Bikin Petani Semringah, Agrito Buat Pertanian Indonesia Selangkah Lebih Maju

Sabtu, 21 Juli 2018 14:41 Penulis: Iwan Tantomi
Bikin Petani Semringah, Agrito Buat Pertanian Indonesia Selangkah Lebih Maju
© Pexels

Kapanlagi Plus - Talent Scouting The NextDev 2018 seri ketiga akhirnya sukses digelar di Denpasar, Bali. Tahap pertama penjurian beberapa startup terbaik asal Pulau Dewata tersebut dilangsungkan di Kembali Innovation Hub, Denpasar. Dalam penjurian kali, setidaknya ada 20 peserta yang berpartisipasi. Salah satunya adalah Agrito.

Startup tersebut mengajak siapapun yang ingin menjadi petani atau bertani secara mudah, di berbagai daerah, utamanya di Indonesia. Hal ini memicu harapan baru, akan kepedulian generasi muda terhadap kondisi pertanian di Indonesia. Namun, bukan dengan cara konvensional, melainkan diintegrasikan dengan inovasi teknologi.

Layanan Penjadwalan dan Otomasi Pertanian

Agrito merupakan startup yang dikembangkan guna memberikan layanan penjadwalan dan otomasi pertanian. Kedua jenis layanan tersebut diyakini mampu membantu para petani, khususnya petani hidroponik yang bertani dengan prinsip agroteknologi. Selain itu, Agrito juga mendorong pemahaman para petani dengan proses produksi maupun penjualan yang tersedia dalam platform dan aplikasi.

Dibuat oleh Developer Muda Peduli Pertanian Bali

Agrito dibuat dan dikembangkan oleh empat orang developer yang peduli akan kondisi pertanian di Indonesia, khususnya di Bali. Mereka adalah I Gede Rahmat Wijaya sebagai Software Engineer, Agus Hermawan yang berperan sebagai Creative Digital Marketing, juga ada Ida Ayu Sri Utami yang memegang Marketing & Public Relation. Kemudian, ada Putu Andy Suryawirawan yang memegang IoT Engineer.

Mengintegrasikan Pertanian dengan Teknologi Terkini

Dengan Agrito, Gede dan rekannya ingin membangun sebuah ekosistem hidroponik. Bukan sekadar inovasi pertanian biasa, melainkan ekosistem hidroponik yang diintegrasikan dengan teknologi terkini. Hal itulah yang menjadi fokus Agrito sebagaimana yang mereka sampaikan dalam Talent Scouting The NextDev 2018 di Denpasar.

Bertani Lebih Mudah dengan Fitur Agrito

Agrito menyediakan layanan penjadwalan yang berfungsi mengatur produksi para petani hidroponik. Dengan layanan penjadwalan ini, petani lebih mudah memenuhi permintaan pasar. Selain itu ada layanan otomasi pertanian hidroponik. Layanan tersebut membantu para petani untuk memonitoring dan mengontrol sistem pertanian hidroponik secara otomatis. Cara tersebut diyakini akan menguntungkan para petani, karena dapat mengurangi biaya produksi.

Bukan itu saja, Agrito juga membantu penjualan produk-produk hasil pertanian secara hidroponik. Langkah tersebut dapat membantu petani mendapatkan hasil penjualan yang lebih sesuai dengan harga pasar sayur hidroponik misalnya. Lebih lengkap informasi tentang Agrito ini dapat disimak langsung di sini.

© Agrito

Sama halnya Agrito, berikan social impact dalam talent scouting dengan startup-mu. Caranya, segera submit idemu di www.thenextdev.id. Submission-nya sudah dibuka dan akan berlangsung hingga penyelenggaraan Talent Scouting tiba di kotamu. Berikut jadwal Pitching Day The NextDev 2018 selanjutnya!

Batam        : 26 Juli 2018 (Deadline submission: 15 Juli 2018)
Samarinda : 23 Agustus 2018 (Deadline Submission: 15 Agustus 2018)
Yogjakarta : 27 September 2018 (Deadline Submission: 15 September 2018)
Jakarta      : 27 Oktober 2018 (Deadline Submission: 15 Oktober 2018)

Jangan sampai ketinggalan, yuk hadirkan social impact bersama The NextDev 2018!

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI