Beda Perayaan 17 Agustus di Masa Pandemi, Virtual Tapi Tetap Maksimal!

Senin, 17 Agustus 2020 11:41 Penulis: Iwan Tantomi
Beda Perayaan 17 Agustus di Masa Pandemi, Virtual Tapi Tetap Maksimal!
credit via Shutterstock

Kapanlagi Plus - Panjat pinang yang penuh perjuangan atau tarik tambang penuh lumpur jadi beberapa lomba ikonik yang sering mengisi kemeriahan HUT Kemerdekaan RI setiap tanggal 17 Agustus. Biarpun hadiahnya nggak seberapa dan malah bikin badan pegel-pegel seminggu penuh, tapi sama sekali nggak mengurangi semangat buat terus berpartisipasi dalam berbagai lomba perayaan kemerdekaan setiap tahunnya.

Sayangnya, perayaan 17 Agustus tahun ini berbeda dari biasanya karena berlangsung di tengah pandemi. Beberapa pemerintah daerah bahkan sudah mengeluarkan imbauan untuk masyarakat agar tidak mengadakan lomba, festival atau karnaval dan dalam bentuk apapun. Ya, kini segala sesuatunya berlangsung secara virtual, tapi jangan salah kalau keseruannya dijamin tetap maksimal!

Tradisi Baru: Ritual Penghormatan Bendera Serentak

credit via Shutterstockcredit via Shutterstock

Di tahun-tahun sebelumnya, upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang digelar tiap 17 Agustus selalu dirayakan dengan meriah. Bukan hanya didatangi oleh menteri, pejabat maupun kepala negara, artis bahkan masyarakat umum yang terpilih pun bisa ikut ambil bagian dalam momen bersejarah ini.

Sayangnya, pandemi masih enggan meninggalkan bumi pertiwi dan bikin upacara peringatan detik-detik proklamasi digelar secara terbatas. Biarpun begitu, pemerintah memperkenalkan tradisi baru dalam perayaan kemerdekaan tahun ini, yaitu ritual penghormatan bendera secara serentak pada 17 Agustus 2020 nanti.

Jadi, pada tanggal 17 Agustus 2020 pukul 10.17 WIB, sirine di seluruh Indonesia akan berbunyi. Di waktu yang bersamaan, upacara pengibaran bendera dilaksanakan di halaman Istana Negara. Pada momen ini, diharapkan seluruh masyarakat menghentikan kegiatan yang sedang dikerjakan untuk berdiri dengan sikap sempurna sebagai penghormatan terhadap detik-detik proklamasi yang berlangsung 75 tahun lalu.

Namun, pemerintah juga mengimbau untuk melihat situasi dan kondisi dulu saat melakukan ritual ini. Buat yang sedang melakukan kegiatan berbahaya seperti menyetir di jalan tol kecepatan tinggi, bisa tidak mengikuti ritual ini jika membahayakan keselamatan diri sendiri.

Biasanya Nonton Panggung Hiburan Rakyat, Sekarang Konser Musik Virtual Aja

credit via Shutterstockcredit via Shutterstock

Setelah berbagai perlombaan dan festival, biasanya ada malam puncak perayaan 17 Agustus yang berlangsung di setiap kampung. Malam puncak ini berisi panggung hiburan rakyat, mulai dari pertunjukan musik dari warga sampai pembagian hadiah pemenang lomba dan festival. Siapa yang biasanya selalu nungguin momen yang satu ini buat tebar pesona ke tetangga nih?

Sayangnya, khusus tahun ini panggung hiburan sementara ditiadakan terkait dengan fase adaptasi kebiasaan baru yang sedang dijalankan. Tapi, sama sekali nggak bikin mati gaya kok karena banyak musisi yang menggelar konser musik virtual untuk menghibur kamu yang tetap disiplin berada di rumah.

Meriahnya Momen 17 Agustus dengan Kompetisi Virtual

Biarpun lomba dan festival di kampung ditiadakan, tapi bukan berarti kamu nggak bisa menyalurkan semangat kompetisimu di momen perayaan HUT RI ke-75 ini. Pasalnya, ada banyak kompetisi virtual yang bisa diikuti di media sosial. Salah satunya adalah DANAgustusan yang ngajakin kamu buat berburu voucher DANA Deals sebanyak-banyaknya demi memenangkan Samsung Galaxy Note10+!

Nggak mau melewatkan kesempatan menarik ini kan? Buruan beli voucher DANA Deals hanya dengan harga Rp 100 aja yang bisa kasih kamu kesempatan berhemat hingga ratusan ribu, lho. Ada 17 Hadiah Merdeka yang bisa diraih buat bikin kamu makin semangat merayakan momen HUT RI tahun ini. Seperti Apple AirPods untuk 1 orang pemenang, JBL Headphone untuk 10 orang pemenang, Samsung Watch untuk 1 orang pemenang, Samsung Airbuds untuk 4 orang pemenang, dan pastinya hadiah utama Samsung Galaxy Note10+ untuk 1 orang pemenang.

Penting buat diingat nih, DANAgustusan hanya berlangsung pada 14-17 Agustus 2020 aja. Masih ada kesempatan buat berburu voucher DANA Deals yang memperbesar kesempatanmu memenangkan hadiah menariknya. Pemenangnya akan dipilih secara acak pada tanggal 28 Agustus 2020 dan diumumkan di Instagram DANA pada 30 Agustus 2020. Jangan sampai ketinggalan untuk infonya lebih lengkap klik di sini ya!

(kly/tmi)

Reporter:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI