Berbuah Hingga Ribuan, Pohon Pisang di Jawa Tengah Bikin Heboh

Selasa, 06 Juni 2017 16:18 Penulis: Editor KapanLagi.com
Berbuah Hingga Ribuan, Pohon Pisang di Jawa Tengah Bikin Heboh
planet.merdeka.com

Kapanlagi Plus - Pisang merupakan salah satu buah yang sering ditemukan di Indonesia. Buah dari genus Musa ini memiliki beragam spesies dan memiliki manfaat yang cukup banyak. Salah satunya adalah kandungan karbohidrat dan air yang besar.

Belum lama ini, warga Desa Selo, Grobogan, Jawa Tengah, dihebohkan oleh keberadaan pisang yang cukup langka. Pohon pisang yang dimiliki oleh seorang petani bernama Ibnu Hisyam ini menghasilkan ribuan buah, sebuah hal yang tak lazim dan jarang ditemui.

Karena unik dan langka, pohon pisang dengan tandan sepanjang hampir dua meter ini mencuri perhatian warga. Mereka berdatangan ingin menyaksikan sendiri pohon pisang berbuah ribuan tersebut.

Pohon pisang berbuah seribu jadi viral karena jarang ditemukan di Indonesia  planet.merdeka.comPohon pisang berbuah seribu jadi viral karena jarang ditemukan di Indonesia planet.merdeka.com

"Saya minta tunas dari teman karena ingin menanam pisang. Eh, nggak tahunya malah jadi seperti ini (viral)," ujar petani yang dikaruniai 13 cucu tersebut. Pohon yang ditanamnya ini adalah varietas pisang hijau dan Hisyam tak menyangka bakal muncul keunikan dari pohon ini.

"Awalnya biasa saja tak ada kejanggalan. Tapi dalam kurun waktu empat hari ini, buahnya jadi banyak. Ada ribuan kalau dihitung. Pohon pisang ini tumbuh subur, bahkan buahnya sudah ada yang matang dan saya cicipi. Rasanya sangat manis," jelas Hisyam.

Rupanya fenomena pohon pisang tersebut telah diketahui oleh dunia ilmu pengetahuan. Bukan hanya varietas pisang hijau saja, pohon pisang Hisyam merupakan varietas 1000 fingers banana. Dilansir dari halaman bananas.org, buah pisang yang dihasilkan oleh pisang 1000 tunas ini memang manis dan tidak mudah busuk. Jenis pisang ini dapat terus berbuah selama indukan dapat memberikan nutrisi yang baik bagi tunas untuk tumbuh.

(kpl/agt)



MORE STORIES




REKOMENDASI