Beragam Keunikan Tradisi Imlek dan Makna yang Tersimpan di Baliknya

Jum'at, 12 Januari 2018 00:01 Penulis: Wuri Anggarini
Beragam Keunikan Tradisi Imlek dan Makna yang Tersimpan di Baliknya
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Perayaan Tahun Baru Imlek tidak terlepas dari tradisi unik yang biasanya dilakukan. Bukan sembarang tradisi, ternyata ada banyak makna penting di balik pelaksanaannya. So, berbagai tradisi ini nggak boleh dilakukan asal-asalan. Yuk cari tahu makna di balik beragam keunikan tradisi Tahun Baru China 2018 nanti.

Menyalakan Petasan

Menyalakan petasan atau biasa disebut dengan bao zhu sering kali dilakukan saat malam tahun baru datang. Alasannya agar suasana menjadi meriah dan memberikan rasa senang pada orang yang melakukannya. Tradisi ini juga memiliki makna untuk mengusir nasib buruk yang akan menghadiri. Percikan api dari petasan dipercaya bisa menghilangkan kesialan. So, manfaatkan Promo Tahun Baru Imlek 2018 untuk hunting berbagai kebutuhan Imlek dengan harga menarik, ya.

Menempelkan Puisi Tahun Baru

Kamu pernah melihat kertas dengan tulisan yang biasanya ditempel pada samping jendela dan pintu? kertas itu berisikan puisi tahun baru atau biasa disebut dengan chun lian. Puisi yang ditulis dengan pena berwarna emas ini menjadi simbol doa yang ingin dipanjatkan oleh etnis Tionghoa.

Tidak Tidur Saat Malam Tahun Baru

Menyambut malam tahun baru, biasanya sebagian orang merayakannya dengan tetap terjaga sepanjang malam hingga pagi  yang disebut shou sui. Tradisi ini dilakukan sebagai simbol berusaha memperbaiki diri dan ingin menjadi lebih baik di tahun yang baru.

Makan-makan Bersama Keluarga

Makan malam reuni atau biasa disebut  tuan yuan fan merupakan acara berkumpul yang wajib dilakukan saat malam tahun baru. Bukan sekadar acara makan biasa, biasanya seluruh anggota keluarga dari berbagai generasi akan ikut hadir. Semuanya akan mulai makan berbagai hidangan wajib saat Imlek mulai dari mie panjang, buah keberuntungan, pangsit, kue mangkok, lumpia, ikan dan masih banyak yang lainnya. 

Tradisi ini memiliki arti untuk semakin rukun bersama keluarga dan memakan sajian  yang membawa banyak kebahagiaan dan keberuntungan. Salah satunya, adalah keberuntungan mendapatkan Diskon Imlek 2018 yang sangat banget untuk dilewatkan begitu saja. Ada banyak berbagai kebutuhan Imlek yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau, lho.

Belanja Pakaian Serba Merah Baru

Biarpun setiap tahunnya merayakan Imlek menggunakan busana nuansa merah. Sebagian orang sering menyambut tahun baru ini dengan memakai baju baru. Mulai dari pakaian dalam, pakaian, tas, sepatu, aksesoris dan masih banyak yang lainnya. Tradisi ini memiliki arti jika seseorang lahir sebagai pribadi baru yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Tenang, ada banyak Voucher Imlek 2018 yang bisa didapatkan agar belanja bisa lebih murah. Yuk cobain!

Itulah berbagai macam tradisi unik yang dilakukan sebagian orang saat Imlek. Kamu ingin cobain juga?

(adv/ayu/wri)

Reporter:

Ayu Miranti



MORE STORIES




REKOMENDASI