Berpotensi Tsunami, Gempa Bumi Hari Ini Landa Banyak Negara di Dunia

Jum'at, 02 Agustus 2019 20:31 Penulis: Kistin Septiyani
Berpotensi Tsunami, Gempa Bumi Hari Ini Landa Banyak Negara di Dunia
Ilustrasi Gempa Bumi ©Shutterstock


Kapanlagi Plus - Gempa bumi terjadi di wilayah Sumur, Banten, pada Jumat (2/8/2019), sekitar pukul 19.03 WIB. Berdasarkan peringatan dini yang disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika melalui akun Twitter resminya, gempa berkekuatan 7,4 skala richter ini berpusat di kedalaman 10 kilometer dan berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Pusat gempa berada di titik koordinat 7,54 Lintas Selatan dan 104,58 Bujur Timur, atau setara sekitar 147 kilometer arah Barat Daya di wilayah Sumur, Banten. Hingga kini belum ada keterangan lebih lanjut terkait korban jiwa atau kerugian yang ditimbulkan oleh guncangan gempa tersebut.

 

1. Terjadi di Berbagai Negara

Tak hanya di Banten, bencana gempa bumi ternyata juga terjadi di sejumlah wilayah di negara lain. Salah satu wilayah lain yang juga diguncang gempa adalah Mindanao, Filipina. Gempa di wilayah tersebut tercatat memiliki magnitudo sebesar 5,0 skala richter. Gempa berkekuatan cukup besar itu tercatat berlangsung pada hari yang sama sekitar pukul 14.22 WIB.

Tak hanya di wilayah Asia, gempa juga terjadi di wilayah Amerika, tepatnya Chili dan Mexico. Mengutip NBC Los Angeles getaran gempa tersebut terjadi pada pukul 14.28 waktu setempat. Getaran gempa yang dirasakan di wilayah Chili tercatat memiliki magnitudo sebesar 6.8 skala richter.

2. Trending Topic Twitter

Guncangan gempa yang cukup besar tenryata dirasakan hingga berbagai wilayah di Indonesia. Salah satu wilayah terdekat yang merasakan guncangan gempa adalah DKI Jakarta. Banyak dari warga Jakarta dan sekitarnya yang mencurahkan kekhawatiran di media sosial, terutama Twitter.

Alhasil, gempa menjadi trending topik dunia nomor satu di Twitter. Banyak netizen berdoa dan mengharapkan agar semua pihak yang terdampak gempa tetap dalam, keadaan selamat dan baik-baik saja. Beberapa lainnya mengunggah video singkat yang menunjukkan kepanikan orang-orang sekitar saat guncangan gempa tersebut dirasakan.

(kpl/twt/nbc/TIN)



MORE STORIES




REKOMENDASI