bentuk huruf U. Masing-masing ujung biasanya memiliki dua ukuran yang berbeda dengan ujungnya memiliki sudut 15 derajat terhadap sumbu pegangannya. Biasanya diperlukan dua open end wrench untuk membuka baut dan mur, di mana satu kunci menahan, dan kunci lainnya diputar.

Kunci Pas Kombinasi

Kunci pas kombinasi, atau combination wrench, merupakan paduan antara box end dan open end. Ujungnya berbeda, box dan terbuka dengan huruf U, tapi memiliki ukuran untuk baut dan mur yang sama. Di pasaran, kamu juga bisa menyebutnya sebagai kunci ring.

Tube Wrench

Kunci jenis ini memiliki bentuk yang hampir menyerupai jenis open end wrench, namun apabila diperhatikan dengan seksama memiliki perbedaan. Kunci ini memiliki ujung celah yang sempit sehingga hanya cukup untuk dimasuki tubing, serta rahang kunci yang tebal untuk meningkatkan kemampuan kontak antara kunci dengan mur. Salah satu fungsi utamanya adalah untuk perbaikan mur dan baut pada saluran perpipaan.

Kunci Inggris

Siapa yang nggak kenal dengan kunci inggris? Kunci pas ini terasa serba guna karena bisa disesuaikan untuk segala ukuran mur dan baut. Cara menyesuaikannya adalah dengan memutar ulir yang biasanya terletak di bagian rahang kunci tersebut. Meski multifungsi, sayangnya kunci inggris kurang bisa diandalkan ketika membutuhkan kekuatan penuh untuk membuka atau mengencangkan mur dan baut.

Kunci T

Disebut Kunci sok T karena memang bentuknya seperti huruf T. Perkakas ini dibutuhkan untuk membongkar atau memasang baut. Karena kepraktisannya, Kunci sok T ini sering dipakai untuk bengkel-bengkel kendaraan, baik motor mau pun mobil. Biasanya digunakan untuk baut bodi atau baut di daerah alternator.

Kunci L

Sama seperti Kunci T, perkakas ini disebut Kunci L karena seperti huruf L. Fungsinya adalah melepas baut “Allen headed cap,” atau baut dengan lubang berbentuk segi enam yang pas dengan Kunci L.

Supaya nggak salah beli, pilih tempat jual kunci pas yang tepat, yaitu di Ruparupa. Terdapat banyak kunci pas berbagai ukuran dan jenis untuk dipilih. Termasuk harga kunci pas yang terlihat jelas sehingga bisa dibandingkan dengan toko perkakas lainnya.

Selain itu, dapatkan juga berbagai keuntungan berbagai benefit dari Ruparupa, seperti cicilan 0% bagi yang bertransaksi dengan kartu kredit, bebas biaya kirim untuk transaksi minimal Rp. 300 ribu (khusus wilayah Jabodetabek), sampai layanan Store Pick Up Service (STOPS) di mana kamu bisa mengambil barang langsung di toko yang telah ditunjuk.

Intip juga promo harian yang ditawarkan oleh Ruparupa yang bisa bikin belanja makin hemat. Mulai dari diskon besar hingga penawaran harga spesial yang sayang kalau dilewatkan. Yuk, segera kunjungi Ruparupa dan dapatkan promo menariknya sekarang!

 

 

 

 

(kpl/wnd)

Reporter:

Winda Carmelita



MORE STORIES




REKOMENDASI